5 Langkah Ini Harus Dilakukan Agar Harga Jual Mobil Tidak Jatuh

21/05/2021

Jual beli

3 menit

Harga jual mobil tidak jatuh tentu menjadi hal yang diinginkan para penjual mobil bekas, tetapi ada hal yang harus diperhatikan agar harga jualnya tidak jatuh.

Harga jual kembali menjadi salah satu pertimbangan para konsumen sebelum membeli mobil. Wajar, tak ada orang yang mau rugi, pastinya mereka mencari mobil dengan harga jual kembali yang masih tinggi. Harga jual mobil biasanya akan mengalami penurunan seiring dengan tahun pemakaian dan kondisi mobil tersebut.

Harga jual mobil ini dipengaruhi berbagai hal. Kalau Anda tetap ingin tinggi, berikut hal yang harus diperhatikan agar harga jual mobil tidak jatuh sekali. 

Langkah Yang Harus Dilakukan Sebelum Menjual Mobil

1. Simpan Berkas Kepemilikan Mobil

Dokumen penting saat membeli mobil seperti Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), sampai faktur pembelian merupakan hal yang harus Anda simpan dan jaga agar bisa menjadi bukti keabsahan dan legal dari kepemilikan kendaraan. Tapi jika surat ini hilang, mungkin mobil Anda bisa dicap sebagai mobil curian dan jangan heran kalau harganya ditawar murah.

menyimpan berkas kepemilikan mobil saat hendak menjual mobil

Pentingnya menyimpan berkas kepemilikan mobil jika sewaktu-waktu hendak menjual mobil

2. Melakukan Pembayaran Pajak Mobil

Memiliki kendaraan berarti wajib membayar pajak kendaraan. Selain menjadi bukti bahwa Anda warga negara yang patuh, membayar pajak mobil dengan rutin juga bisa menambah harga jual yang lebih tinggi. Hal ini karena nantinya pembeli mobil bekas Anda tidak akan menawar dengan harga murah dengan alasan mobil yang Anda jual tidak membayar pajak rutin.

>>> Pajak Mobil Bekas, Bagaimana Cara Menghitungnya?

3. Pastikan Melakukan Pengecekan di Berbagai Bagian Mobil

Tidak ada salahnya ketika Anda sedang melakukan servis rutin di bengkel resmi untuk meminta mekanik melakukan berbagai pengecekan mulai dari oli rem, oli transmisi, cairan oli mesin, wiper, dan radiator mobil. Dan Anda juga bisa menyampaikan keluhan pada mobil Anda agar masalah yang ada di mobil Anda bisa terselesaikan.

melakukan pengecekan pada mobil

Melakukan pengecekan kondisi mobil sebelum akad dilakukan

4. Tidak Melakukan Modifikasi Mobil yang Berlebihan

Memodifikasi mobil memang bisa membuat mobil Anda menjadi lebih menarik. Tetapi jika Anda berniat untuk menjual kembali mobil Anda, ada baiknya hindari memodifikasi mobil dengan berlebihan. Karena tidak semua orang berpikiran sama dengan Anda ketika melihat modifan mobil yang Anda buat termasuk calon pembeli mobil bekas. Pembeli mobil bekas biasanya lebih tertarik dengan kondisi mobil yang masih standar.

>>> 5 Hal Penting yang Bikin Harga Jual Kembali Mobil Bisa Tinggi

5. Lakukan Servis dengan Rutin

Ketika Anda sudah berniat untuk menjual mobil yang Anda punya, ada baiknya Anda melakukan service rutin sesuai dengan rekomendasi dealer atau juga sesuai dengan panduan buku manual. Dengan melakukan service mobil secara rutin, maka itu menjadi nilai plus saat menjual mobil bekas. Karena pembeli bisa melihat riwayat servis mobil Anda dan bisa menjaga harga jualnya tetap stabil.

rutin melakukan servis untuk menjaga kondisi mobil

Servis mobil secara rutin dapat menjaga kondisi dan performanya 

Cara Memprediksi Harga Mobil Bekas

Untuk menjual mobil yang Anda punya, ada cara untuk memprediksi harga jual kendaraan bekas tersebut, yaitu:

  1. Harga mobil akan turun 10% atau senilai Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB) ketika keluar dari showroom.
  2. Harga mobil akan kembali turun 10% ketika usia pemakaian mobil tersebut sudah satu tahun dan tahun berikutnya akan turun sebanyak 5%.
  3. Bagi Anda yang ingin menjual mobil Eropa, harga mobil bekas ini cenderung akan turun dengan drastis sekitar 40 sampai 50%. Sedangkan mobil-mobil produksi jepang, penurunan harga jualnya sedikit lebih kecil yaitu sekitar 23 sampai 30%.

Banyak aspek yang harus Anda perhatikan ketika ingin menjual mobil bekas Anda yang jual untuk menjadi bahan pertimbangan calon pembeli mobil. Tentunya berbagai aspek tersebut bisa mempengaruhi harga jual mobil. Oleh karena itu ada baiknya rawat dengan baik mobil kesayangan Anda ketika ingin menjualnya kembali.

>>> Mau Jual Mobil Bekas dengan Harga Tinggi? Ini Tipsnya Agar Cepat Laku!

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.

 
back to top