5 Kategori Pilihan Mobil MPV Paling Nyaman untuk Keluarga Anda

09/03/2020

Jual beli

3 menit

Share this post:
5 Kategori Pilihan Mobil MPV Paling Nyaman untuk Keluarga Anda
Masih bingung memilih mobil MPV paling nyaman untuk keluarga? Berikut beberapa kategori yang bisa Anda pertimbangkan untuk memilih kendaraan terbaik bagi teman perjalanan Anda.

MPV atau Multi Purpose Vehicle masih menjadi kendaraan yang banyak dicari di Indonesia. MPV biasanya memiliki harga jual kembali yang tinggi, mengingat mobil jenis ini dapat dijual kembali karena permintaan yang besar. Bagi Anda yang ingin membeli mobil untuk keluarga, berikut 5 kategori memilih mobil MPV paling nyaman yang bisa Anda dapatkan.

1. Konfigurasi tempat duduk dan kabin lapang

Masyarakat Indonesia memilih MPV karena ruang kabin yang lapang serta mampu menampung hingga 7 (atau beberapa mobil 8 penumpang) dengan nyaman. Cukup besar untuk membawa satu keluarga besar. Terkadang, kursi baris ketiga cukup sempit untuk penumpang dewasa. Karena pada dasarnya bangku di belakang diperuntukkan bagi anak-anak.

konfigurasi kursi Mitsubishi Xpander berwarna hitam 
Mitsubishi Xpander memiliki pengaturan konfigurasi tempat duduk yang fleksibel

Jika Anda ingin memilih mobil MPV paling nyaman, lebih baik memilih MPV berukuran besar sehingga memiliki ruang yang luas. Beberapa MPV memiliki konfigurasi tempat duduk yang bisa diatur sedemikian rupa untuk memudahkan Anda ketika bersama penumpang maupun membawa barang yang besar.

>>> 5 Pilihan Mobil Bekas DP Murah Jabodetabek di Cintamobil.com

2. Kapasitas mesin dan efisiensi bahan bakar

Ada berbagai kapasitas mesin yang digunakan pada mobil MPV. Mulai dari 1.000 cc, 1.200 cc, 1.300 cc, dan seterusnya. Semakin besar mesin, semakin besar daya yang dihasilkan. Mesin serta torsi yang lebih besar tentu saja akan memberikan kemudahan jika Anda ingin membawa lebih banyak penumpang maupun barang bawaan di belakang.

mesin Mitsubishi Xpander 2020 berwarna hitam 
Kapasitas mesin yang besar diperlukan ketika membawa penumpang yang banyak

Selain itu, performa mesin dan efisiensi bahan bakar juga menjadi bahan pertimbangan. Pastikan mobil memiliki akselerasi yang baik selama perpindahan transmisi. Pemilihan transmisi, manual atau otomatis, juga berpengaruh terhadap kenyamanan. Untuk Anda yang sering berkendara di jalanan perkotaan yang dipenuhi kemacetan, transmisi otomatis sangat disarankan.

>>> Review Mitsubishi Xpander 2020: Ubahan Minimalis Demi Tambah Daya Saing

3. Bagasi yang luas

Masyarakat Indonesia seringkali beranggapan bahwa mobil MPV terbaik untuk keluarga memiliki ruang bagasi yang luas untuk menyimpan barang-barang bawaan. Bahkan kapasitas bagasi MPV lebih besar dibandingkan kendaraan model SUV. Desainer dan produsen mobil pun menyadari bahwa MPV yang sukses bukan hanya sekadar tampilan, tetapi juga kepraktisan dan bagasi yang luas.

bagasi Nissan Grand Livina 2019 berwarna hitam 
Nissan Grand Livina bisa menjadi pilihan MPV dengan bagasi yang luas

Beberapa pabrikan menawarkan ruang yang lapang pada kabin, tetapi harus mengorbankan kapasitas bagasi yang lebih kecil. Bagi Anda yang ingin mencari kapasitas bagasi yang luas, terlebih dengan kursi baris belakang yang bisa dilipat untuk tambahan ruang penyimpanan, beberapa MPV yang bisa Anda pilih seperti Mitsubishi Xpander maupun Nissan Grand Livina.

>>> Review Dan Test Drive All New Nissan Livina VE 2019, Lebih Murah Rp 12 Juta Bakal Dapat Apa?

4. Fitur keselamatan

MPV memang mendapatkan dimensi yang cukup besar serta memiliki kapasitas mengangkut lebih dari lima penumpang. Karena itu, diperlukan berbagai fitur keselamatan demi menjaga Anda dan penumpang ketika berkendara. Airbag dan seatbelt pada penumpang merupakan fitur keselamatan yang harus ada pada kendaraan untuk menjaga Anda ketika terjadi benturan atau kecelakaan.

ilustrasi fitur keselamatan ABS berwarna hitam  
Fitur keselamatan bisa dibilang sebagai salah satu kategori mobil MPV paling nyaman

Beberapa fitur keselamatan yang diperlukan saat ini seperti sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) ditambah dengan Electronic Brake Distribution (EBD). Ketiganya merupakan perpaduan yang pas untuk membantu Anda ketika berkendara di jalanan yang basah. Mengingat Indonesia berada di daerah tropis dengan intensitas hujan yang cukup tinggi.

>>> Cintamobil TV: 10 Pilihan Mobil Bekas Seharga Rp50 - Rp100 Jutaan di Tahun 2020

5. Perbandingan harga

Meskipun tak termasuk dalam bagian kenyamanan selama berkendara, namun harga yang dikeluarkan dalam membeli dan merawat kendaraan masih menjadi salah satu kategori memilih kendaraan. Lakukan perbandingan harga dan spesifikasi untuk mendapatkan mobil MPV terbaik untuk keluarga Anda. Harga jual kembali juga perlu dipertimbangkan, meskipun tak selalu menjadi patokan.

tampilan terbaru Toyota Avanza 2019 berwarna hitam 
Dibandingkan merek lain, MPV Toyota dikenal memiliki harga jual kembali yang stabil

>>> Simaklah tips dan trik jual mobil di sini

Selain itu, hitung pula biaya perawatan kendaraan. Bandingkan biaya perawatan mobil yang Anda inginkan dengan model lainnya. Beberapa mobil memiliki harga beli yang terbilang murah, tetapi biaya perawatan yang lumayan tinggi. Jangan lupakan layanan purna jual yang memberikan garansi, layanan kendaraan, serta kemudahan mendapatkan suku cadang asli.

Memang tak banyak model yang mampu menghadirkan semua kemewahan dan kepraktisan MPV, namun dengan harga yang terjangkau. Tetapi bagi Anda yang ingin memilih mobil MPV paling nyaman untuk keluarga Anda, beberapa kategori di atas bisa menjadi bahan pertimbangan. Butuh pilihan MPV baru maupun bekas? Dapatkan berbagai pilihan menarik hanya di daftar mobil dijual Cintamobil.com.

>>> Dapatkan berbagai tips dan trik menarik lainnya hanya di sini

Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Cintamobil TV: Pilihan Mobil Bekas di Bawah Rp50 Juta Terbaik di Cintamobil.com

01/02/2020

Jual beli

3 menit

Umur tak masalah, apalagi jika Anda mencari mobil lawas. Untuk pembaca sekalian, Cintamobil TV memberikan pilihan mobil bekas di bawah Rp50 juta terbaik.

Lihat juga

Inilah 5 Cara Mudah Menjual Mobil Bekas Banjir

07/01/2020

Jual beli

5 menit

Menjual mobil bekas banjir memang tricky, disisi lain Anda tak ingin rugi banyak, tapi harga sudah pasti turun, Inilah 5 cara mudah menjual mobil bekas banjir

Lihat juga

Takut Membeli Mobil Bekas Banjir? Sekarang Waktunya Beli!

09/01/2020

Jual beli

5 menit

Jika Anda takut tertipu membeli mobil bekas banjir, maka beberapa pedagang mobil bekas memberikan tipsnya. Yaitu sebaiknya beli sekarang jangan menunggu bulan depan, karena saat ini mobil-mobil bekas banjir belum banyak beredar di bursa mobil bekas.

Lihat juga

7 Beda SUV dan MPV, Mulai dari Sejarah Hingga Profil Ban

03/03/2020

Jual beli

3 menit

Masih bingung akan membeli SUV atau MPV? Bagi Anda yang masih penasaran dengan beda SUV dan MPV, berikut Cintamobil.com menjelaskan beberapa perbedaan untuk memudahkan Anda memilih mobil pilihan Anda.

Lihat juga

Ingin Beli Mobil Bekas Honda Rp250 Juta, Pilih MPV atau SUV?

26/02/2020

Jual beli

5 menit

Berikut ini kami rekomendasikan mobil bekas Honda Rp250 juta untuk jenis MPV dan SUV. Hal tersebut akan berguna jika Anda sedang mempertimbangkan membeli mobil keluarga.

Lihat juga