5 Mobil Bekas Diesel Layak Beli Dan Masih Banyak Dijual Saat Ini

13/05/2019

Jual beli
Share this post:
5 Mobil Bekas Diesel Layak Beli Dan Masih Banyak Dijual Saat Ini
Meski jumlahnya sedikit, mobil bermesin diesel masih digemari oleh pecinta otomotif Indonesia. Tidak hanya mobil baru, ada beberapa mobil bekas diesel yang layak dibeli dan bahkan masih dijual di beberapa diler mobil bekas hingga saat ini. Populasinya pun cukup banyak. Berikut pilihan 5 mobil bekas diesel dari Cintamobil.com.

1. Isuzu Panther

Isuzu Panther dikenal dengan slogan rajanya diesel

Isuzu Panther masih banyak dijual saat ini di pasar mobil bekas

Isuzu Panther sudah mengaspal di Indonesia sejak 1991 atau sudah empat generasi. Mobil bekas diesel generasi pertama lahir tahun 1991-1996, generasi kedua 1996-2000, generasi ketiga 2000-2005, dan generasi keempat 2005-sekarang.  Isuzu Panter Hi-Grade menjadi generasi pertama yang hingga hari ini masih berkeliaran di jalanan. Mobil ini memiliki kapasitas ruang bakar 2.238 cc dengan jumlah silinder empat. Tenaga maksimum dari mobil ini adalah 60 dk/4300 rpm.  Meski semburan tenaganya tak bisa dibilang wow, namun daya tahan dan keiritan mobil ini diakui banyak pihak. Tak keliru jika Isuzu kemudian mengklaim sebagai rajanya diesel.

>>> Rahasia Dibalik Mesin Diesel Bisa Bertenaga dan Efisien

2. Toyota Land Cruiser VX/VXR 80

Toyota Land Cruiser yang mempunyai kesan tangguh

Toyota Land Cruiser sebagai mobkas diesel yang tangguh

Analogi semakin tua semakin jadi mungkin cocok bagi Toyota Land Cruiser VX/VXR 80. Sebab, tampilannya yang gagah membuat mobil yang pertama kali diperkenalkan pada 1995 ini memiliki harga jual hingga Rp350 juta. Harga ini tak surut dimakan waktu, lho!  Mobil ini dibekali mesin diesel 1HD-T turbo dengan kapasitas 4.2L yang mampu menyemburkan tenaga maksimal 162 HP pada putaran 3600 rpm. Torsi puncaknya dengan 361 Nm juga bisa dicapai pada putaran mesin 1400 rpm. Harga mobil dengan panjang 4,8 meter ini melambung tinggi karena menjadi incarakan para kolektor mobil lawas.

3. Kijang Kapsul LGX

Toyota Kijang Kapsul LGX jadi salah satu mobkas diesel favorit

Toyota Kijang LGX termasuk MPV diesel favorit di pasar mobil bekas

Kijang 'Diesel' LGX bisa dibilang sebagai mobil sejuta umat. Dikenal sebagai Kijang Kapsul, mobil ini mulai diminati sejak 1997. Pada waktu itu, mobil ini masih dihargai sekitar Rp70 juta - Rp80 juta.  Mobil ini dibekali mesin 7K-4 untuk kapasitas 1.800 cc karburator dengan empat silinder segaris OHV dan tipe mesin diesel 2L dengan empat silinder segaris kapasitas 2.400 cc dengan sistem indirect injection. Untuk tipe 2.4 diesel, mobil ini mampu mencapai tenaga maksimal sebesar 86 HP pada putaran 4800 rpm. 

>>> Tips jual beli mobil paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

4. Daihatsu Taft

Daihatsu Taft dengan bodi yang compact

Daihatsu Taft mempunyai dimensi bodi yang compact untuk sebuah SUV

Daihatsu Taft identik sebagai mobil SUV yang digunakan oleh penjahat di berbagai layar kaca. Tampilannya yang macho dan gagah menjadi alasan di balik mobil bermesin diesel ini diminati oleh banyak pria pada tahun 2000 awal. Terkait spesifikasinya, mobil ini mampu mencapai tenaga maksimal sebesar 76 HP pada putaran 3600 rpm. Untuk jenis mesinnya dibekali diesel 2,8 liter dengan 4 silinder segaris serta isi silinder 2800 cc. Eits, jangan kira mobil ini harganya jatuh ya. Untuk Daihatsu Taft Rocky 4x4 second produksi 1998 dibandrol dengan harga sekitar Rp110 juta. 

>>> Sedang mencari membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

5. Daihatsu Feroza

Daihatsu Feroza tidak terlalu banyak populasinya di Indonesia

Daihatsu Feroza mempunyai mesin diesel yang bisa diandalkan walaupun populasi tidak banyak

Untuk alternatif mobil JIP atau SUV diesel lainnya, Daihatsu Feroza bisa jadi opsi yang bagus. Mulai dipasarkan pada tahun 1998, mobil yang dibandrol dari harga Rp70 juta pada 1998 ini masih menjadi incaran para kolektor. Mobil ini menggendong mesin berkapastitas 1.600 cc dengan 4 silinder segaris. Tenaga maksimum yang mampu dihasilkan mencapai 94 Hp pada putaran 5.700 rpm dengan torsi 127 Nm pada putaran 4800 rpm. Bisa dibilang, Feroza merupakan salah satu mobil bekas diesel terbaik untuk kelas JIP di Indonesia.

>>> Dapatkan beragam tips dan trik berguna lainnya hanya di Cintamobil

Mahmudi Restyanto
Share this post:

Berita lain

Jangan Terkecoh, Kenali Mitos dan Fakta Mobil Diesel

10/05/2019

Jual beli

Mesin diesel masih cukup banyak peminatnya di Indonesia hingga saat ini meski tidak sebanyak bensin. Keraguan konsumen untuk membeli mobil bermesin diesel adalah beberapa mitos yang beredar di masyarakat. Agar tidak terkecoh, kenali mitos dan fakta mobil diesel.

Lihat juga

Ada Banyak Kemajuan, Inilah Ragam Teknologi Mesin Diesel Modern

25/04/2019

Pengemudian

Mesin diesel modern telah menjelma menjadi mesin yang perkasa dengan banyak keuntungan untuk konsumen. Kapabilitas itu tidak lepas dari kandungan teknologi di dalamnya. Sudah ada banyak kemajuan pada dan beragam teknologi mesin diesel modern yang digunakan pada mobil-mobil masa kini.

Lihat juga

Agar mesin diesel common-rail tahan lama, lakukan hal berikut ini

Performa mesin diesel common-rail yang responsif juga harus dibarengi dengan perlakuan yang tepat agar dapat tahan lama. Salah satunya dengan menggunakan solar yang berkualitas. Namun sayangnya, keterbatasan solar berkualitas masih sering ditemui. Solusinya, lakukan penggantian filter solar secara tepat waktu.

Lihat juga

Sebelum Matikan Mobil Diesel, Perhatikan Hal Ini

Pamor mobil Diesel kembali menanjak di Indonesia, hal ini terbukti dengan menjamurnya mobil-mobil baru dengan varian mesin Diesel. Meski demikian, ada satu hal sepele yang cukup berpengaruh dalam pengoperasiannya, apakah itu?

Lihat juga

Mesin Diesel Modern "Dipaksa" Minum B100, Apa Efeknya?

Pada artikel sebelumnya, kami telah membahas apa yang dimaksud dengan solar B20, atau B100. Lalu bagaimana efeknya jika digunakan pada mobil dengan mesin diesel yang modern?

Lihat juga