5 Pengecekan Penting Sebelum Membeli Mobil Bekas untuk Liburan

28/04/2021

Jual beli

2 menit

5 Pengecekan Penting Sebelum Membeli Mobil Bekas untuk Liburan
Agar tak tertipu, ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum membeli mobil bekas. Simak di sini!

Berencana untuk ambil cuti dan liburan bersama keluarga? Ada banyak persiapan yang harus Anda lakukan, salah satunya masalah transportasi. Jika liburan memakan waktu lama sekaligus mengenalkan anak road trip, menggunakan mobil pribadi adalah pilihan yang bijak. Karena di kondisi seperti ini, mobil pribadi dengan protokol kesehatan 5M saat liburan bisa mencegah penyebaran COVID-19 ketimbang menggunakan transportasi umum.

Berbicara mengenai mobil pribadi sebagai liburan, tak sedikit pengemudi akhirnya memutuskan untuk membeli mobil bekas karena dianggap lebih terjangkau, apalagi bagi Anda yang berbudget terbatas. Beli mobil bekas juga saat ini lebih mudah, Anda bisa melakukan pencarian di banyak website dan dealer untuk mendapatkan info mobil yang akurat.

Namun, membeli mobil bekas juga ada banyak hal yang harus Anda cek agar tak tertipu. Jika ingin beli mobil bekas, berikut hal-hal yang harus Anda cek.  

Cek 1: Tempat Pembelian Mobil Bekas

showroom mobil bekas

Showroom memiliki pilihan mobil bekas

Untuk bisa mendapatkan mobil dengan harga terbaik, Anda harus mengecek tempat pembelian mobil, apalagi ada banyak tempat jual beli mobil bekas dengan promo menarik. Anda bisa langsung membeli mobil bekas secara langsung dari orang atau mendatangi showroom atau dealer sehingga Anda memiliki banyak pilihan. Namun, membeli mobil di dealer tentu ada biaya tambahan yang membuat harganya jadi lebih mahal.

>>> Auto Shanghai 2021 : Melirik Wujud Mobil Listrik Mazda CX-30

Cek 2: Bagian Eksterior

Jangan langsung tergoda dengan mulusnya body mobil incaran Anda. Body bisa jadi penanda riwayat pemakaian, apakah masih dalam kondisi mulus atau kasar, apakah body hasil pengecatan ulang atau masih cat original. Anda perlu curiga dengan garis-garis yang tidak simetris karena dempulan atau warna yang tidak seragam. Cek juga bagian lampu, apakah ada yang pecah, cahaya lampu yang tak terang, hingga periksa bagian kolong apakah karatan atau keropos.

Cek 3: Bagian Performa Mesin

Cek bagian mesin sebelum beli mobil bekas

Jika perlu lakukan test drive sebelum membeli mobil bekas

Mengecek mesin jadi hal penting yang harus Anda dengarkan secara detail. Hidupkan mesin mobil, bahkan jika perlu lakukan test drive untuk mendengar apakah mesin terdengar halus atau tidak kasar. Ada beberapa pengecekan yang perlu dilakukan terkait dengan mesin. Seperti starter mobil, mengoper gigi apakah berjalan dengan lancar, rasakan kondisi mobil saat berjalan, apakah terasa berat, hingga mencobanya melewati jalan yang kurang rata untuk mengetahui kondisi kaki-kaki mobil. Apalagi Anda membeli mobil dalam rangka untuk kebutuhan liburan sehingga membutuhkan performa mesin yang tangguh.  

>>> Mari Bersihkan Interior Mobil Sembari Menunggu Buka Puasa

Cek 4: Aksesoris dan Interior

Kini berganti ke bagian interior dan aksesoris. Beberapa komponen interior dan aksesoris yang perlu Anda cek adalah ada bagian dashboard, AC, karpet, hingga kualitas jok dan langit-langit.

Duduki jok mobil, coba tarik ke depan & belakang, hingga mengecek kualitas materialnya. Cek juga bagian kaca, apakah saat menaik-turunkan kaca mobil berjalan dengan halus, tombol wiper yang berfungsi atau tidak, hingga mengecek lampu sein, hazard, serta fasilitas audio di dalam mobil.

Cek 5: Kelengkapan Dokumen

Dokumen mobil bekas

Cek kelengkapan dokumen asli

Dokumen kendaraan adalah hal penting yang wajib diperhatikan saat membeli mobil bekas. Anda tentu tidak mau kan jika perjalanan wisata jadi terganggu karena urusan dokumen? Pastikan jika Anda mendapatkan BPKB dan STNK yang asli, mengingat saat ini banyak dokumen palsu agar mobil curian laku dengan harga tinggi. Anda perlu mengecek apakah BPKB dan STNK sama dengan nama pemiliknya. Cara untuk mengeceknya bisa mendatangi kantor SAMSAT atau melalui aplikasi di smartphone.

Jadi, itu dia 5 pengecekan yang perlu dilakukan sebelum membeli mobil bekas. Hal ini untuk menghindari kerugian yang tak perlu. Semoga Anda mendapatkan mobil bekas dengan harga terbaik! Untuk mencari mobil bekas dengan kualitas dan pemilik yang terpercaya, Anda bisa melihatnya di Cintamobil.com. Selamat mencoba!

>>> Baca info tips & trik lainnya seputar otomotif di Cintamobil.com

Penulis
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top