5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Harga Mobil Bekas Turun Drastis

22/07/2019

Jual beli

4 menit

Saat akan menjual mobil Anda, tentunya Anda tidak ingin harga mobil bekas turun drastis dibanding saat Anda membelinya. Karena itu perhatikan beberapa tips berikut ini.

Ketika Anda sudah bosan dengan mobil lama, tentunya keinginan membeli mobil yang baru akan muncul. Nah, mobil lama pun berniat untuk dijual. Namun masalahnya, terkadang harga mobil bekas yang Anda gunakan turun drastis dibanding saat Anda dulu membelinya.

>>> 5 Kesalahan Umum Saat Membeli Mobil Bekas

Memang sih, seiring berjalannya waktu, pasti ada depresiasi harga untuk mobil bekas. Tetapi, jika harga mobil bekas turun terlampau jauh, pastinya itu sedikit menyakitkan hati Anda. Padahal jika dirunut ke belakang, kebiasaan Anda juga yang membuat harga jual kembali mobil Anda drop.

Berikut lima kebiasaan buruk yang membuat harga mobil bekas turun drastis:

1. Mesin

mesin mobil

Pastikan kondisi mesin prima saat akan dijual

Setiap pembeli mobil tentunya menginginkan kendaraan yang memiliki kondisi mesin terawat. Meskipun usia pakai mobil tersebut sudah lebih dari 10 tahun, namun kalau mesinnya masih sangat terawat, maka ada banyak calon pembeli yang ingin meminangnya. Karena itulah, jaga selalu kondisi mesin mobil Anda.

>>> Promo mobil baru terbaik ada disini

2. Bodi

bodi mobil karat

Cat yang kusam dan bodi keropos akan ditinggalkan pembeli

Jika mobil Anda bagian eksteriornya memiliki cat yang sudah kusam, bahkan pada beberapa sisinya sudah terlihat keropos, maka jangan pernah berharap akan memiliki harga jual yang tinggi. Kondisi cat dan bodi yang prima, apalagi kalau diperhatikan originalitasnya, maka akan ikut mendongkrak harga jual dari mobil tersebut.

>>> Tips jual beli mobil paling lengkap hanya ada di sini

3. Nyaman

interior mobil Mazda

Mobil yang masih nyaman dikendarai ikut meningkatkan harga jual

Saat akan menjual kembali mobil Anda, pastikan mobil dalam keadaan nyaman untuk dikendarai. Misalnya tidak ada sampah dan kotoran di kabin, kinerja suspensi masih maksimal, dan tidak terdengar bunyi-bunyi aneh yang mengganggu ketika mobil dikendarai. Maka sudah tentu harga mobil bekas tersebut akan cenderung tinggi.

>>> Cari mobil bekas berkualitas disini

4. Aksesori

aksesori di interior mobil

Copot semua aksesori berlebihan saat mobil ingin dijual

Kalau tidak menginginkan harga mobil bekas turun signifikan, sebaiknya bongkar semua aksesori berlebihan yang terpasang pada mobil dan kembalikan kondisi mobil seperti sediakala. Karena belum tentu calon pembeli menyukai aksesori yang Anda pasang tersebut.

5. Surat-surat

BPKB

Surat-surat harus lengkap dan pajak rutin di bayar

Terakhir, pastikan juga kelengkapan sura-surat kendaraan Anda lengkap, baik BPKB maupun STNK. Pastikan juga Anda taat membayar pajak kendaraan tersebut jika tidak ingin harga mobil bekas turun drastis.

>>> Tips & trik menarik lain baca disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top