7 Pilihan Mobil Keluarga Bekas Murah dan Irit

09/10/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
7 Pilihan Mobil Keluarga Bekas Murah dan Irit
Sebenarnya ada banyak pilihan mobil keluarga di Indonesia, mulai dari yang termurah sampai yang termahal. Namun ketika ingin mengkerucutkan pada pilihan mobil keluarga bekas murah dan irit, tentu saja cuma beberapa yang masuk kriteria ini.

Saat memilih mobil keluarga tentunya bukan cuma selera individu yang dipertimbangkan, tapi juga kebutuhan untuk anggota keluarga lain juga jadi bahan masukan. Misalnya dari sisi kenyamanan dan keamanan, kemampuan mesinnya, kemudahan perawatan, sampai tentunya harga yang sesuai dengan dana yang telah disediakan.

Semua kriteria itu pastinya wajib terpenuhi supaya semua kebutuhan akan alat transportasi bagi anggota keluarga bisa terlaksana. Karena bukan tidak mungkin ada satu atau beberapa pertimbangan yang masih kurang pada sebuah mobil yang jadi incaran. Misalnya ada mobil keluarga yang irit BBM (Bahan Bakar Minyak) namun harga suku cadang dan biaya perawatannya mahal. Atau ada juga mobil keluarga second murah, namun boros dalam pemakaian bahan bakarnya.

Tapi kalau Anda mencari referensi mobil keluarga bekas murah dan irit bahan bakar, kali ini Cintamobil.com akan membahas hal tersebut. Apa saja mobil-mobil yang kami rekomendasikan buat Anda? Baca sampai habis tulisan ini ya...

Mobil Keluarga Bekas Murah Bukan Berarti Tak Berkualitas

Daihatsu Xenia bekas

Membeli mobil bekas bisa lebih menghemat pengeluaran

Ketika tengah mencari mobil untuk kebutuhan transportasi seluruh keluarga, baik itu demi menunjang aktifitas anak-anak dan istri, atau sekedar untuk liburan bersama keluarga di akhir pekan, tentunya mobil tersebut wajib sanggup menampung semua anggota keluarga. Untuk spesifikasi ini, pastilah mobil dengan kapasitas jok sampai 7 penumpang adalah yang terbaik. Kalau pun mobil 5 penumpang dirasa cukup lantaran anak-anak masih usia balita, maka lebih bijak jika mobil itu ditunjang pula dengan ruang bagasi yang lapang.

Tentunya kami merekomendasikan mobil jenis MPV (Multi Purpose Vehicle) atau SUV (Sport Utility Vehicle) sebagai pilihan tepat. Karena kedua mobil ini ada yang mempunyai konfigurasi 7 tempat duduk, dan kalau pun berjenis 5 seater, biasanya kapasitas ruang bagasi amat memadai menampung beragam barang kebutuhan keluarga saat berpergian.

Lantas bagaimana dengan pilihan mobil keluarga murah bekas? Pasti ini juga jadi rekomendasi dari kami apabila sedang mengincar mobil keluarga bekas murah dan irit. Karena sudah pasti mobil bekas memiliki depresiasi harga dari unit barunya. Depresiasi ini bahkan bisa sampai Rp 30 jutaan dengan usia pakai mobil yang terkadang belum terlalu lama. Dengan kondisi seperti itu, maka Anda bisa sedikit menghemat budget yang sudah dianggarkan untuk membeli mobil keluarga.

Satu hal yang perlu diperhatikan saat mengincar mobil MPV bekas murah dan irit atau mobil SUV bekas, lakukanlah pengecekan fisik mobil secara langsung, dan lakukan test drive terlebih dulu sebelum membeli. Jangan menyetor uang berapa pun tanpa Anda melihat langsung wujud mobil tersebut. Karena dengan melakukan pengecekan dan mencobanya sebelum melakukan transaksi, Anda akan bisa mengetahui kira-kira apa saja perbaikan yang peru dilakukan pada mobil tersebut. Ini tentunya terkait dengan dana yang harus Andak eluarkan setelah membeli kendaraan itu.

>>> Baca juga:

Cari Mobil Keluarga Paling Irit Itu Penting

Mobil Keluarga

Mobil yang irit BBM tentu akan lebih menghemat pengeluaran keluarga

Dimasa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, tentunya kebutuhan akan mobil untuk keluarga dirasa cukup penting. Hal tersebut demi mengurangi intensitas anggota keluarga menggunakan kendaraan umum yang lebih berisiko tertular Covid-19. Namun mencari mobil murah saja tidak cukup, perlu juga mempertimbangkan mobil bekas murah, nyaman, dan irit.

Ya, mobil keluarga irit dan bandel pastinya akan menekan biaya operasional kepemilikan mobil tersebut. Mobil keluarga yang irit bahan bakar akan membuat setiap perjalanan tidak perlu menyisihkan banyak anggaran demi kebutuhan membeli BBM. Sementara mobil yang bandel dalam hal perawatan, pastinya bisa menekan anggaran biaya perbaikan untuk kendaraan tersebut setiap bulannya. Bayangkan kalau ada mobil keluarga murah dan irit tapi tiap bulan harus ke bengkel untuk servis, maka keuangan keluarga pasti jebol cuma sekedar membiayai perawatan dari kendaraan tersebut.

Untuk itulah, berikut ini kami akan berikan rekomendasi mobil keluarga bekas murah dan irit, sekaligus mudah dalam perawatannya:

1. Toyota Avanza - Daihatsu Xenia

Daihatsu Xenia bekas dijual

Avanza dan Xenia sudah tersohor sebagai mobil irit berharga terjangkau

Tidak ada yang bisa meragukan jika kedua mobil ini adalah pilihan mobil keluarga murah dan irit. Karena dengan teknologi yang diterapkan oleh Daihatsu dan Toyota, duet Avanza serta Xenia sanggup melahirkan mobil multiguna dengan mesin yang cukup bertenaga tapi juga tetap irit dalam pemakaian bahan bakar. Selain itu, biaya perawatan mobil ini juga terbilang masih amat terjangkau.

2. Toyota Calya - Daihatsu Sigra

Toyota Calya bekas dijual

Mobil keluarga paling murah dari Toyota dan Daihatsu

Masih dari duo produk kolaborasi Toyota dan Daihatsu, baik Calya maupun Sigra juga pantas dipinang untuk Anda yang mencari mobil keluarga irit murah. Karena untuk kondisi bekas pakainya, kedua mobil ini ada dikisaran Rp 100 jutaan, bahkan kurang dari itu untuk Calya dan Sigra generasi pertama.

3. Honda Mobilio

Honda Mobilio dijual

Mesin racikan Honda tetap bertenaga tapi irit BBM

Mencari mobil keluarga paling nyaman dan irit? Coba deh incar Honda Mobilio bekas. Karena harga unit second dari Honda Mobilio sudah cukup terjangkau. Soal konsumsi BBM, jangan diragukan lagi. Karena teknologi mesin dari Honda sanggup membuat pemakaian bahan bakar efisien tanpa mengurangi tenaga dari mesin tersebut.

4. Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga dijual

Ertiga terkenal cekatan tapi juga irit

Pilihan mobil keluarga murah bekas lainnya bisa dari Suzuki Ertiga. Untuk Ertiga generasi pertama, harganya kini jauh lebih terjangkau. Selain itu mesin K-Series dari Suzuki juga terbukti hemat bahan bakar tapi cukup responsif untuk dipakai sehari-hari maupun perjalanan ke luar kota. Durabilitas mobil ini pun terbilang baik sehingga tak terlalu rewel dalam urusan perawatan.

5. Nissan Grand Livina

Nissan Grand Livina dijual

Harga bekas Livina jauh lebih terjangkau

Kalau urusan mobil keluarga bekas murah dan irit tapi masih nyaman walau usianya tak lagi muda adalah Nissan Grand Livina. Harga MPV dari Nissan ini sekarang sudah di.bawah Rp 100 juta. Padahal kenyamanan yang diberikannya setara mengendarai mobil sedan. Apalagi ditunjang efisiensi bahan bakarnya cukup baik.

6. Toyota Rush - Daihatsu Terios

Toyota Rush TRD Sportivo bekas dijual

Rush atau Terios "berkode" terlihat lebih kekar daripada mobil keluarga lain

Cari mobil keluarga murah tapi berjenis SUV? Maka rekomendasi kami adalah Toyota Rush atau Daihatsu Terios. Karena kedua mobil ini menawarkan akomodasi yang cukup baik sebagai kendaraan keluarga. Mesinnya juga terbilang bertenaga, tidak terlalu boros dalam hal pemakaian bahan bakar, serta mudah dan murah untuk perawatannya.

7. Honda BR-V

Honda BR-V dijual

Honda BR-V terlihat lebih sporty daripada Mobilio

Kalau Anda ingin mobil keluarga bekas murah dan irit dari Honda tapi tak mau Mobilio, coba alihkan pada model BR-V. Basisnya memang Mobilio namun menggunakan desain yang sedikit lebih macho dibanding Mobilio. Namun efisiensi bahan bakarnya tetap sebaik Mobilio.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya seputar mobil

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

7 Pilihan Mobil Bekas Irit BBM dan Murah Perawatan yang Layak Dimiliki

27/06/2020

Jual beli

8 menit

Berikut ini adalah beberapa pilihan mobil bekas irit BBM dan murah perawatan yang tersedia di listing jual mobil bekas Cintamobil.com Semuanya merupakan mobil bekas berkualitas.

Lihat juga

Membeli Mobil Bekas Berdasarkan Odometer

26/06/2017

Jual beli

10 menit

Odometer mobil adalah sebuah alat yang menunjukkan jarak sudah ditempuh oleh mobil. Sobat sobat dengan melihat bagian odometer sudah tahu total kilometer yang sudah ditempuh mobil. Namun berapa kilometer dari angka odometer menunjukkan mobil masih dianggap baik dan bisa dibeli. Kalau Anda ingin mengetahui hal ini silahkan simak tulisan di bahwa ini.

Lihat juga

Cara Mengecek Mobil Bekas Tabrakan

04/10/2020

Jual beli

4 menit

Adakah dari Anda yang berniat untuk membeli mobil bekas? Sebaiknya lebih teliti lagi dan jangan tergiur harga. Begini cara mengecek mobil bekas tabrakan.

Lihat juga

Begini Cara Cek Asuransi Mobil Bekas Sebelum Membelinya

03/04/2020

Jual beli

5 menit

Kali ini Cintamobil.com akan memberikan tips bagaimana cara cek asuransi mobil bekas sebelum Anda membeli mobil tersebut. Ini penting demi memproteksi mobil kesayangan Anda.

Lihat juga

10 Pilihan Mobil Keluarga Murah Dibawah Rp 100 Juta

11/09/2020

Jual beli

8 menit

Ada banyak pilihan mobil keluarga murah dibawah Rp 100 juta yang bisa Anda bawa pulang. Namun kali ini kami akan rekomendasikan unit yang usianya belum lebih dari 10 tahun namun saat ini harganya kian menarik.

Lihat juga
 
back to top