9 Tips Membeli Mobil Sesuai Keinginan

09/09/2017

Jual beli
Share this post:
9 Tips Membeli Mobil Sesuai Keinginan
Dewasa ini, mobil adalah kendaraan yang kita butuhkan untuk berbagai aktifitas, baik aktifitas sehari-hari maupun aktifitas lainnya. Saat ini ada banyak sekali merk mobil dan juga berbagai macam jenis mobil, kondisi ini sedikit banyak membuat kita merasa kebingungan dalam memilih jenis mobil atau merk mobil yang baik dan cocok dengan kita. Untuk membantu Anda tidak salah dalam membeli mobil yang sesuai keinginan, kali ini kami hendak memperkenalkan 9 tips.

gambar empat mobil yang dijual dengan harga di depannya

Melakukan survei 

1. Perhatikan Kebutuhan Tentang Mobil

Sebelum membeli mobil, Anda harus menjawab beberapa pertanyaan berikut ini, yaitu:  

  • Apakah Anda membutuhkan mobil untuk keluarga atau untuk pribadi?

  • Apakah mobil yang akan Anda beli dapat masuk ke dalam lingkungan di sekitar rumah?

  • Berapa uang yang sekarang Anda ada?

  • Mobil apa yang Anda ingin membeli

2. Survei mobil

Tips kedua adalah mencari informasi tentang berbagai macam merk dan juga berbagai jenis tipe mobil. Untuk mendapat hasil terbaik, seharusnya Anda melakukan survei di berbagai salur misalnya langsung datang ke dealer, melakukan survei lewat internet dan sebagainya. Saat melakukan survei coba mencari kelebihan dan kekurangan mobil, membuat perbandingan di antara merk ini dengan merk lainnya. Tentunya setelah selesai survei itu, Anda akan  memilih tipe mobil yang cocok.

Gambar tempat servik mobil Toyota di Jakarta Indonesia

Servik mobil

3. Servik Mobil Yang Mudah Dicari

Tips ketiga adalah urusan servis. Jika terjadi kerusakan pada mobil Anda, pastikan bahwa merk dan type mobil yang Anda pilih mudah diperbaiki dan bengkel atau servik mudah dicari dan mudah untuk dihubungi kapanpun. Hal ini sangat sederhana namun sangat penting agar ketika terjadi sesuatu masalah terhadap mobil ini, Anda tidak panik dan mudah mencari solusi.

4. Perhatikan Budget

Masalah budget juga adalah salah satu hal yang harus Anda memperhatikan. Berapa total budget yang dibutuhkan dan berapa uang muka yang harus Anda bayar terlebih dahulu? Persiapkan budget untuk uang muka, dan membayar mobil cicilan perbulanannya dengan baik sehingga tidak mengganggu kebutuhan sehari-hari. Hal itu perlu diperhatikan agar tidak ada masalah di kemudian hari.

sang penjual dan sang pembeli sedang melakukan transaksi jual beli mobil di depan mobil berwarna hitam

Budget

5. Perhatikan Parkir Kendaraan Di Rumah

Perhatikan juga kondisi rumah Anda. Pastikan mobil yang akan Anda beli bisa masuk ke dalam garasi rumah. Jika mobil tidak bisa masuk, pastikan halaman di depan rumah cukup luas untuk memarkir mobil.

6. Biaya Pemeliharaan

Tips berikutnya adalah, perhatikan juga biaya pemeliharaan dan servik mobil setiap bulan. Seperti orang, mobil juga perlu cek up secara rutin agar performa lebih bagus dan mesin bekerja dengan maksimal. Ketika mobil dirawat secara rajin maka mobil  tidak akan mengalami masalah ketika dipakai.

>>> Klik sini untuk lanjut baca tulisan lain tentang pengalaman jual beli mobil

7. Perhatikan Biaya Pajak

Sebagai warga negara yang baik, tentunya kita harus memperhatikan pajak dan besaran pajak yang harus kita bayar. Membayar pajak adalah tanggung jawab setiap warga negara Indonesia jadi saat memiliki mobil, jangan lupa menghitung berapa besar pajak yang akan dikeluarkan setiap tahun.

sang pembeli sedang melakukan test drive dengan mobil sedan berwarna merah

Test drive

8. Melakukan Test Drive Mobil

Ketika hendak membeli mobil, test drive adalah hal yang wajib dilakukan oleh seorang konsumen yang pintar.  Dengan test drive, Anda akan merasakan secara langsung bagaimana kondisi mesin, kecepatan, interior mobil, dan lain-lain.

9. Perhatikan Harga Jual Kembali Mobil

Tips terakhir adalah perhatikan harga jual kembali mobil. Mobil yang sudah berusia 5 tahun berarti sudah harus diganti dengan yang baru. Jadi jangan lupa memikirkan tentang harga jual kembali dulu.  Pilihlah merk mobil yang mempunyai harga jual kembali tinggi dan stabil.

Dengan 9 tips ini semoga Anda tidak merasa bingung saat mencari mobil yang diinginkan. Semoga tips membeli mobil baru ini bermanfaat bagi Anda semuanya.

>>> Untuk tahu lebih banyak tips dan trik lainnya, klik sini

Share this post:
 
back to top