5 Pilihan Mobil Bekas Seharga Honda CB150R Streetfire 2021

06/05/2021

Jual beli

5 menit

Share this post:
PT Astra Honda Motor merilis model street naked sport 150 cc terbaru mereka yakni Honda CB150R Streetfire, inilah 5 pilihan mobil bekas seharga motor tersebut

Honda CB150R Streetfire bakal jadi idola baru di kelas motor sport ringan non fairing berkapasitas 150 cc. Musuh bebuyutan Yamaha V-ixion ini dijual mulai harga Rp 29.700.000 dan Rp 30.700.000 untuk versi Special Edition. Harga tersebut berlaku untuk wilayah DKI Jakarta. Kini, tim Cintamobil.com memberikan informasi pilihan mobil bekas keluarga seharga motor tersebut. Ini dia 5 mobil seharga motor baru itu.

1. Daihatsu Espass

Pilihan mobil bekas dengan harga setara dengan Honda CB150R Streetfire yang pertama adalah Daihatsu Espass. Sang penerus dari Daihatsu Hijet dan Daihatsu Zebra yang bisa Anda dapatkan dengan uang tak lebih dari Rp 30 juta adalah keluaran antara tahun 1995 hingga 1997.

Gambar Daihatsu Espass

Daihatsu Espass menjadi penerus Daihatsu Zebra dan Hijet

Kelebihan utama dari Daihatsu Espass bila dibandingkan dengan keempat pilihan mobil bekas lainnya di harga yang setara dengan Honda CB150R Streetfire ini ada dua hal. Pertama adalah penggunaan pintu geser dan posisi duduk yang nyaman layaknya mengemudi mobil jenis sedan.

Gambar Interior Daihatsu Espass

Posisi duduk seperti sedan

Hal yang harus diperhatikan sebelum Anda meminang mobil ini adalah delco dan kondensornya, karena diletakkan di bawah maka saat musim hujan rawan terkena water splash dari jalanan yang menyebabkan mesin mobil brebet bahkan ko-it alias mampus (mati). Tapi untuk kehematan BBM dan kenyamanan mengemudi mobil ini berada di atas Carry yang jadi lawan tangguhnya.

2. Suzuki Carry

Tanpa kehadiran Carry, PT Suzuki Indomobil Indonesia tak mungkin sebesar sekarang dan menelurkan produk-produk berkualitas tinggi nan inovatif. Yes, Suzuki Carry termasuk salah satu mobil yang kami rekomendasikan di bursa pilihan mobil bekas seharga motor sport racikan pabrikan sayap mengepak tersebut.

Gambar Suzuki Carry ST100 1983

Kebandelan Carry tak perlu diragukan lagi

Dengan dana mentok di angka Rp 30 juta, Anda bisa memboyong Suzuki Carry generasi ketiga yakni ST100 dengan tahun produksi sama seperti rivalnya Daihatsu Espass yakni antara tahun 1995 hingga 1997. Bicara keunggulan tentunya tak ada yang berani meragukan durabilitas Suzuki Carry bukan?

Gambar interior Suzuki Carry

Muat 9 penumpang? Bisa...

Meskipun terkenal badak dan mesin F10A-nya minim perawatan, namun tetap ada potensi masalah yakni di bagian sokbreker depan. Umumnya sokbreker depan sudah lemah dan memerlukan rekondisi atau bahkan penggantian baru. Juga jangan lupakan penyakit Carry yakni ban depan makan sebelah yang bisa diatasi dengan cara rajin spooring. Selebihnya, Anda akan mendapatkan mobil van mini serbaguna untuk berbagai kebutuhan.

>>> Lebih Layak Diajak Mudik, Inilah Pilihan Mobil Bekas Dengan Harga Lebih Murah Dari Motor Baru 250 cc

3. Timor S515i

Bila bagi Anda kesenangan mengemudi dan kenyamanan adalah hal utama, maka Anda tak boleh melewatkan pilihan yang satu ini. Adalah sebuah Timor S515i yang sempat menjadi mobil nasional kebanggan Indonesia di era orde baru. Sebab sedan ini mampu memberikan performa optimal.

Gambar Timor S515i 1997

Timor menawarkan kedinamisan berkendara

Apalagi sedan yang punya nama asli KIA Sephia ini memiliki kisaran harga antara Rp 15 hingga Rp 29 juta saja. Tapi ingat, kondisi aktual mobil sangat menentukan harga. Bicara keunggulan jelas kenyamanan berkendara khas sedan sangat melekat pada sedan bermesin 1.500 cc dengan teknologi injeksi ini.

Gambar interior Timor S515i

Pilih Timor yang sudah pakai pasokan bahan bakar injeksi

Kami lebih menyarankan Anda membeli tipe S515i dibandingkan dengan S515 'biasa', sebab S515i sudah mengusung sistem pasokan bahan bakar injeksi yang lebih irit dan relatif lebih mudah disetting serta tak perlu setup ulang saat membawa mobil ini ke dataran tinggi. Potensi masalah di mobil ini biasanya khas mobil yang sudah berumur, yakni di sektor kaki-kaki dan mesin yang perlu dilakukan tune up ulang.

4. KIA Carnival

Mobil ini cukup bisa diandalkan oleh Anda yang suka melakukan perjalanan jauh. Sebab kenyamanan yang ditawarkan oleh mobil ini adalah yang terbaik di antara mobil lain yang kami rekomendasikan untuk Anda dengan kisaran harga setara dengan motor Honda CB150R Streetfire.

Gambar KIA Carnival 2000

Harga bekas mobil ini setara dengan Honda CB150R Streetfire

Bodi bongsor nan aerodinamis, kabin lega dan kualitas kabin jadi kelebihan utama KIA Carnival Diesel ini. Lihatlah, betapa lega dan nyamannya kabin mobil KIA Carnival bermesin 2.700 cc turbodiesel ini. Namun, Anda harus ekstra hati-hati dalam memiih mobil ini. Karena populasi mobil ini yang punya kondisi sehat sudah sukar ditemui.

Gambar interior KIA Carnival 2000

Harga murah berkabin mewah

Namun, jika Anda berhasil menemui mobil KIA Carnival Diesel ini dalam keadaan sehat, kami jamin Anda tidak akan menyesal. Karena kenyamanan mobil ini jempolan. Jika ingin meminang mobil ini siapkan dana Rp 30 jutaan plus budget tambahan untuk keperluan perbaikan jika dibutuhkan ya. Penyakit mobil diesel ini biasanya di seputar busi pemanas, panel bodi yang suka longgar, dan alternator.

5. Toyota Kijang

Pilihan mobil bekas terakhir yang kami rekomendasikan yang harganya setara dengan Honda CB150R Streetfire adalah Toyota Kijang. Berbekal dana Rp 30 juta, Anda bisa membawa pulang Toyota Kijang generasi ketiga yang lahir pada tahun 1986 atau jika beruntung bisa dapat yang tahun di atas 1990-an.

Gambar Toyota Kijang generasi ketiga 1986

Kijang punya keunggulan dan nama besar di Indonesia

Rasanya tak perlu berbicara hingga mulut berbusa-busa untuk menjelaskan beragam kelebihan yang dimiliki oleh mantan volume maker PT Toyota Astra Motor ini. Durabilitas mesin, kaki-kaki, hingga bodi jadi keunggulan utama mobil ini. Tak heran ia mengusung nama 'Kijang' yang punya makna hewan yang gesit dan lincah berlari.

Gambar Toyota Kijang generasi ketiga 1986

Interior Toyota Kijang

Potensi masalah yang akan Anda hadapi pada mobil ini biasanya berhubungan pada faktor usia kendaraan. Seperti jok yang sudah mulai kempis, lingkar kemudi, pedal-pedal hingga tuas persneling yang sudah mulai licin. Tapi untuk sektor kaki-kaki dan mesin Anda tak perlu meragukan people carrier racikan Toyota ini. Meskipun Anda harus maklum dengan konsumsi bahan bakarnya yang agak boros karena pasokan bahan bakarnya masih menganut sistem karburator.

>>> 10 Hatchback Bekas Terlaris Rekomendasi Cintamobil, Bisa untuk Liburan

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top