5 Pilihan Mobil Paling Mudah Diperbaiki Untuk Pemula 2021

06/05/2021

Jual beli

5 menit

Untuk beberapa orang yang akan atau sudah memiliki sebuah mobil, salah satu faktor terbesar saat memilih mobil adalah apakah mobil tersebut mudah diperbaiki atau tidak. Hal ini paling populer di golongan orang yang mau memiliki sebuah transportasi yang akan bekerja dengan baik dalam waktu lama setelah waktu garansi dari pabrik habis.

Tapi apa yang membuat sebuah mobil "mudah diperbaiki?" Bagi pemula jawabannya adalah mobil yang mudah digunakan, ketersediaan bengkel dan spare part yang mudah ditemukan, termasuk biaya perawatan yang terjangkau. Komponen pendukung mobil, seperti teknologi dan sistem yang sederhana menjadi indikator mobil paling mudah.

Gambar menunjukkan seorang yang sedang memperbaiki foto

Belajar cara memperbaiki mobil agak sulit pada awalnya, tapi saat Anda sudah paham, Anda akan merasa puas

Secara teknis, mobil-mobil ini lebih sederhana daripada kompetitor. Pertama-tama, mereka tanpa sistem induksi udara paksa (forced induction), seperti turbo atau superchargers. Kedua, memiliki tipe suspensi yang sederhana. Last but not least, mesin 4-silinder segaris dikenal lebih sederhana dan tidak rumit dibandingkan dengan mesin dengan silinder lebih banyak. Lebih sedikit komponen bergerak, jadi Anda bisa menghabiskan lebih sedikit dana untuk penggantian internal.

Jadi, mana mobil yang paling mudah diperbaiki untuk pemula pada tahun 2021? Berikut 5 referensinya.

>>> Cara Merawat Mobil Bermesin Turbo

Toyota Corolla

Nama Toyota Corolla memang cukup luas. Namun khususnya  adalah model Corolla keluaran tahun 1988-1992 “Small Body”, Toyota Corolla “Big Body” 1992-1998 dan model Corolla Altis yang dijual dalam negeri sejak tahun 2001 hingga tahun 2013. 
Semua model Toyota Corolla di atas semua memiliki mesin 4 silinder yang terbilang cukup sederhana, khususnya model Small Body dikarenakan mesin yang ia pakai karburator. Bagi siapa yang belum tahu, yang dibutuhkan untuk menyetem mesin karburator hanyalah obeng dan sedikit pengetahuan tentang mesin. Bahkan komponen electronic fuel injection masih tergolong mudah untuk diperbaiki hingga saat ini karena suku cadangnya mudah dicari.
Yang paling penting adalah banyak mekanik yang mengetahui cara memperbaiki mobil Corolla. Hal itu juga membantu Corolla menjadi populer di kalangan modder mobil, selain suku cadang aftermarket yang berlimpah.

Honda Civic

Sama seperti Toyota Corolla, Honda Civic juga dianggap sebagai sebuah mobil yang ramah bagi pemula dalam hal perbaikan DIY. Suku cadang berlimpah, dan ahli Civic (termasuk komunitas) yang dapat Anda konsultasikan juga banyak. Seperti Corolla, semua model Civic sejak 1991 menggunakan mesin bensin 4-silinder.
Namun, perlu perhatikan bahwa kami berbicara tentang Civic yang dijual dari tahun 1996 hingga 2012. Civic 1991-1992 tidak termasuk di dalam daftar kali ini karena suku cadangnya sangat langka. Selain itu, model yang dijual saat ini bisa dibilang tak terlalu mudah diperbaiki karena transmisi variabel berkelanjutan (continuously variable transmission) dan komponen kelistrikannya dapat mempersulit proses perbaikan.

5 Pilihan Mobil Paling Mudah Diperbaiki Untuk Pemula 2021 mobil Honda Civic

A 1998 Honda Civic. Ramping, elegan, tapi sederhana

>>> Review Honda Civic Ferio 1996: Nyamannya Civic Lawas Rp 50 Jutaan

Toyota Hilux

Toyota Hilux, terlepas dari tahun dan generasinya, dianggap sebagai salah satu pickup paling andal yang pernah dibuat. Hal ini tentunya dibuktikan oleh Top Gear UK ketika mereka mencoba untuk ‘membunuh’ mobil tersebut. Mereka tentu saja gagal dalam setiap upayanya karena seorang mekanik mampu memperbaiki pickup tersebut dengan peralatan-peralatan dasar.
Mengapa Hilux salah satu mobil termudah untuk diperbaiki? Pertama, ruang mesin menawarkan banyak spasi dan setiap bagian dapat ditemukan dengan mudah. Ini membuat proses pemeriksaan dan penggantian bagian individu lebih mudah.
Tentu saja, ada juga fakta bahwa Hilux menggunakan sasis body-on-frame. Artinya mobil akan lebih tahan terhadap kerusakan struktural. Selain itu, jika terjadi kecelakaan, biaya perbaikan mobil dapat lebih murah kalau rangka tetap masih bisa diperbaiki.
Sebagai catatan, Innova dan Fortuner keduanya berada di Platform IMV dari Toyota bersama dengan Hilux. Semua versi terkini dari ketiga model tersebut menggunakan mesin diesel GD yang sama, dan semuanya memiliki sasis body-on-frame.

5 Pilihan Mobil Paling Mudah Diperbaiki Untuk Pemula 2021 Toyota Hilux

Versi terbaru dari Toyota Hilux

Mitsubishi Kuda

Mitsubishi Kuda, atau dikenal juga dengan nama Adventure di beberapa negara, sampai kini adalah salah satu model Kendaraan Utilitas Asia (AUV) yang populer di Indonesia. Model ini telah terjual  dalam jumlah besar, dan meskipun tak lagi dijual di pasar lokal, banyak orang  yang masih menggunakannya sebagai kendaraan angkutan umum, mobil keluarga, atau bahkan sebagai kendaraan niaga.
Hal yang menjadikan Kuda sebagai mobil termudah untuk diperbaiki, tentu saja, adalah mesin diesel 4-silinder segaris yang sederhana namun sangat andal. Suku cadang untuk mesin tersebut mudah ditemukan, dan harganya juga tidak mahal. Selain itu, Kuda juga menggunakan sasis body-on-frame.

5 Pilihan Mobil Paling Mudah Diperbaiki Untuk Pemula 2021 Mitsubishi Kuda

Mitsubishi Kuda menawarkan komponen yang sederhana

Suzuki Carry

Jajaran mini pickup Suzuki Carry juga dikenal dikarenakan mudah diperbaiki. Akses ke rangka mudah karena ada banyak ruang di bawahnya, dan secara umum jajaran mobil Carry ini cukup sederhana. Namun perlu diperhatikan bahwa mesin Carry diposisikan di bawah kabin. Berarti  Anda mungkin harus berusaha sedikit lebih besar untuk mengakses beberapa bagiannya.
Bagaimanapun, Suzuki Carry menggunakan mesin bensin 4-silinder yang sederhana. Model terkini  juga memakai mesin K15B yang sama dengan beberapa model Suzuki populer seperti Jimny dan Ertiga versi terkini. Dengan demikian, suku cadang juga mudah ditemukan.

5 Pilihan Mobil Paling Mudah Diperbaiki Untuk Pemula 2021: Suzuki Carry

Model Carry terkini memakai mesin K15B 1,5L sama dengan Jimny dan Ertiga

Jadi, begitulah, teman-teman apakah Anda sudah punya jawaban untuk pilihan mobil paling mudah diperbaiki di Indonesia? Walau begitu, perhatikan bahwa masih ada banyak mobil  lainnya yang juga sangat mudah diperbaiki tanpa harus ke bengkel spesialis. Tetapi apakah Anda setuju dengan daftar yang kami sampaikan atau apakah Anda ada opini lainnya?

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Apakah mesin diesel mudah diperbaiki atau tidak?
Iya, mesin diesel dikenal sebagai mesin yang mudah dioperasikan dengan perbaikan yang tak terlalu rumit. Namun, perhatikan bahwa mesin jenis ini memiliki masa pakai yang lebih pendek daripada mesin bensin.
Alat apa yang perlu saya siapkan jika ingin memperbaiki mobil sendiri?
Jenis alat yang Anda butuhkan ini tergantung pada apa yang Anda ingin lakukan dengan mobil Anda. Jika Anda menginginkan perawatan rutinnya, yang Anda butuhkan hanyalah satu set kunci pas, kunci busi, dan kunci pas filter oli.
Kenapa Mitsubishi Kuda tak lagi diproduksi?
Berdasarkan beberapa sumber berita, Mitsubishi Kuda ini tidak lagi memenuhi standar keamanan dan lingkungan modern.
Apa yang dimaksud dengan IMV di Platform IMV Toyota?
IMV dalam Platform IMV Toyota adalah singkatan dari “Innovative International Multi-purpose Vehicle”.
Mengapa model lama Honda Civic sangat disukai?
Model-model Honda Civic dari tahun 1990-an hingga awal dan pertengahan 2000-an populer karena memiliki performa dan handling yang menawan, harga terjangkau, suku cadang berlimpah, dan juga irit bahan bakar.
 
back to top