8 Kesalahan dalam Memilih Asuransi Mobil yang Harus Anda Hindari

02/05/2018

Jual beli
Share this post:
8 Kesalahan dalam Memilih Asuransi Mobil yang Harus Anda Hindari
Menggunakan asuransi merupakan salah satu cara penanganan untuk kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi di masa depan. Meskipun sudah banyak pengemudi yang mempertimbangkan untuk memakai asuransi, masih ada yang terjebak dengan kesalahan dalam memilih asuransi.

Manusia tidak luput dari kesalahan, terlebih ketika berkendara di jalanan. Karena itu, asuransi ketika berkendara bisa menjadi pilihan yang baik untuk memperbaiki kesalahan yang mungkin terjadi selama mengemudi. Karena masih banyak yang belum mengerti tentang bagaimana memilih asuransi kendaraan yang tepat, berikut beberapa kesalahan dalam memilih asuransi yang sering dilakukan oleh pengemudi.

1. Tidak meneliti terlebih dahulu

Sebagian besar pembelian mobil mengharuskan Anda untuk memakai asuransi. Karena itu, Anda perlu mempertimbangkan asuransi yang Anda inginkan untuk kendaraan Anda. Anda harus berkeliling untuk menemukan kesepakatan terbaik. Salah satu asuransi bisa memberikan penawaran yang lebih murah. Karena itu, Anda bisa meneliti dan memilih berbagai penyedia layanan asuransi dan kebijakan mereka secara online.

Gambar yang menunjukan miniatur mobil berwarna merah dengan tumpukan uang logam pada kerta

Pilih asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan dana Anda

2. Tidak membandingkan

Tantangan terbesar dalam membandingkan adalah memastikan bahwa Anda membuat perbandingan secara detail. Pastikan Anda melihat masing-masing kebijakan secara terpisah. Setiap kebijakan harus memiliki tanggung jawab terhadap cedera tubuh ketika terjadi kecelakaan, tanggung jawab kerusakan property dan cakupan pengendara yang tidak diasuransikan. Cakupan layanan asuransi komprehensif lainnya seperti kehilangan yang Anda terima ketika terjadi pencurian, vandalism, kebakaran, atau bencana alam seperti banjir dan kejatuhan pohon.

3. Tidak mempertimbangkan reputasi perusahaan

Tidak semua perusahaan asuransi diciptakan sama. Beberapa memiliki tarif besar tapi pelayanan pelanggan yang buruk, sementara yang lain memiliki harga yang murah tapi sulit untuk menerima klaim. Sebelum memilih asuransi, lakukan riset online dengan melihat apa yang dikatakan konsumen lain tentang perusahaan. Anda juga bisa berbicara dengan keluarga, teman, atau rekanan tentang pengalaman mereka dengan perusahaan asuransi lokal.

Gambar yang menunjukan seorang yang memakai jas sedang memegang kertas

Perhatikan perusahaan penyedia layanan asuransi Anda lebih teliti

4. Tidak memahami kebutuhan Anda

Setiap negara memiliki batasan undang-undang yang berbedar tentang asuransi yang harus Anda miliki dan berapa jumlahnya. Namun batas tersebut hanyalah batas minimum. Pemegang polis yang berbeda memiliki kebutuhan asuransi yang berbeda. Menemukan keseimbangan biaya dan cakupan yang tepat sangat penting dalam memilih asuransi.

>>> Baca juga tips jual beli lainnya disini

5. Memilih klausul yang terlalu kecil

Beberapa penyedia layanan asuransi memberikan perlindungan asuransi yang lebih murah dengan cakupan yang minimum. Namun dalam banyak kasus, Anda harus memiliki klausul yang lebih luas. Premis asuransi yang bisa Anda tambahkan antara lain perlindungan terhadap pencurian, bencana alam, personal accident, hingga klausul modifikasi bagi Anda yang gemar mengotak atik mobil.

Gambar yang menunjukan miniatur mobil berwarna merah dengan berbagai kertas dan uang logam

Berhati-hati dalam memilih klausul bisa menghemat pengeluaran Anda

6. Memilih klausul yang terlalu banyak

Tapi, tidak menutup kemungkinan Anda memilih klausul asuransi yang terlalu banyak. Jika Anda tidak memiliki basis aset besar yang harus dilindungi, Anda mungkin tidak memerlukan batas klausul yang lebih banyak. Klausul yang terlalu banyak hanya akan membuang uang Anda untuk membayar tarif asuransi yang lebih tinggi.

>>> Baca juga Klausul tambahan asuransi yang bisa Anda aktifkan

7. Tidak memahami kebijakan yang Anda pilih

Mudah saja untuk memberi tahu agen penyedia asuransi jika Anda menginginkan perlindungan penuh untuk mobil Anda yang membiarkan mereka yang memilihnya. Namun, Anda bisa saja membuang terlalu banyak uang untuk sesuatu yang tidak Anda pahami. Hal ini bisa membuat Anda bisa lebih mudah kehilangan klaim karena tidak mengetahui premis dan klausul yang Anda pilih.

Gambar yang menunjukan kertas dengan tulisan Auto Insurance Policy

Pastikan Anda mengerti kebijakan klausul yang Anda pilih

8. Tidak mencari diskon atau paket yang tersedia

Saat Anda berbelanja untuk memilih klausul yang tersedia, memilih paket yang ditawarkan oleh penyedia asuransi Anda mampu memangkas uang yang Anda keluarkan. Selain itu, memilih beragam klausul secara bersamaan bisa menghemat pengeluaran Anda. Selain itu, karena penyedia layanan asuransi memiliki berbagai paket, ada baiknya Anda mulai membandingkan paket yang terbaik untuk mobil Anda.

Sebelum memilih asuransi yang tepat untuk kendaraan Anda, pastikan Anda meneliti dan menganalisa terlebih dahulu premis, klausul, dan asuransi yang ingin Anda dapatkan. Dengan itu, Anda bisa terlepas dari kesalahan dalam memilih asuransi yang sering dilakukan oleh pengemudi di Indonesia.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Share this post:
 
back to top