Jarang Dibahas, Setidaknya Ini 5 Keuntungan Punya Mobil Sejuta Umat

27/10/2021

Jual beli

2 menit

Share this post:
Artikel tentang mobil sejuta umat ini merupakan sudut pandang dari crew Cintamobil.com dengan tetap memperhatikan data, fakta dan dinamika yang ada...

Bagi sebagian orang, menggunakan mobil sejuta umat mungkin kurang menyenangkan. Sebab bentuknya pasaran dan pastinya kalah gengsi. Namun, tahukah Anda bila menggunakan mobil sejuta umat ternyata bisa mendapatkan lima keuntungan ini? Berikut penjabaran tim Cintamobil.com.

1. Sparepart Melimpah

Ketersediaan spare part menjadi kelebihan utama saat Anda pakai mobil bertitle sejuta umat. Dari mulai spare part original dalam kondisi baru yang berkualitas, sampai spare part aftermarket bahkan tiruan KW 1 hingga KW 3 juga masih tersedia.

Lampu copotan

Part copotan pun melimpah

Tak sampai di situ saja, andali terjadi hal-hal yang tidak diinginkan semisal tabrakan dan pas kantong Anda cekak atawa tipis, saat ingin berburu parts copotan seperti body part juga mudah ditemukan dan harganya pun bersahabat.

2. Servis Tak Perlu Khawatir

Menggunakan mobil yang berjuluk sejuta umat pun akan diuntungan saat ingin melakukan servis berkala. Jumlah diler resmi dan authorized service canter yang banyak membuat Anda fleksibel menentukan lokasi ingin masuk bengkel yang mana dan di mana.

Servis Avanza Auto2000

Bengkel resmi ayo, bengkel umum siapa takut

Enggak hanya bengkel resmi, kalau ingin servis di bengkel umum juga banyak yang memahami karakteristik mesin maupun kaki-kaki mobil sejuta umat yang Anda miliki. Ibaratnya, mau di bengkel pinggir jalan juga bisa menangani andai mobil terjadi masalah. Alhasil kemana-mana jadi tenang deh.

>>> Plus-Minus Servis Mobil di Bengkel Resmi vs Bengkel Umum

3. Durabilitas

Meskipun harganya terjangkau dan banyak orang pakai, tetapi pabrikan mobil bertitle sejuta umat tidak sekalipun asal-asalan dan membuat mobilnya. Mereka mengandalkan pusat riset dan pengembangan yang ada di Indonesia untuk mengetes mobil habis-habisan sebelum akhirnya dilempar ke pasar.

Fasilitas R&D Daihatsu Indonesia

Mobil sejuta umat tesnya juga enggak main-main

Contohnya Daihatsu, pusat Research & Development mereka yang ada di Indonesia memiliki fasilitas yang terlengkap di Tanah Air. Sedikitnya ada 24 jenis jalan, kombinasi jenis tanjakan, serta ruang pengetesan yang memadai untuk mengembangkan mobil agar pas dengan selera konsumen di Indonesia.

4. Resale Value Terjaga

Banyak orang yang menyukai mobil tersebut juga punya efek positif saat kendaraan hendak dijual lagi. Kemudahan perawatan, durabilitas yang tinggi serta model yang masih menarik membuat peminat mobil 'sejuta umat' tetaplah tinggi.

Dewa Nyoman Martayasa Pemenang Daihatsu Setia

Dewa cukup terkejut ketika tahu harga jual Xenia miliknya apresiasi

Bahkan tak jarang juga terjadi apresiasi harga (apresiasi ya, bukan depresiasi). Dulu tahun 2004 harga bekas Toyota Avanza lebih tinggi dari harga saat baru. Demikian pula dengan sepupunya Daihatsu Xenia. Ada orang Bali bernama Dewa Nyoman Mertayasa yang beli Xenia bekas seharga Rp 36 juta kemudian berhasil dijual kembali dengan harga Rp 105 juta. Luar biasa bukan? Kalau bukan mobil hobi, rasanya tak ada yang harga jualnya bisa apresiasi seperti ini.

>>> Mau Beli Toyota Avanza Bekas? Simak Tipsnya Biar Nggak Rugi

5. Kekuatan Komunitas

Kekuatan komunitas juga menjadi kelebihan saat mempunya mobil berjuluk sejuta umat. Dengan adanya kekuatan komunitas Anda bisa memanfaatkan berbagai benefit dengan ikut di dalamnya. Ada berbagai keuntungan, seperti menambah saudara, mendapatkan pertolongan teknis andai ada kesulitan, dan sebagainya.

Komunitas Mobil Daihatsu

Komunitas yang solid selain menambah saudara juga bisa membantu saat ada kesulitan

Salah satu komunitas yang solid dan cukup lama hadir di Indonesia adalah AXIC (Avanza Xenia Indonesia Club), yang berdiri sejak 3 April 2004. AXIC telah terdaftar sebagai anggota IMI DKI No. 09-111, IMI JABAR No. 10-240, IMI BALI No. 14-048 dan satu satunya Komunitas Otomotif yang mendukung program Langit Biru Pemerintah Indonesia.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top