5 Tips Sebelum Membeli Honda Accord 2013 yang Harus Diperhatikan

17/04/2021

Jual beli

5 menit

5 Tips Sebelum Membeli Honda Accord 2013 yang Harus Diperhatikan
Honda Accord 2013 sering disebut New Accord karena memang ada beberapa perubahan dibanding pendahulunya, baik dari sisi desain, dimensi, sampai teknologi mesin.

Honda Accord 2013 di Indonesia masuk dalam generasi kesembilan dari Accord. Tentunya ada banyak sekali pembaruan yang dilakukan Honda pada sedan ini dibanding pendahulunya. Tak sekedar parasnya yang dipermak jadi makin elegan, namun juga ada sejumlah kelebihan lain yang dipunya.

Harga Honda Accord 2013 kini ada dikisaran Rp 200-300 juta. Kenyamanan berkendara baik saat jadi pengemudi maupun ketika ada di jok belakang, serta efisiensi bahan bakarnya yang juga baik adalah beberapa kelebihan mobil ini.

Tapi sebelum buru-buru meminang Honda Accord bekas tersebut, ada baiknya ketahui dahulu beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

>>> Honda Accord 2021 Tampilkan Penyegaran Minimalis pada Generasi ke-10

1. Desainnya Elegan dan Mapan

Foto Honda Accord VTi-L 2013

Desainnya cocok buat yang cari sedan elegan

Seperti yang sudah disinggung di awal tulisan ini, Honda melakukan cukup banyak perubahan pada Accord generasi kesembilan dibanding sebelumnya. Termasuk dalam hal eksterior. Desainnya dibuat lebih elegan dan lebih mature, jadi kalau Anda penyuka mobil berpars sporty, maka Accord ini bukan yang masuk kategori tersebut. Sebab mengendarai Accord generasi ini status Anda akan berubah seperti pria mapan yang sudah berkeluarga.

2. Bodi Lebih Ringkas Tapi Interior Tetap Lapang

Foto interior Honda Accord VTi-L 2013

Interiornya masih serupa pendahulunya

Yang menarik dari Honda Accord 2013 adalah ternyata dimensi panjang tubuhnya sedikit lebih ringkas dibanding generasi sebelumnya. Meski begitu, ukuran legroom dan headroom interior mobil ini tetap sama. Lantas desain jok juga dibuat sama. Yang berbeda justru ada di ruang jok belakang karena dibuat sedikit lebih lebar. Mungkin ini karena Accord makin didesain sebagai passanger oriented alias mobil yang lebih enak disopiri ketimbang dikemudikan sendiri.

>>> Keunggulan Honda Civic Estilo dan Honda Civic Genio

3. Pastikan Perawatan Mesin Teratur

Honda Accord 2013 Mesin

Pastikan kondisi mesinnya sehat

Untuk mesinnya Honda memang telah menggunakan teknologi EarthDreams. Mesin ini punya karakter torsi cukup besar akibat racikan pada sistem direct injection sehingga menghasilkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Sebenarnya teknologi di mesin mobil ini hanya pengembangan dari mesin VTEC, efek baiknya, perawatannya pun juga tak terlalu sulit. Mencari Honda Accord 2013 dalam kondisi "sehat", pastikan saja pemilik sebelumnya rutin melakukan servis berkala di bengkel resmi atau bengkel terpercaya yang biasa menangani mobil-mobil Honda.

4. Waspada Bagian Kaki-kaki

Foto tampilan belakang Honda Accord VTi-L 2013

Jika suspensinya masih bekerja dengan baik, mobil ini sangat nyaman

Honda membangun Accord dengan mengunggulkan kenyamaan berkendara. Untuk itulah sistem suspensi juga dibuat lembut. Pada Accord generasi kesembilan ini, pengendaliannya jauh lebih baik dibanding generasi pendahulunya. Apalagi dengan penggunaanamaterial di bagian bodi yang lebih enteng, maka mengemudi juga jadi lebih ringan. Sayangnya, kondisi tersebut membuat banyak pemakai Accord lupa injak rem ketika menemui jalan rusak atau polisi tidur. Sehingga banyak unit yang sudah mengalami rekondisi di bagian kaki-kaki. Untuk itulah pastikan suspensi masih bekerja dengan baik, handing mantap tapi tetap mengayun lembut. Sebab part subtitusi di sektor ini cukup menguras kantong jika mengalami kerusakan.

>>> Review Honda City Hatchback RS 2021 CVT: Siap Pertahankan Takhta Honda Jazz

5. Pastikan Panel Interior Masih Presisi

Walaupun dari luar tampak elegan dan mewah, namun beberapa panel kabin Honda Accord masih menggunakan material plastik. Akibat berjalannya waktu dan mungkin saja mobil sering terpapar sinar matahai langsung oleh pemilik sebelumnya, beberapa bagian ini ada yang sudha mulai renggang atau berubah warna. Karena itulah pastikan kondisi panel-panel tersebut masih rapat dan tingkat kerapihannya masih sangat baik sebagai tanda belum ada penggantian.

Foto interior belakang Honda Accord VTi-L 2013

Nah, itu tadi beberapa tips saat hendak mempertimbangkan untuk membeli Honda Accord 2013. Dengan harga yang jauh lebih terjangkau dibanding ketika pertama kali muncul, medium sedan ini masih sangat layak dimiliki jika Anda mencari mobil berpenampilan elegan.

>>> Anda tertarik beli Honda Accord tahun 2013? Mobil bekas ini sudah terverfikasi di bengkel resmi Honda dan layak Anda pinang

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top