5 Keunggulan Mitsubishi Eclipse Cross yang Terlupakan

23/03/2021

Jual beli

5 menit

Setidaknya ada lima keunggulan dari Mitsubishi Eclipse Cross yang mungkin belum banyak disadari. Sebab sebenarnya compact SUV ini punya pesona untuk dimiliki.

Mitsubishi Eclipse Cross menjadi model SUV compact kelas medium. Namun di segmen ini, kompetisinya cukup ketat, mengingat Honda juga punya HR-V yang begitu laris dipasaran. Lantas Toyota juga punya jagoan baru di segmen yang sama melalui Corolla Cross. Tak ketinggalan, Mazda CX-3 juga bermain di segmen serupa Eclipse Cross.

Dengan banyaknya gempuran dari lawan-lawannya Mitsubishi Eclipse Cross seakan 'terlupakan'. Padahal sejatinya mobil dengan kapasitas 5 penumpang ini punya potensi yang bisa diunggulkan dibanding rivalnya.

Lalu apa sebenarnya keunggulan Mitsubishi Eclipse Cross yang mungkin Anda kurang perhatikan? Mari kita ulas lebih dalam.

>>> Tambah Investasi, Mitsubishi Xpander Hybrid Dikembangkan di Indonesia

1. Desain Eksteriornya Tajam

Mitsubishi Eclipse Cross Rear

Desain buritannya sangat futuristik

Soal desain memang urusan pribadi masing-masing calon konsumen. Namun jika Anda menyukai mobil dengan paras yang serba meruncing dan terkesan futuristik, rasanya Eclipse Cross layak jadi pilihan. Dengan tema Dynamic Shield yang juga diterapkan pada Xpander serta Pajero Sport terbaru, maka bisa dibilang Eclipse Cross adalah "adik" dari Pajero Sport, tapi "kakak" dari Xpander.

Walau secara facia mirip dengan kedua model Mitsubishi itu, tapi dari bagian belakang, Eclipse Cross menawarkan desain yang sangat futuristik. Bahkan rasanya guratan-guratan serta sudut-sudut pada bokong mobil ini tidak ditemukan di mobil lain yang sejenis, termasuk juga Toyota Corolla Cross, Mazda CX-3, atau Honda HR-V.

2. Dimensi Compact untuk Bepetualang

Mitsubishi Eclipse Cross dimensi

Punya ground clearance cukup tinggi

Masuk dalam segmen yang serupa, namun ternyata Mitsubishi Eclipse Cross punya ciri khas yang beebda dari kompetitiornya. Mobil ini punya panjang 4.405 mm, lebar 1.805 mm, dan tinggi 1.674 mm.

Menariknya, Mitsubishi membuat model yang satu ini dengan ground clearance 183 mm. Jarak yang cukup tinggi dibanding kompetitornya. Dimana Corolla Cross hanya punya ground clearance 165 mm dan Maxda CX-3 160 mm. Yang lebih tinggi hanya Honda HR-V dengan 185 mm. Tentu saja, dengan jarak bodi ke tanah yang semakin tinggi membuat mobil ini punya kepraktisan lebih saat diajak berpetualang di akhir pekan.

>>> 5 Hal Penting yang Bikin Harga Jual Kembali Mobil Bisa Tinggi

3. Banyak Fitur Berteknologi Tinggi

Mitsubishi Eclipse Cross sunroof

Ada dual electric sunroof

Hal menarik berikutnya yang bisa diulas dari Mitsubishi Eclipse Cross adalah tentang ketersediaan fitur di mobil ini. Dibanding lawan-lawannya, memang fitur yang disajikan bukan yang terlengkap. Belum lagi head unit yang juga tidak sampai 9 inci seperti yang dipakai pada Corolla Cross.

Hanya saja Eclipse Cross memiliki touch pad controller yang posisinya ada di dekat tuas transmisi. Dengan perangkat ini, maka saat mengoperasikan head unit layaknya Anda sedang menggunakan laptop. Dan supaya berkendara juga tidak kelilangan konsentrasi berlebih ketika harus melihat panel instrumena, disediakan pula fitur head up display. Satu lagi yang tidak ada pada kompetitornya namun sudah tersedia di Eclipse Cross adalah dual electric sunroof. Jadi bukan cuma penumpang depan, tapi juga penumpang belakang disediakan atap kaca.

4. Mesin Turbo Pakai Paddle Shift

Mitsubishi Eclipse Cross interior

Hadirkan kenikmatan berkendara

Untuk urusan mesin, Mitsubishi membekali Eclipse Cross dengan mesin MIVEC 1.500 tapi sudah ditambahkan turbo. Mesin tersebut sanggup menghasilakn tenaga 150 PS pada 5.500 rpm dengan torsi 250 Nm di 2.000-3.500 rpm. Mesin ini bahkan lebih bertenaga daripada HR-V Prestige yang bermesin 1.800 cc atau CX-3 yang mengandalkan mesin SKYACTIVE-G 2.000 cc.

Selain lebih powerfull, kenikmatan berkendara dari Eclipse Cross juga ditunjang sistem transmisi CVT 8 percepatan dengan pilihan mode Sport atau Manual. Kalau mau sensasi ala mobil spror, bsia juga gunakan fitur Paddle Shift yang ada di belakang kemudi untuk menaikkan atau menurunkan posisi transmisi secara manual.

>>> Review Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition 2020: Xpander 'Bersuara' Amerika

5. Harga Lebih Murah dari Corolla Cross Hybrid

Mitsubishi Eclipse Cross harga

Harga mulai Rp 488 jutaan

Nah terakhir untuk harganya, Mitsubishi Eclipse Cross dibanderol mulai dari Rp 488.750.000 hingga Rp 493.750.000. Harga ini memang cukup tinggi jika dibandingkan banderol HR-V yang ditawarkan pada rentang Rp 287.2 juta - Rp 429 juta. Sementara Mazda mematok harga CX-3 antara Rp 400 juta - Rp 464,4 juta. Sementara harga Toyota Corolla Cross Rp 463.510.000, namun yang varian hybrid Rp 513.480.000.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top