6 Mobil Bekas dengan Harga Jual Tinggi, Apa Saja?

17/03/2019

Jual beli

5 menit

Share this post:
6 Mobil Bekas dengan Harga Jual Tinggi, Apa Saja?
Nilai sebuah kendaraan tak bisa lepas dari yang namanya depresiasi. Harganya akan selalu turun dari waktu ke waktu. Namun di tengah kenyataan tersebut ada beberapa model mobil bekas dengan harga jual tinggi jika dibandingkan dengan kompetitornya. Apa saja?

Ilustrasi Mobil Bekas Berbagai Model Berjajar

Harga mobil bekas dari waktu ke waktu akan menurun.

Perlu diketahui bahwa ketika sebuah mobil anyar keluar dari dealer maka statusnya langsung berubah menjadi mobil bekas. Sehingga mustahil menjualnya kembali dengan harga sewaktu dibeli. Ini disebabkan oleh menurunnya nilai sebuah barang atau yang kerap disebut depresiasi. Yang menjadi pertanyaan, adakah mobil bekas dengan harga jual tinggi? Terutama jika dibandingkan dengan produk-produk sekelasnya.

Untuk mendapatkan jawaban, CintaMobil.com melakukan pemantauan di pasar. “Hitungannya sih mobil yang usianya masih di bawah setahun harganya turun 30 persen,” buka Bambang Haryanto, penggawa dealer mobil bekas MJM Auto yang berlokasi di bilangan Kemang, Jakarta Selatan. Dirinya menambahkan, pada tahun-tahun berikutnya harga mobil tersebut akan terus menurun antara 1,1 hingga 1,5 persen.

Namun, pria yang sudah menjalani bisnis mobil bekas sejak pertengahan 1990-an itu menyebut hitungan itu sebenarnya lebih relevan untuk urusan di atas kertas. “Tapi biasanya kayak gitu cuma untuk hal-hal administratif saja. Misalnya hitungan pajak kendaraan. Harga aslinya di pasaran bisa berbeda, biasanya malah lebih tinggi. Kalau mobil bekas dengan harga jual tinggi itu bisa saja karena kondisinya mulus,” sambungnya.

Faktor lain yang membuat harga mobil seken bertahan pastinya karena ramai peminat di pasaran. Berbekal pengalaman dua puluh tahun lebih berbisnis mobil bekas, ia pun menyebutkan beberapa model tersebut.

1. Honda Accord (Medium Sedan)

Honda Accord 2014 Tampak Samping

Harga mobil bekas Honda Accord bisa bertahan dibanding produk sekelas.

Di segmen ini Honda Accord tidak bermain sendirian. Namun ditemani produk dari kompetitornya seperti Toyota Camry atau Nissan Teana. Namun kalau bicara harga jual bekasnya, Accord berada di atas rata-rata kedua model tersebut. Contohnya, di listing mobil bekas CintaMobil.com, Anda masih bisa menemui Accord 2014 dengan harga jual Rp300 juta. Sementara untuk tahun yang sama, Camry ada di angka Rp270 jutaan dan Teana 2014 harga jualnya sekitar Rp250 jutaan. Beda tipis memang.

>>> Baca juga:

2. Honda Civic FD (Small Sedan)

Honda Civic FD 2008 Silver

Honda Civic kerap jadi incaran penyuka sedan dengan cita rasa sporty.

Model selanjutnya yang masuk daftar mobil bekas dengan harga jual tinggi selanjutnya adalah Honda Civic. Buat Sobat yang tertarik mencari mobil small sedan, jangan heran jika melihat Honda Civic FD harganya masih terbilang tinggi. Honda Civic generasi kedelapan ini memang jadi primadona mereka yang menyukai sedan bergaya sporti. Hal tersebut tidak bisa ditemukan pada produk pesaingnya, yaitu Toyota Corolla Altis. Di pasar mobil bekas, harga bekas Honda Civic FD 2007 masih berada di angka Rp140 juta – Rp150 juta. Sedangkan, Altis untuk tahun yang sama sekitar Rp100 jutaan.

>>> Baca juga:

3. Toyota Alphard (Big MPV)

Toyota Alphard 2013 Putih

Toyota Alphard menawakan kenyamanan dan kemewahan.

Big MPV menawarkan daya tarik berupa kenyamanan kabin dan kesan mewah yang ditampilkannya. Untuk segmen ini konsumen dihadapkan pada beberapa pilihan, meliputi Toyota Alphard atau Nissan Elgrand. Kalau melihat ke pasar mobil bekasnya, wakil produk Toyota memiliki harga jual lebih tinggi. Seunit Toyota Alphard 2.5 keluaran tahun 2013 misalnya, di listing CintaMobil.com masih ada yang menjual seharga Rp389 juta. Sementara harga Nissan Elgrand 2.500cc Highway Star 2013 pasarannya lebih rendah Rp30 jutaan.

>>> Mungkin Anda tertarik: Review Toyota Alphard 2018 Facelift, Varian Teranyar Dari Alphard

4. Honda CR-V (SUV Bensin)

Honda CR-V 2014 White

Honda CR-V seken selalu ramai dicari pembeli.

Ketika mencari mobil SUV, Sobat akan dihadapkan pada dua pilihan mesin berdasarkan bahan bakarnya, diesel atau bensin. Khusus SUV bensin, Honda CR-V menjadi pilihan yang cukup menggoda. Peminatnya di bursa mobkas juga tergolong ramai. Sehingga wajar jika Honda CR-V masuk salah satu mobil bekas dengan harga jual tinggi di atas rata-rata mobil pesaingnya, seperti Nissan X-Trail atau Hyundai Tucson. Kami mengambil contoh untuk Honda CR-V 2.4 2014, harganya di bursa mobil bekas masih nyaris menyentuh Rp260 jutaan. Namun kalau melirik ke pesaingnya, Nissan X-Trail bisa didapat Rp220 jutaan dan Hyndai Tucson cukup Rp180 jutaan.

>>> Baca juga:

5. Mitsubishi Pajero Sport (SUV Diesel)

Pajero Sport Dakar 2016 Brown

Harga Mitsubishi Fortuner bersaing dengan Toyota Alphard.

Nah, dibanding SUV bensin, sebenarnya Sobat bisa melihat lebih banyak pilihan jika mencari SUV diesel. Ada beberapa alasan sebagai dasar untuk memilihnya, yaitu mesin diesel terkenal tangguh. Di kategori ini ada dua nama yang bersaing ketat, yaitu Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Menurut pantauan, harga bekas kedua mobil ini bedanya tak terlalu besar untuk varian yang sejajar. Misalnya Toyota Fortuner 2.4 VRZ 2016 kini bisa ditemui dengan kisaran harga bekas Rp395 jutaan. Sementara Mitsubishi Pajero Sport Dakar 2016 harga bekasnya Rp410 jutaan. Di luar dua pilihan tersebut, sebenarnya masih ada mobil lain, meliputi Hyundai Santa Fe, Nissan Trailblazer, dan Isuzu MU-X.

>>> Mungkin Anda tertarik: Harga Mitsubishi Pajero Sport Maret 2019: Paket Bunga 0% Setahun

6. Honda Jazz RS (Small Hatchback)

Honda Jazz RS atau yang juga disebut Honda Fit RS

Honda Jazz RS cocok untuk kendaraan perkotaan.

Mobil hatchback dengan dimensi ringkas menjadi kendaraan yang cocok untuk digunakan di kawasan perkotaan. Setiap pemain utama industri roda empat memiliki produknya. Namun di antara sekian banyak, Honda Jazz RS yang akan membuat Sobat merogoh kocek paling dalam. Honda Jazz RS 2010 misalnya, masih dijual sekitar Rp130 jutaan. Melihat pesaing terdekatnya, Toyota Yaris E dari tahun yang sama sudah bisa ditebus Rp100 jutaan.

>>> Baca juga:

Itu dia beberapa model mobil bekas dengan harga jual tinggi yang bisa kami rangkum saat ini. “Yang bikin harga satu model bisa lebih mahal biasanya karena dari baru sudah begitu (lebih mahal dibanding pesaingnya). Atau yang jelas banyak orang cari sekennya. Itu sudah hukum ekonomi lah,” lanjut Bambang.

Perlu diketahui, harga-harga yang diinformasikan di atas merupakan pasaran untuk daerah Jakarta dan sekitarnya. Nah, sekarang sudah tahu mau cari mobil apa?

>>> Dapatkan Mobil Impian Sobat Listing CintaMobil.com

Share this post:
 
back to top