Adakah Keuntungan Menjual Mobil Bekas di Luar Jakarta?

13/08/2018

Jual beli

3 menit

Share this post:
Adakah Keuntungan Menjual Mobil Bekas di Luar Jakarta?
Meskipun Jakarta disebut sebagai surganya mobil bekas, banyak pedagang yang mengambil peran sebagai penjual mobil bekas di Ibu Kota. Nyatanya, ternyata ada banyak keunggulan menjual mobil bekas di luar Jakarta.

Harga yang dipatok ketika jual mobil bekas di Indonesia bisa sangat beragam. Pada mobil baru, ini sebagai akibat dari tambahan biaya pengiriman dan pemberlakuan bea balik nama (BBN) mobil baru yang bervariasi untuk masing – masing daerah berbeda di seluruh Indonesia. Hal ini juga berimbas pada harga mobil bekas (mobil second) di luar Jakarta cenderung lebih mahal.

Gambar yang menunjukan mobil bekas yang berjejer ketika sedang dijual

Banyak yang beranggapan mobil bekas di luar Jakarta lebih mahal, benarkah? (foto: Viva)

Akibatnya, tak sedikit muncul pikiran di kalangan sejumlah pemilik kendaraan, apa perbedaan menjual mobil bekas di Jakarta dengan di luar Jakarta? Perbedaan masalah harga, sedikit banyaknya terpengaruh karena Jakarta yang dikenal sebagai kota besar dan metropolitan. Kota yang menjadi pusat seluruh ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merk) berkumpul turut menjadi patokan harga mobil baru.

>>> Bagaimana cara mengecek transmisi mobil matic ketika membeli mobil bekas?

Faktor lain yang juga menjadi acuan harga seperti diketahui beberapa mobil Toyota di Indonesia adalah produk yang diimpor utuh atau Completely Build Up (CBU) dari beberapa negara seperti Jepang dan Thailand seperti Toyota New Alphard, New Camry, Toyota Hiace, Toyota Nav1 yang di impor langsung dari Jepang.

Selain itu ada juga mobil yang dirakit atau CKD (Completely Knock Down) seperti Toyota Hilux, dan juga dalam bentuk IKD (Incompletely Knocked down) seperti Toyota Innova, Toyota Fortuner, Toyota Etios, Toyota Vios dan Toyota Yaris.

>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan informasi terpercaya hanya di Cintamobil.com

Gambar yang menunjukan mobil bekas yang sedang dijejerkan untuk dijual

Permintaan yang besar di daerah tidak diimbangi dengan ketersediaan mobil bekas (foto: Tribunnews)

Faktor lain adalah populasi kendaraan yang sedikit di luar Kota Jakarta. Tidak sebanding dengan jumlah permintaan pasar yang besar. Sedangkan di kota-kota besar, populasi kendaraan memang besar, tapi permintaan juga besar. Sehingga harga yang bisa diberikan oleh ATPM bisa seimbang dengan biaya produksi dan pengiriman mobil tersebut.

>>> Ingin menjual mobil bekas? Dapatkan tips jual beli terlengkap hanya di Cintamobil.com

Faktor terakhir adalah soal pajak kendaraan yang berbeda disetiap daerah. Pajak kendaraan termasuk dalam jenis pajak provinsi yang merupakan bagian dari pajak daerah. Menurut UU No. 28 tahun 2009 Pasal 1 angka 12 dan 13, pajak kendaraan bermotor adalah pajak atas kepemilikan dan/atau penguasaan kendaraan bermotor.

Gambar yang menunjukan mobil bekas berwarna merah

Tidak ada salahnya menjual mobil bekas di luar kota besar

Dengan demikian, fakta yang saat ini adalah bahwa selisih harga antara di kota besar dengan di daerah berkisar dari Rp 5 - 10 juta. Apakah selisih tersebut layak untuk mencoba menjual mobil second di luar Jakarta?

Belum lagi bicara tentang biaya pengiriman dan upaya ekstra dalam proses penjualannya. Bisa saja menjual mobil bekas di luar Jakarta dapat meraup untung yang lumayan besar dari beberapa faktor yang mempengaruhi harga tersebut.

>>> Berbagai tips dan trik dunia otomotif bisa Anda dapatkan hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Apa Yang Mempengaruhi Harga Jual Mobil Bekas?

01/08/2017

Jual beli

3 menit

Apakah Anda sudah tahu apa yang mempengaruhi harga jual mobil bekas? Inilah beberapa hal yang langsung mempengaruhi harga jual mobil bekas menurut Autoguide.com.

Lihat juga

Meningkatkan Harga Jual Mobil Bekas dengan Sertifikat Buy Back Guarantee

20/04/2018

Jual beli

3 menit

Membeli mobil bekas bisa menjadi sebuah pertaruah, tapi menjual mobil bekas tergantung pengetahuan. Ada mobil yang mampu menjaga harga jual tapi banyak juga mobil dengan depresiasi tinggi. Setidaknya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan harga jual mobil bekas.

Lihat juga

Ingin Menjual Mobil Bekas, Lebih Baik Tukar Tambah Atau Jual Sendiri?

07/01/2019

Jual beli

3 menit

Ada beberapa cara menjual mobil bekas. Bisa dengan cara tukar tambah (trade-in) atau jual sendiri. Namun mana yang lebih menguntungkan?

Lihat juga
 
back to top