5 Mobil Daihatsu Kecil yang Pernah Singgah di Indonesia

17/09/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
5 Mobil Daihatsu Kecil yang Pernah Singgah di Indonesia
Mobil Daihatsu kecil yang ada di Indonesia ternyata bukan cuma Agya, namun setidaknya ada lima model lain. Sayangnya beberapa model ini tidak pernah dijual secara massal oleh Daihatsu.

Tren produsen mobil di dunia sepertinya memang ke arah mengecilkan dimensi. Baik secara ukuran bodi maupun kapasitas mesin. Tak heran sejumlah pabrikan sering kali menawarkan mobil kecil tapi syarat akan teknologi terkini.

Misalnya saja Daihatsu yang terus gencar menyodorkan mobil berukuran mini. Mobil Daihatsu kecil ini pun ada yang baru sebatas konsep dan ada juga yang sudah dijual di Jepang serta beberapa negara lain termasuk Indonesia. Bahkan ada pula mobil Daihatsu paling kecil di Tanah Air yang sempat digemari karena kepraktisannya.

Ya, kepraktisan merupakan alasan kuat mengapa orang kini banyak menyukai mobil berdimensi ringkas. Karena makin padatnya kondisi jalan raya, terutama di kota-kota besar di seluruh dunia, membuat mobil mungil bisa dipakai untuk menempuh rute-rute alternatif demi menghindari jebakan kemacetan di jalan. Selain itu mobil kecil juga dipilih karena sering kali lebih hemat pemakaian bahan bakar daripada mobil yang dimensinya besar. Dan terakhir, mobil kecil relatif lebih murah!

Sisi menarik dari sebuah mobil berukuran kecil inilah yang membuat Cintamobil.com akan membahas lebih dalam mengenai beberapa mobil kecil Daihatsu.

Apa Saja Mobil Daihatsu yang Kecil di Indonesia?

Bisa dibilang Daihatsu adalah produsen otomotif yang amat gencar menyodorkan model dengan dimensi mungil. Beberapa mobil ini tidak cuma dijual di Jepang, tapi publik Indonesia juga menikmati hasil penelitan dan pengembangan dari tim yang membuat mobil Daihatsu kecil tersebut.

Penasaran dengan mobil Daihatsu yang paling kecil apa yang juga pernah datang ke Indonesia? Berikut 5 diantaranya:

1. Daihatsu Ceria

Daihatsu Ceria dijual

Ceria pernah menjadi mobil Daihatsu yang paling kecil di Indonesia

Mobil Daihatsu paling kecil yang pernah tiba di Indonesia adalah Ceria. Mobil yang di Jepang punya nama lain Daihatsu Mira itu diboyong PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sekitar tahun 2001. Masuk dalam golongan Kei Car Daihatsu di Jepang, Ceria datang dengan menggendong mesin 850 cc 3 silinder yang cukup hemat bahan bakar.

Dimensi Ceria hanya memiliki panjang 3,36 meter (m), lebar 1,4 m, dan tinggi 1,41 m. Namun fitur-fitur yang ada di mobil ini sudah cukup lengkap di eranya. Antara lain sudah tersedia AC dan power steering, serta power windows dan central lock.

2. Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla dijual

Mobil Daihatsu paling kecil saat ini

Siapa sih yang saat ini tidak mengetahui tentang Daihatsu Ayla?! Mobil yang diproduksi di Indonesia memanfaatkan kebijakan pemerintah terkait Low Cost Green Car (LCGC) alias Mobil Murah Ramah Lingkungan itu juga ukurannya sangat mungil. Sebagai mobil Daihatsu kecil, Ayla cuma memiliki panjang tubuh 3,6 m, lebar 1,52 m, dan tinggi 1,6 m.

Mesinnya berkapasitas 998 cc 3 silinder dengan teknologi DOHC VVT. Walau kecil dan digolongkan sebagai mobil murah, namun fitur yang disediakan sudah modern. Antara ain sudah ada power steering dan AC. Sebagai informasi, saat diperkenalkan pertama kali, varian terendah dari Daihatsu Ayla hanay dipasarkan Rp 92 jutaan saja lho!

>>> Tips Sebelum Membeli Toyota Agya atau Daihatsu Ayla

3. Daihatsu Tanto

Daihatsu Tanto dijual

Tanto sering dipamerkan tapi tidak pernah dijual di Indonesia

Daihatsu juga punya mobil kecil lainnya yang sering terlihat di Indonesia. Namanya Tanto, sayangnya sampai saat ini ADM tidak pernah memasarkan Tanto secara resmi. Jadi kalau pun ada yang menjual Daihatsu Tanto, mungkin pihak tersebut mengimpor langsung dari Jepang.

Tanto memiliki sederet keunggulan sebagai mobil Daihatsu kecil yang layak dikomparasikan dengan mobil kecil merk lain. Diantaranya Tanto menggunakan mesin 660 cc 3 silinder yang sudah menggunakan turbo. Kemudian mesin tersbeut juga dikombinasikan transmis otomatis CVT.

4. Daihatsu Wake

Daihatsu Wake dijual

Wake dijual di Jepang tapi tidak di Indonesia

Mobil Daihatsu kecil lainnya yang juga sudah dijual massal adalah Wake. Mobil ini dipasarkan dalam dua varian yaitu yang menggunakan mesin 600 cc 3 silinder DOHC berdaya 52 PS dan torsi 60 Nm. Serta tipe kedua bermesin 600 cc 3 silinder dengan tambahan turbocharged sehingga tenaganya 64 PS dengan torsi 92 Nm.

Selain pilihan mesin yang berbeda, Daihatsu juag menawarkan Wake dalam varian berpenggerak 2WD serta 4WD. Mobil yang semua tipenya menggunakan transmisi otomatis CVT itu hanya memiliki panjang 3,39 m dengan lebar 1,47 m. namun Daihatsu Wake tidak dijual di Indonesia.

5. Daihatsu Copen

Daihatsu Copen dijual

Roadster mungil dari Daihatsu

>>> Review Daihatsu Copen 2015, Mobil Kompak yang Seru

Jika dua mobil Daihatsu kecil yang sebelumnya diulas kebanyakan punya desain boxy yang serba mengkotak, maka berbeda dnegan Copen. karena inilah mobil kecil Daihatsu yang hadir dengan tipe roadster dua pintu. Bagian tapa mobil ini bisa dibuka tutup layaknya mobil sport cabriolet. Mobil ini pun smepat dijual di Indonesia, namun banderolnya lumayan tinggi.

Daihatsu Copen menggunakan mesin 658 cc 3 silinder DOHC yang sudah dilengkapi dengan turboharged intercooler sehingga menghasilkan tenaga 64 Hp. Walau kecil, mobil ini diklaim sanggup melest hingga kecepatan 170 km/jam.

>>> Baca juga: Tips Merawat Mobil Saat Kerja di Rumah Dari Daihatsu

>>> Klik disini untuk menemukan tips dan trik menarik yang lainnya

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Daihatsu: Orang Indonesia Tak Suka Mobil Kecil

11/08/2018

Pasar mobil

Tiga mobil kecil Daihatsu di GIIAS 2018 bukan untuk dijual di Indonesia. Konsumen Indonesia dianggap tidak suka yang kecil-kecil. Benarkah?

Lihat juga

Rekomendasi Mobil Kecil untuk 4 Orang yang Murah

13/09/2020

Jual beli

8 menit

Ada beberapa konsumen yang mengincar mobil kecil untuk 4 orang demi kepentingan beberapa hal. Diantaranya sebagai mobil yang menunjang aktifitas karir mereka. Apa saja kira-kira mobil dari kategori ini?

Lihat juga

Daihatsu Ogah Jual Kei Car di Indonesia, Ini Alasannya

25/07/2019

Pasar mobil

3 menit

Daihatsu punya banyak model kei car atau mobil kecil yang sangat digemari di pasar Jepang. Namun untuk dibawa ke Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) secara tegas menyatakan menolak. Mengapa?

Lihat juga

Nissan Hadirkan Lagi Satu Model Kei Car Canggih, Nissan Roox

27/02/2020

Mobil baru

3 menit

Nissan Motors menghadirkan model baru kei car Nissan Roox yang diklaim lebih bertenaga, kabin lebih lapang, lengkap dengan teknologi ProPILOT driver assistance.

Lihat juga

Review Perodua Axia Style, cikal-bakal Daihatsu Ayla Crossover 2019?

Rp. 98.150.000

30/09/2019

Editor rate:

Negeri Jiran bukan hanya lebih maju dalam urusan politik, namun juga sektor otomotifnya. Mobil nasional mereka yakni Perodua dan Proton mendapat support langung dari salah satu pabrikan Jepang terbesar di dunia yaitu Daihatsu. Inilah ulasan kami terhadap produk terbaru mereka, Review Daihatsu Ayla Malaysia / Perodua Axia Style 2019. Apakah begini tampang Ayla Crossover dan menjadi cikal bakal Daihatsu Ayla Crossover?

Lihat juga