5 Mobil Pick Up Ini Bisa Disulap Jadi Mini Dump Truck

16/09/2020

Jual beli

5 menit

Share this post:
5 Mobil Pick Up Ini Bisa Disulap Jadi Mini Dump Truck
Dump Truck identik dengan truk ukuran besar yang bak angkutnya bisa terjungkit, tapi tahukah Anda bila 5 mobil pick up ini bisa disulap menjadi mini dump truck?

Dump Truck memang identik dengan truk berukuran besar yang bak angkutnya bisa terjungkit ke atas. Namun, truk dengan ukuran besar memiliki masalah tersendiri saat dioperasikan, yakni tidak lincah saat harus melewati jalan sempit. Nah, kali ini kami akan memberikan rekomendasi beberapa mobil pick up dengan ukuran ringan (reguler) yang dapat disulap menjadi mini dump truck. Tapi tunggu dulu, apa itu mini dump truck?

Gambar Mini Dump Truck buatan Dika Teknik Madiun

Kabin yang bisa dijungkit adalah ciri khas dari truck dengan sistem dump

Mini Dump Truck Jadi Solusi

Gambar Daihatsu Gran Max Mini Dump Truck buatan Dika Teknik Madiun

Biaya pemasangan plus bak custom harganya cukup terjangkau

Mini dump truck adalah, mobil pick up biasa yang bak angkut belakangnya 'disulap' menjadi bak jungkit layaknya truk. "Semua mobil bak (bisa) jadi (mini dump truck), mobil ditinggal kurang lebih 7 hari-an untuk pengerjaan, biaya untuk bak komplit Rp 26,5 juta, sedangkan kalau hidrolik saja Rp 22,5 juta," papar Joko dari Karoseri Dika Teknik Madiun kepada Cintamobil.com. Lantas mobil pick up  apa saja yang bisa disulap menjadi sebuah mini dump truck?

1. Suzuki New Carry

Foto tampilan depan Suzuki New Carry Pick UP Wide Deck 2019

Karena paling anyar Suzuki New Carry pantas jadi pilihan utama

Pilihan pertama adalah Suzuki New Carry Pick Up. Mobil ini merupakan yang paling baru bila dibandingkan empat pilihan mobil lainnya. Ia dipersenjatai dengan mesin K15B-C yang irit dan bertenaga. Dengan dimensi bak yang luas (tipe wide deck) yakni panjang 2.505 mm, lebar 1.745 mm, dan tinggi 425 mm, mobil ini layak disulap menjadi mini dump truck. Apalagi ia juga punya dimensi kabin yang terlega di kelasnya.

2. Daihatsu Gran Max

Foto tampilan belakang Daihatsu Gran Max 1.5L AC PS 2019

Daihatsu Gran Max sajikan dua pilihan varian mesin

Anda tentu tidak asing dengan pick up yang satu ini. Ia pertama kali mengaspal di jalanan Indonesia tahun 2007. Hingga saat ini Daihatsu Gran Max menjadi mobil yang layak untuk jadi sahabat usaha. Dimensi bak jagoan Sunter ini adalah panjang 2.350 mm, lebar 1.585 mm, dan tinggi 360 mm untuk model wide deck. Salah satu keunggulan dari Daihatsu Gran Max adalah pilihan mesinnya yang tersedia 1.300 dan 1.500 cc.

3. DFSK Super Cab

Foto tampilan depan DFSK Super Cab Gasoline 2017

Pemain asal China tak mau tinggal diam

Jagoan asal Tiongkok ini juga tak bisa dipandang sebelah mata. Sejak kemunculannya tahun 2017 lalu pick up asal negeri tirai bambu yang dirakit di Cikande, Banten ini cukup merebut perhatian konsumen mobil niaga di Tanah Air. Salah satu sebab ia dilirik adalah penampilannya yang tidak biasa alias cukup nyentrik. Ia mengusung mesin 1.500 cc 4-silinder berkode DK15 yang tangguh. Bak angkutnya juga tergolong luas, yakni 2,470 mm X 1,670 mm X 340 mm (PxLxT).

4. TATA Super ACE

Gambar TATA Super ACE 2017

Pilihan mesin diesel hanya ada di TATA

Super ACE merupakan mobil pick up ringan yang memiliki keunggulan komparatif dan tak akan Anda temui di pick up ringan lain di kelasnya pada artikel ini. Keunggulan utama jagoan PT TATA Motors Distribusi Indonesia ini adalah mesin diesel yang digunakan. Mesin TATA 475 terbukti tangguh, dan irit BBM. Kapasitas bak angkutnya juga merupakan salah satu yang terbesar di banding pikap lain di artikel ini dengan ukuran panjang 2.590 mm, lebar 1.512 mm, dan tinggi 430 mm. 

5. Esemka Bima

Foto tampilan belakang Esemka Bima 1.300 2019

ESEMKA tak ingin ketinggalan menjadi pilihan mini dump

PT Solo Manufuktur Kreasi atau yang lebih akrab disebut ESEMKA juga tak mau ketinggalan ambil bagian. Meskipun mesin 1.300 cc yang diusung jadi yang terlemah di sini, namun pick up yang dirakit di Boyolali, Jawa Tengah ini memiliki keunggulan yang tak dimiliki oleh pick up ringan lainnya di sini. Yakni dimensi baknya yang terlega. Ukuran kargo atau bak angkutnya punya dimensi panjang 2.970 mm, lebar 1.740 mm, dan tinggi 470 mm. Sayang kapasitas angkutnya hanya 950 kilogram.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

5 Mobil Pick Up Bekas yang Punya Harga Mirip Esemka

08/09/2020

Jual beli

3 menit

Kami mengumpulkan setidaknya lima mobil pick up atau niaga bekas dengan tahun pembuatan muda serta harga jual yang mirip harga mobil Esemka Bima 1.300 terbaru

Lihat juga

Begini Cara Beli Mobil Esemka

15/09/2020

Mobil baru

3 menit

Mungkin masih banyak dari Anda yang penasaran dengan mobil ini, berikut kami beberkan cara beli mobil Esemka, khususnya bagi Anda yang tinggal di Jabodetabek

Lihat juga

Mau Nyetir Pick Up? Perhatikan Dulu Hal Ini

08/09/2020

Pengemudian

3 menit

Mengemudikan mobil penumpang tentu beda dengan mobil niaga, Jika Anda pertama kali mengemudikan mobil niaga, sebaiknya Anda baca dulu tips nyetir pick up ini

Lihat juga

Tips Membeli Mobil Pick Up Bekas

17/10/2019

Jual beli

5 menit

Tak hanya mobil penumpang saja, kami juga akan memberikan tips membeli mobil komersial, salah satunya adalah tips membeli mobil pick up bekas. Lantas, apa saja yang harus diperhatikan ketika ingin membeli mobil pick up bekas?

Lihat juga

Suzuki New Carry Minibus Dan Van Dites Jalan, Bakal Segera Dijual?

14/07/2020

Mobil baru

3 menit

Suzuki New Carry Minibus Dan Blind Van yang viral beberapa waktu lalu, kini sedang dites jalan, apakah dua model mobil niaga jagoan Suzuki ini segera dijual?

Lihat juga