6 Tips Dasar Bagi Pemilik Mobil Baru

22/07/2017

Jual beli
Share this post:
6 Tips Dasar Bagi Pemilik Mobil Baru
Mobil adalah alat transportasi yang sangat membantu kita dalam kegiatan sehari-hari. Jadi sekarang banyak orang sudah memiki mobil pribadi. Bagi Anda yang baru saja memiliki mobil baru, jangan melewatkan 6 tips dasar yang kami sampaikan di bawah ini.

Gambar buku garansi mobil Toyota Agya

Garansi mobil

1. Garansi mobil

Pastikan bahwa Anda sudah memahami sejelas tentang garansi mobil Anda. Anda wajib tahu bagian-bagian yang termasuk garansi dan bagian-bagian yang tidak termasuk garansi. Biasanya untuk mesin garansi 3 tahun atau 100.000 km yang pertama namun untuk aki dan beberapa bagian memiliki garansi terbatas, misalnya aki biasanya 2 tahun, yang berarti jika aki mobil Anda rusak sebelum 2 tahun maka Anda bisa menggantinya secara gratis  di servis resmi merk mobil Anda.
 

Gambar seorang gadis cantikbertopi putih sedang berdiri di dekat nmobil berwarna merah dengan tulisan asuransi mobil terbaik dengan premi termurah dan terpercaya
Asuransi mobil

2. Asuransi

Kalau mobil Anda diasuransikan,  pastikan Anda sudah memahami klausul asuransi, kejadian apa yang di cover dan kejadian apa yang tidak di cover. Selain itu, perhatikan pula biaya tanggungan sendiri per kejadian (biasanya 300.000 per kejadian) juga sangat penting. Jadi menggunakanlah asuransi yang ternama, profesional dan memiliki rekanan bengkel yang bagus!
 

Gambar jadwal merawat mobil berkala menurut saran dari merek sendiri
Servis mobil rutin

>>> Baca juga: Tips membeli mobil baru

3. Servis Rutin

Anda harus tahu jadwal melakukan service rutin untuk mobil baru Anda. Biasanya di 1000 km pertama Anda sudah perlu melakukan servis rutin untuk melakukan pemeriksaan fungsi komponen mobil Anda apakah berjalan normal atau tidak? Dan servis di 1000 km pertama ini sebagian besar gratis. Kemudian service 10.000 dan kelipatannya.
 

gambar dua belas botol oli mesin mobil
Oli mesin

4. Oli mesin

Tahu jenis oli (bukan merk) yang di rekomendasikan oleh produsen mobil adalah hal yang wajib Anda tahu. Gunakan jenis oli yang sesuai rekomendasi produsen dan mengganti oli setiap 10.000 km. Pada saat mengganti oli, terutama ganti merk oli maka filter oli juga perlu diganti.
 

tempat mengisi bahan bakar mobil
Bahan bakar

>>> Untuk membaca tips dan trik jual beli mobil lainnya, klik sini

5. Bahan bakar

Setiap mobil menggunakan bahan bakar yang berbeda. Jadi tanyakan kepada penjual  bahan bakar apa yang direkomendasikan oleh produsen mobil Anda. Sebagian besar merekomendasikan menggunakan BBM jenis pertamax keatas namun menurut kami BBM kualitas premium sudah cukup baik.
 

laki-laki sedang mengecek tekanan ban dengan alat khusus sebelum mudik
Tekanan ban mobil

 

6. Tekanan ban

Ban adalah sebuah komponen mobil yang sangat penting. Jadi Anda harus periksa tekanan ban sebelum mulai perjalanan dengan mobil, standard tekanan ban adalah 30-34 Psi.  Selain itu, untuk tekanan ban lebih baik Anda mengganti udara di ban dengan menggunakan Nitrogen saja. Memakai Nitrogen membuat ban lebih stabil untuk suhu panas. Biaya untuk penggantian udara ban menjadi nitrogen sekitar Rp 10.000 – Rp 20.000 setiap ban.

Itulah 6 tips dasar bagi pemilik mobil baru, semoga bermanfaat untuk Anda sekalian!
>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman

Share this post:
 
back to top