7 Tips Membeli Land Rover Bekas, Si Sangar yang Bertenaga

16/05/2021

Jual beli

4 menit

Share this post:
Land Rover bekas masih tetap menjadi mobil SUV yang mewah & gagah yang bisa jadi alternatif untuk Anda. Sebelum membelinya, ketahui hal yang perlu Anda siapkan!

Jika bicara tentang mobil SUV mewah nan gagah, Land Rover adalah pilihan terbaik. Mobil yang menjadi kendaraan favorit kerajaan Inggris ini menawarkan segudang kemewahan dan fitur inovatif dalam kabinnya. Hingga kini, beberapa model Land Rover seperti , Land Rover Range Rover Evoque, dan Land Rover Defender sudah dihadirkan di Indonesia di bawah naungan PT Grandauto Dinamika.

Tampak samping Land Rover Freelander

Land Rover yang tampak gagah untuk pengendaraan di berbagai kondisi jalan

Land Rover sendiri memperbaharui penampilannya pada tahun 1994 dengan  mengusung mesin berkonfigurasi V8 berkapasitas 2.500 cc. Kemudian pada tahun 2002, ada pengembangan generasi ketiga Land Rover dibawah kepemilikan BMW. Seluruh model mobil ini kala itu menggunakan transmisi otomatis. Baru pada tahun 2012, Land Rover generasi keempat pertama kali dikenalkan di Paris Motor Show. 

Masuk dalam kategori mobil mewah, tentu saja harga yang ditawarkan oleh Land Rover terbilang mahal. Karenanya beberapa orang memilih alternatif untuk membeli mobil Land Rover bekas. Harga mobil jual mobil bekas yang cukup menurun dengan spesifikasi yang masih bisa bertahan di beberapa generasi membuat membeli Land Rover bekas adalah alternatif yang cukup baik untuk memiliki mobil gagah ini. 

2012 Land Rover Range Rover Evoque  putih

Desain gahar dari Land Rover Range Rover Evoque 2012 

1. Cek Fungsi Seluruh Fiturnya

Sebagai mobil SUV mewah, Land Rover dibekali dengan berbagai fitur elektronik canggih. Karena saat berniat membeli mobil Land Rover, Anda harus cek dan mencoba semua fitur yang ada. Pelajari dulu semua fitur-fitur yang ada dan bagaimana cara kerja, kemudian coba satu persatu. Jangan ragu untuk bertanya kepada sang pemilik mobil. Bila ada indikasi fitur yang tidak berfungsi, Anda bisa menawar dengan harga yang lebih murah. 

2. Lihat Tahun Produksi Mobil

Sangat penting juga untuk memperhatikan tahun produksi mobil. Ada beberapa mobil Land Rover dengan tahun produksi yang cukup lama sehingga model dan spesifikasinya sangat berbeda dengan generasi terbaru. Pada Land Rover Range Rover Evoque 2013 misalnya, mobil ini sudah tak lagi menggunakan suspensi Magne Ride, dan berubah jadi Coil Spring.

Pada sistem Magne Ride Shockbreaker-nya menggunakan magnet untuk mengatur tingkatan suspensi secara otomatis. Kelemahan fitur ini adalah rentan dengan gangguans suara berisik saat Anda melewati lubang atau polisi tidur. 

>>> Review Land Rover Defender 2019: Teknologi Baru Rasa Lama

3. Cek Bagaimana Kualitas Mesin

Mesin Land Rover Defender Himalayan

Mesin Land Rover Defender dengan performa yang bertenaga

Land Rover menggunakan mesin Petrol LR-V8 Supercharged 5.0 liter, membuatnya bisa menghasilkan tenaga mencapai 339 hp dan torsi maksimum di kisaran 25.000 Rpm hingga 55.000 Rpm. Mesin dengan kemampuan ini bisa berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam kurun waktu 5,4 detik, dengan kecepatan maksimumnya 225 km/jam.

Sejatinya mesin Land Rover memang dirancang untuk mesin bertenaga besar dengan kenyamanan. Sehingga alangkah baiknya jika Anda bisa mencoba langsung bagaimana performa mesinnya. Bila saat Anda menghidupkan mesin tanpa gangguan suara, sudah bisa dipastikan mesin berkualitas bagus. 

Sedangkan untuk versi mesin bensin, Anda harus memperhatikan komponen Cooling System khususnya Water Pump dan Damper Pulley. Untuk mesin jenis diesel, Anda harus memastikan saluran gas buang tidak tersumbat dengan ciri mesin yang kurang bertenaga atau indikator DPF (Diesel Particulate Filter) pada Instrument panel menyala. 

>>> Segini Biaya Modifikasi kaki-kaki Land Rover Defender Terbaru

4. Lihat Riwayat Catatan Servis Berkala 

Jika Anda ingin beli Land Rover bekas, sudah pasti harus menanyakan bagaimana riwayat servis mobil tersebut. Intensitas servis tergolong penting untuk perawatan mesin. Dengan mengetahui seberapa sering pemilik melakukan servis, Anda bisa melihat sejauh mana ia rutin merawat mobilnya. Selain jangka waktu servis, Anda juga harus memastikan jika servis dilakukan di dealer resmi. Land Rover. Jika dari data servis pemilik sering melakukan perawatan rutin, bisa dipastikan jika Land Rover tersebut dalam kondisi prima. 

5. Perhatikan Juga Kondisi Eksteriornya

interior Land Rover Discovery 2021

Land Rover Discovery 2021 dilengkapi fitur entertainment baru

Land Rover Discovery, Land Rover Range Rover Evoque, maupun Land Rover Defender memang didesain tangguh - mampu melawati medan On-Road atau Off-Road. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk melihat dengan detail kondisi eksterior mobil ini. Lihat kondisi sudut bemper depan dan belakang lantaran bagian ini paling sering tergores. Cek juga kondisi body di bagian lain, apakah ada bagian yang tampak renggang, ataukah memiliki riwayat kecelakaan, dan bagian mana yang harus diganti dengan komponen baru. 

6. Update Software

Mengingat beberapa jenis Land Rover sudah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, maka Anda harus rutin update software dan service action ke dealer resmi. Caranya cukup mudah kok, telepon bengkel resmi Land Rover Indonesia kemudian sebutkan nomor rangka atau VIN. Kemudian bengkel resmi akan menginformasikan apakah mobil Anda perlu update software ataupun tidak. Hal ini kerap kali dilupakan, padahal software ini cukup penting agar performa mobil dalam kondisi yang maksimal. 

>>> Rover V8, Mesin V8 Legendaris yang Pernah Dilahirkan Oleh Solihull

7. Gunakan Jasa Pengecekan 

Lantaran Land Rover bukan golongan mobil umum. Anda bisa menggunakan jasa pengecekan independen saat akan membeli Land Rover. Akan tetapi jasa ini biasanya membutuhkan biaya tambahan yang lebih mahal. Namun ini lebih baik, karena setidaknya mereka memang ahli yang lebih memahami interior atau eksterior Land Rover dan bisa menunjukkan komponen apa saja yang harus diganti lebih lanjut. 

Harga Land Rover Bekas

Land Rover Bekas putih

Temukan harga Land Rover bekas di Cintamobil

>>> Jual beli mobil Land Rover bekas, baru harga murah, kondisi terbaik di Indonesia

Harga Land Rover tentu saja berbeda, tergantung dari kondisi dan kelengkapan yang dimiliki. Berikut beberapa daftar harga Land Rover bekas yang bisa Anda temukan di Cintamobil.com.

Itu dia tips dan harga mobil Land Rover bekas yang perlu Anda tahu. Jangan lupa untuk mengecek secara detail setiap part sebelum membeli mobil. Beli mobil bekas Land Rover lebih mudah di portal jual beli mobil online Cintamobil.com. Dapatkan berbagai penawaran menarik dari seluruh Indonesia.

>>> Temukan jual beli mobil bekas, baru harga murah, kondisi terbaik di Indonesia lainnya di sini

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga Land Rover bekas?
Harga mobil bekas Land Rover berbeda-beda tergantung dari tipe, tahun, dan kondisi mobil. Namun, Anda bisa menemukan Land Rover bekas mulai dari Rp 210 jutaan.
Di mana saya bisa beli Land Rover bekas?
Anda bisa beli di showroom atau dealer. Jika ingin lebih mudah, Anda juga bisa beli lewat portal jual beli online seperti Cintamobil.com.
Berapa harga baru Land Rover?
Untuk Land Rover Range Rover Sport HSE 2020 baru lagi dibanderol dengan harga Rp 3.500.000.000.
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top