Adu Nyaman MPV 9 Seater Hyundai Staria vs KIA Grand Sedona

11/08/2021

Jual beli

3 menit

Menawarkan kabin berkapasitas besar Hyundai Staria harus berhadapan dengan KIA Grand Sedona yang notabene saudara sendiri. Yuk, cari tahu siapa paling nyaman?

Hyundai Staria, mobil baru ini mengisi line up segmen MPV di tanah air. Tentu bukan asal hadir, Hyundai membekalinya dengan beragam kelebihan. Seperti interiornya yang bisa dikonfigurasi 9-seater.

Nah, mobil 9-seater Hyundai Staria bakal berhadapan dengan saudaranya sendiri, KIA Grand Sedona yang sudah eksis sejak kehadirannya di tanah air tahun 2018. Nah, kira-kira siapa yang paling nyaman antara keduanya?

Dimensi

Secara kasat mata langsung terlihat kalau Hyundai Staria lebih besar dari KIA Grand Sedona. Ini karena dimensi Staria memang lebih besar, yaitu panjang 5.255 mm, lebar 1.955 mm, tinggi 1.990 mm, dan jarak sumbu roda 3.275 mm.

Foto Hyundai Staria tampak samping depan
Tampilan eksterior Hyundai Staria yang futuristik

Sementara Grand Sedona punya panjang 5.115 mm, lebar 1.985 mm, lebar 1.755 mm, dan jarak sumbu roda 3.060 mm. Dengan dimensi yang lebih besar, Staria memang menawarkan ruang kabin yang lebih lega dibandingkan Grand Sedona.

Hyundai Staria dirancang dengan desain boxy namun dengan tampilan modern kekinian. Meski demikian bukan berarti KIA Grand Sedona tak memikat. Facelift yang dilakukan tahun lalu membuat wajahnya kian menarik.

Foto KIA Grand Sedona tampak samping depan

KIA Grand Sedona yang sudah lama tanpa perubahan

Secara penampilan baik Staria maupun Grand Sedona bakal memiliki penggemarnya masing-masing. Lantas, apa pengaruhnya dengan kenyamanan? So pasti, kalau Anda suka dengan penampilan luarnya, suasana hati Anda juga bakal lebih nyaman dibanding naik kendaraan lain.

Interior

  • Hyundai Staria

Dimulai dari bagian kursi baris pertama atau ruang kemudi, ruang kursi baris depan Hyundai Staria sangat lapang karena tidak ada konsol di bagian tengah lantai. Tombol-tombol pengoperasian seluruhnya ada di bagian dashboard.

Dashboard-nya juga simpel. Layar MID untuk informasi kendaraan diletakkan di atas dashboard di balik kemudi dan berkesan floating. Di bagian tengah ada head unit floating berukuran besar untuk kebutuhan infotainment dan pengaturan fitur kendaraan. Di bawahnya wireless smartphone charger dan laci penyimpanan.

 

Foto Dashboard Hyundai Staria
Tampilan ruang kabin Hyundai Staria yang terkesan menawan

Di bagian tengah antara pengemudi dan penumpang depan ada tempat penyimpanan dan 2 cup holder. Beralih ke belakang untuk pengaturan 9 seater Hyundai Staria menggunakan konfigurasi 2-2-2-3 dengan jok baris kedua dan ketiga captain seat.

Di bagian atap ada dua sunroof terpisah, di depan untuk pengemudi dan penumpang sebelahnya berukuran kecil. Sedang di belakang untuk penumpang di kabin belakang dengan ukuran lebih besar.

Foto interior Hyundai Staria 9 seater
Ruang kabin Staria dengan bangku baris kedua yang menghadap ke belakang

Di jendela baris kedua kiri dan kanan juga dilengkapi sunshade untuk melindungi penumpang dari silau matahari atau untuk menjaga privasi di dalam kendaraaan.

>>> Tertarik mobil Hyundai, Cek harganya di sini!

  • KIA Grand Sedona

Beralih ke KIA Grand Sedona, dashboard Grand Sedona tampak semakin mewah dengan adanya panel kayu pada setir bagian atas dan lingkar setir dilapisi kulit lembut. Panel kayu juga terpasang mengelilingi head unit di bagian tengah dashboard dan bagian door trim.

KIA Grand Sedona menawarkan banyak pengaturan kapasitas tempat duduk. Salah satunya 9 seater dengan penataan 2-2-2-3. Kursi baris kedua dan ketiga captain seat. Seluruh kursi dibalut bahan kulit yang lembut.

Foto Dashboard KIA Grand Sedona

Sama-sama menawarkan yang terbaik untuk pelanggan

Kursi pengemudi sudah adjustable dengan pengaturan elektrik 8 arah plus lumbar 2 arah. Headrest-nya juga sudah bisa maju mundur sesuai kenyamanan pengemudi.

Di bagian atap ada dua sunroof terpisah, yaitu di depan untuk pengemudi dan penumpang sebelahnya, serta kedua di belakang untuk penumpang di kabin belakang. Tentu saja ini menambah kenyamanan saat berkendara karena bisa membuka sesuai kenyamanan.

Di jendela baris kedua kiri dan kanan juga dilengkapi sunshade untuk melindungi penumpang dari silau matahari atau untuk menjaga privasi di dalam kendaraaan.

Foto interior KIA Grand Sedona 9 seater

Jika dimaksimalkan interior KIA Grand Sedona bisa muat 11 penumpang

Untuk detail lainnya, di bagian atas dalam kabin dilengkapi lampu baca LED di setiap baris kursi. Sedangkan di bagian depan sunvisor untuk baris pertama ada kaca yang bisa dibuka tutup dan lampu LEDnya. Jika diputar ke bagian samping ada extendernya yang memberikan perlindungan lebih luas.

Salah satu yang istimewa dari fitur KIA Grand Sedona adalah adanya penghangat kursi bagian depan, untuk pengemudi maupun penumpang sebelahnya. Juga ada penghangat setir untuk si pengemudi.

Kekurangan dari Hyundai Staria dan KIA Grand Sedona saat menggunakan konfigurasi 9 seater adalah tidak memiliki bagasi yang memadai atau terlalu sempit. Tapi kalau dikurangi menjadi 7 seater ke bawah, bagasinya sangat luas untuk menampung banyak barang. Tidak hanya itu, ruang untuk penumpang juga lebih luas dan terasa lebih nyaman.

>>> MPV Kia Sedona 2021 Meluncur di Korea Selatan, Kini Lebih Megah

Fitur

Hyundai Staria dibekali beragam fitur keselamatan canggih seperti Safe Exit Assist, Parking Distancing Warning, Intelligent Speed Limit Assist, 7 airbag, Advanced Rear Seat Passenger Notification, Surround view monitor, dan 3-point seat belt/headrest untuk semua tempat duduk.

Juga ada fitur kenyamanan seperti Share My Car Location, peta digital dengan layar 10,25 inci, AC full otomatis, roof tray, high pass system untuk pembayaran tol secara otomatis, penghangat setir, serta masih banyak lagi.

Foto kabin Hyundai Staria
Ada banyak fitur kenyamanan dan kepraktisan sebagai mobil keluarga

KIA juga membekali Grand Sedona dengan segudang fitur keselamatan dan kenyamanan. Untuk keselamatan ada Electronic Stability Control, meliputi Traction Control, Hill Start Assist untuk mencegah mobil melorot di tanjakan, Roll Over Mitigation, serta Cornering Brake Control.

Lalu 8 sensor parkir depan belakang lengkap dengan garis petunjuk pada layar yang dinamis mengikuti arah setir. Untuk kenyamanan ada One Touch Turn Signal, Smart Power Back Door, AC auto climate control 3 zone, juga 16 tempat cup dan botol.

>>> Ini Fitur Hyundai Staria yang Bikin Nggak Kalah dari Alphard

Performa

Untuk performa Hyundai Staria didukung mesin diesel 2.200 cc 4-silinder DOHC 16 katup dengan teknologi Variable Geometry Turbocharger (VGT) lengkap dengan intercooler. Tenaga yang dihasilkan mencapai 177 PS pada putaran 3.800 rpm dan torsi maksimal 431 Nm pada 1.500 - 2.500 rpm.

Sedangkan KIA Grand Sedona dibekali mesin diesel 2.200 CRDI DOHC 16 katup yang mampu menghasilkan tenaga hingga 200 PS pada putaran 3.800 rpm dan torsi maksimal 441,6 Nm pada 1.750 - 2.750 rpm.

Terakhir dari sisi harga, kabarnya Hyundai Staria dijual mulai Rp 800 jutaan. Sedangkan untuk KIA Grand Sedona Diesel saat ini dijual dengan harga Rp 692.400.000 OTR Jakarta.

Meski dijual dengan harga yang lebih tinggi, namun patut dipertimbangkan bagaimana Staria menawarkan fitur yang lebih baru dan ruang kabin yang lebih lega. Lalu, apakah Anda akan memiliki Hyundai Staria dibanding KIA Grand Sedona, jawabannya tergantung pada kebutuhan dan budget Anda.

>>> Kelebihan dan Kekurangan Membeli Mobil Secara Cash atau Kredit

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top