5 Hal yang Harus Diingat Ketika Memilih Mobil Bekas

17/01/2018

Jual beli
Share this post:
5 Hal yang Harus Diingat Ketika Memilih Mobil Bekas
Membeli mobil bisa menjadi salah satu investasi yang menguntungkan, tetapi jika anda salah memilih, bisa jadi anda hanya membuang uang untuk perbaikan. Memilih mobil bekas bisa menjadi beresiko dan anda belum tentu bisa langsung mendapatkan mobil yang anda cari. Begini tipsnya!

Mempersiapkan diri dan pengetahuan sebelum membeli mobil bekas bisa menjadi bekal anda untuk mendapatkan penawaran yang menarik. Karena itu, Cintamobil memberikan tips pintar untuk memilih mobil bekas. Beberapa diantaranya yaitu:

1. Dapatkan pengetahuan tentang mobil bekas

Jangan pernah pergi membeli mobil bekas tanpa melihat atau menganalisa terlebih dahulu mobil yang akan anda beli. Setidaknya, jika anda ingin membeli mobil bekas, anda harus mempelajari jenis mobil yang akan dibeli atau berapa harga pasaran mobil tersebut. Jika anda tidak mengetahui harga pasaran, besar kemungkinan anda bisa membeli mobil bekas dengan harga yang lebih mahal dari semestinya.

seorang pria berkacamata yang sedang melihat komputer dengan halaman awal google berada pada layar monitor

Bekali diri anda dengan pengetahuan tentang mobil bekas

Saat ini, banyak situs atau aplikasi untuk membeli mobil bekas yang ada pada media online di Indonesia. Salah satunya Cintamobil dimana anda bisa membeli mobil bekas serta mendapatkan pengetahuan tentang beragam mobil bekas yang ada di Indonesia.

2. Memperhitungkan budget

Mobil bekas hadir dengan beragam harga dan spesifikasi yang menarik perhatian. Jadi, jika anda tidak bisa memastikan atau memperhitungkan dana yang anda punya, anda bisa kebingungan memilih mobil yang akan dibeli. Selain itu, anda bisa menegosiasikan harga dengan dealer jika anda merasa mobil yang dijual melebihi harga pasaran yang anda ketahui.

Mobil berwarna perak yang sedang dijual dalam sebuah dealer dan memliki kertas pada bagian jendela depan

Perkirakan dana yang anda punya untuk membeli mobil bekas

Jika anda tidak berencana membeli mobil dengan uang tunai, pertimbangkan pembelian di luar dealer. Anda bisa mendapatkan harga penawaran dari berbagai tempat dan bicarakan tentang pinjaman potensial tentang jenis mobil dan kisaran harga yang ingin anda dapatkan.

>>> Baca juga Kelebihan dan kekurangan Honda Accord 2008

3. Melakukan inspeksi pada kendaraan

Sebelum anda melakukan uji coba kendaraan, anda sebaiknya memperhatikan dan melihat mobil yang ingin anda beli. Jika anda memang mempunyai pengetahuan tentang mobil, anda bisa memeriksa sendiri mobil yang ingin anda coba. Jika tidak, anda bisa mengajak teman yang mengetahui tentang mobil untuk membantu anda memilih.

Seorang pria yang sedang melihat mobil berwarna biru untuk membeli mobil bekas

Periksa kembali komponen kendaraan sebelum membeli

Ada beberapa dasar komponen yang harus anda periksa, yaitu periksa bagian eksterior dan bagian mesin. Perhatikan untuk setiap karat yang anda temui, adanya bagian yang bengkok atau penyok. Serta lihat bagian mesin serta interior mobil. Pastikan tidak ada cacat atau kerusakan berarti yang bisa membuat anda mengeluarkan uang lebih untuk memperbaikinya.

>>> Baca juga tips dan trik jual beli lainnya disini

4. Lakukan test drive

Hal ini mungkin bagian terpenting dari membeli mobil bekas. Melihat dan merasakan merupakan salah satu hal yang berbeda. Anda bisa memeriksa interior mobil dengan melihat, tapi hanya dengan melakukan test drive anda bisa merasakan bagaimana mobil benar-benar melaju.

Seorang pria berkemeja coklat yang sedang memegang setir dan mengemudi di jalanan

Uji coba kendaraan merupakan aspek penting dalam membeli mobil bekas

Cobalah menguji mobil dalam berbagai situasi, termasuk di jalan raya yang padat dengan kendaraan dan naik turun bukit untuk merasakan tarikan dan rem yang dipunyai oleh mobil tersebut. Jika anda menemukan hal yang tidak beres atau belum merasakan kenyamanan yang anda inginkan, anda bisa mengubah pilihan anda pada mobil lain.

5. Jangan takut untuk pergi

Terkadang, ada saatnya anda tidak mendapatkan mobil yang ada cari pada dealer yang anda temui. Misalnya, tidak ada kesepakatan harga atau adanya kecacatan pada mobil yang anda inginkan. Karena itu, tidak ada salahnya anda pergi mencari dealer lain, jangan terfokus pada satu dealer saja.

Gambar yang memperlihatkan puluhan mobil yang sedang terparkir pada sebuah parkiran yang besar

Dealer tidak hanya satu, masih banyak mobil lainnya diluar sana

Jika anda tidak ingin berpergian jauh-jauh untuk mencari mobil yang belum pasti, anda bisa melihat pada situs jual-beli yang menawarkan beragam mobil yang bisa anda pilih. Tapi, tentu saja anda hanya bisa melihat jenisnya pada situs tersebut. Untuk memilih mobil bekas, menginspeksi dan uji coba bisa anda lakukan dengan cara manual dan melihat langsung mobil yang anda pilih.

>>> Baca juga tips dan trik mobil lainnya disini

Share this post: