5 Mobil Bekas yang Bisa Dijadikan Investasi

05/10/2021

Jual beli

6 menit

Share this post:
Tak hanya sebagai alat mobilitas, beberapa mobil bekas juga bisa menjadi investasi' bagi Anda yang berniat untuk menyimpan dan menjualnya di masa depan.

Sebagian orang membeli mobil bekas demi menghemat budget. Tetapi ada juga sebagian orang yang membeli mobil bekas untuk dirawat sebagai investasi dan dijual dengan harga yang lebih tinggi di masa depan.

Mungkin Anda bertanya-tanya, memang bisa mobil bekas sebagai investasi? Mayoritas mobil akan mengalami depresiasi seiring waktu dan pemakaian. Tetapi, ada mobil-mobil yang justru bisa lebih bernilai ke depannya karena beberapa faktor.

5 mobil yang akan kami sebutkan di bawah ini merupakan beberapa mobil bekas yang mungkin bisa menjadi investasi bagi Anda di masa depan. List ini dibuat berdasarkan pengalaman dari Content Writer Cintamobil.com, Taufan Rizaldy yang merupakan salah satu kolektor mobil klasik.

>>> Bukan Sekadar Mobil, BMW M Bisa Jadi Investasi Buat Para Sultan

1. Jeep Cherokee XJ

Gambar Jeep Cherokee XJ

Berdasarkan pengalaman pribadi, Cherokee XJ telah menjadi investasi penulis karena harganya sudah 2 kali lipat dari harga beli

Jeep Cherokee XJ merupakan salah sati mobil bekas yang kini sedang cukup naik popularitasnya, apalagi setelah beberapa influencer ikut memelihara SUV ikonik asal Amerika Serikat ini. Cherokee XJ pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1994, dan terakhir di pasarkan pada tahun 2000.

Saat ini, mobil ini ditawarkan di kisaran harga Rp 150 juta ke atas tergantung tahun dan kondisi. Padahal, beberapa tahun lalu mobil ini masih bisa dipinang dengan harga Rp 100 juta.

Anda bisa mencari Cherokee XJ yang terlalu segar dengan harga terjangkau sebagai investasi. Seiring waktu, Anda bisa mulai melakukan restorasi kecil-kecilan mulai dan melepas mobil ini dengan harga yang lebih baik setelah Anda puas menggunakannya.

2. Suzuki Katana

Gambar Suzuki Katana

Tak hanya Jimny, Katana juga bisa jadi 'investasi'

Kalau Suzuki Jimny yang populasinya memang lebih sedikit sudah mahal, mungkin Suzuki Katana bisa menjadi alternatif mobil bekas 'investasi' yang bisa Anda pinang.

Ada banyak gaya modifikasi yang bisa dipilih dengan Suzuki Katana. Mulai dari restomod, hingga ke off-road dengan meminjam penggerak 4x4 dari saudaranya.

Dulu, Katana yang kondisinya cukup baik bisa Anda dapatkan dengan banderol di bawah Rp 50 juta. Bagaimana dengan sekarang? Anda cukup beruntung jika bisa menemukan Katana di kisaran Rp 50 juta dengan kondisi yang baik.

>>> Mau Beli Mobil Lama untuk Investasi, Apa Saja Pilihannya?

3. Toyota Starlet

Gambar Toyota Starlet

Desainnya yang cukup timeless membuat mobil ini tetap diminati hingga saat ini

Terutama untuk Toyota Starlet 80 series atau biasa dikenal sebagai Starlet Bakpao atau Starlet Kapsul. Awalnya mobil bekas ini juga kurang diminati jika dibandingkan dengan Honda Civic Estilo yang banderolnya terus naik bak harga tanah.

Tetapi, beberapa tahun terakhir hatchback dari Toyota ini mulai dilirik oleh hobbyist apalagi yang kondisinya masih orisinal. Jika zaman dahulu ramai dengan konversi Starlet GT, sekarang Starlet biasa dengan pernak-pernik JDM dan bergaya OEM+ justru lebih diminati.

Sekarang mobil ini berada di kisaran Rp 60 hingga 70 juta dalam kondisi biasa dan layak pakai. Padahal, dulu Taufan Rizaldy sendiri pernah menjual Starletnya sendiri dengan harga Rp 45 juta. Jelas berdasarkan pengalaman, mobil ini memang cocok untuk dijadikan investasi.

4. Toyota Land Cruiser

Gambar Toyota Land Cruiser

Konon katanya, harganya sedang 'digoreng' belakangan ini

Ada 2 Land Cruiser yang sangat diminati dan cocok sebagai investasi. Bukan Land Cruiser Bundera yang harganya memang sudah mengalahkan BMW baru, melainkan Toyota Land Cruiser 100 Series dan FJ40.

Jangan kaget melihat FJ40 tahun 1980-an harganya sudah mengalahkan SUV baru. Kami memprediksi bahwa mobil ini akan semakin mahal ke depannya, apalagi jika kondisinya memang sangat baik dan cukup orisinal.

Begitu pula dengan Toyota Land Cruiser 100 Series, Anda cukup beruntung jika bisa meminangnya dengan harga di bawah Rp 400 juta. Seiring dengan kesadaran para hobbyist akan nyaman dan andalnya mobil ini, kami rasa harga tersebut akan terus menanjak seiring statusnya sebagai SUV modern klasik.

>>> Tips Beli Mobil Eropa Bekas A La Cintamobil.com

5. Mobil Berbentuk Station Wagon

Gambar BMW E36 Touring

Dibanding versi sedang, harga station wagon mobil yang sama bisa berkali-kali lipat lebih mahal

Yes, hampir semua mobil wagon bisa dianggap sebagai investasi. Baik itu Mazda 6, BMW seri 3 atau seri 5 Touring dari berbagai generasi, Mercedes-Benz Estate, bahkan Timor wagon sekalipun akan tetap diminati oleh kolektor mobil-mobil langka.

Di antara semuanya, menurut kami Mazda 6 merupakan 'sleeper pick' karena statusnya sebagai mobil yang cukup modern. Tunggu saja ketika mobil ini sudah diskontinu, niscaya harganya akan mulai merangkak naik.

Jika Anda mampu membeli mobil wagon dengan harga di bawah pasar, mobil tersebut sangat bisa menjadi investasi Anda di masa depan.

>>> Serius Garap Mobil Listrik, GM Naikkan Investasi Jadi Rp 506 Triliun

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top