5 Hal Paling Penting untuk Memilih Mobil 7-Seater Terbaik

31/03/2020

Jual beli

4 menit

5 Hal Paling Penting untuk Memilih Mobil 7-Seater Terbaik
Keamanan dan kenyamanan menjadi faktor penting dalam memilih mobil. Dan bagi Anda yang ingin mendapatkan mobil 7-seater terbaik, berikut beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan.

SUV maupun MPV dengan pengaturan kursi 3 baris untuk 7 penumpang tetap menjadi primadona di Indonesia saat ini, Mobil 7-seater ini sering digunakan untuk berkendara bersama keluarga. Bagi Anda yang ingin memilih mobil 7-seater terbaik untuk keluarga dan pengendaraan sehari-hari, berikut beberapa tips dari Cintamobil.com yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Akses Masuk

Banyak yang tak menyadari bahwa akses masuk menjadi poin penting untuk kenyamanan. Walaupun dilengkapi dengan tiga baris kursi, tetapi akan menjadi menyebalkan ketika Anda harus mengerahkan banyak tenaga hanya untuk masuk ke baris ketiga.

kursi Mazda CX-9 berwarna beige
Sistem geser lebih mudah, tetapi memiliki akses yang tak terlalu lapang

Ada dua mekanisme umum untuk mendapatkan akses ke baris ketiga. Yang pertama adalah sistem geser, seperti yang ditemukan pada SUV premium MAZDA CX-9. Kursi baris kedua bisa dilipat ke dalam hanya dalam satu gerakan dan Anda bisa menggesernya ke depan untuk mendapatkan akses masuk ke baris ketiga.

Selanjutnya ada akses dengan mekanisme flip and fold seperti yang ditemukan pada Honda CR-V dan Mitsubishi Pajero Sport. Metode ini memang memberikan akses yang jauh lebih luas. Tetapi kekurangannya terdapat pada pengaplikasiannya yang lebih berat dan membutuhkan sedikit tenaga.

>>> Review All New Mazda CX-9 2019: SUV Premium dengan fitur Lengkap

2. Ruang dan kenyamanan

Salah satu faktor penting untuk memilih mobil 7-seater terbaik: dimensi ruang yang ditawarkan pada kabin. Ruang kabin yang lapang akan memberikan kenyamanan bagi penumpang. Tak hanya ruang kaki, tapi perhatikan pula posisi kepala agar tak terlalu dekat dengan langit-langit. Hanya ada satu cara untuk mengujinya, yaitu dengan mencoba duduk di baris kedua dan ketiga.

kursi Toyota Avanza berwarna beige 
Ruang kaki dan ruang kepala perlu diperhatikan untuk kenyamanan di jalan

Yang paling buruk, baris ketiga tersedia dengan visibilitas dan kenyamanan yang buruk. Sejatinya kursi baris ketiga diperuntukkan bagi anak-anak. Maka tak jarang Anda akan mendapatkan kursi dengan ruang kaki dan ruang kepala yang sempit untuk penumpang dewasa. Namun perhatikan bagaimana rang yang diberikan pada penumpang dewasa. Pastikan posisi lutut tak ditekuk terlalu tinggi karena akan mengurangi kenyamanan ketika berkendara jarak jauh.

>>> Ingin membeli mobil baru maupun bekas dari Toyota? Dapatkan daftarnya di sini

3. Fitur

Baris ketiga merupakan pembeda antara mobil 5-seater dengan 7-seater. Pengguna 7-seater tentu memilih mobil jenis ini karena mampu menampung banyak penumpang namun dengan dimensi yang tak terlalu besar layaknya MPV besar. Karena itu, perhatikan kenyamanan yang ditawarkan oleh pabrikan pada baris ketiga, mulai dari fitur keselamatan hingga fitur lainnya.

kursi baris ketiga berwarna hitam
Fitur sangat menentukan pilihan mobil 7-seater terbaik

Untuk fitur keselamatan, perhatikan keberadaan headrest dan sabuk pengaman pada kursi baris ketiga. Tak hanya berguna sebagai pemberi kenyamanan ketika berkendara, ketiadaan headrest akan membahayakan ketika Anda mengalami benturan atau kecelakaan. Fitur lainnya yang perlu dipertimbangkan seperti cupholder atau AC.

>>> 5 Mobil SUV Dengan 7 Seater Yang Cocok Untuk Keluarga Indonesia

4. Fleksibilitas

Sebagian pengemudi memilih 7-seater karena menawarkan ruang kargo dengan dimensi yang lebih besar. Anda juga bisa melihpat kursi baris ketiga untuk mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih besar. Karena itu, fleksibilitas baris ketiga dan kedua memiliki peranan penting. Komposisi terbaik yang bisa Anda dapatkan adalah konfigurasi 40:20:40 untuk baris kedua dikombinasikan dengan 50:50 pada baris ketiga.

ruang bagasi berwarna hitam dengan kursi ditidurkan 
Anda bisa merebahkan kursi rata lantai untuk ruang bagasi lebih lega

Idealnya ruang bagasi belakang bisa dibuat lebih lapang dengan ‘menidurkan’ kursi baris ketiga (dan bahkan baris kedua) rata lantai. Sehingga akan memudahkan Anda ketika akan membawa barang bawaaan yang lebih banyak di belakang. Tambahan lainnya termasuk preferensi pengemudi, yaitu menentukan kursi dengan pengaturan elektrik maupun manual.

>>> Berikut Kelebihan Ford Everest sebagai pilihan SUV Bongsor 7 Penumpang

5. Keselamatan

Faktor terakhir yang penting dipertimbangkan adalah siste keselamatan yang ditawarkan. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan termasuk teknologi banruan mengemudi, seperti fitur Hill Start Assist atau Cruise Control hingga sistem pengereman ABS maupun EBD. Perhatikan juga sistem keselamatan standar, seperti sabuk pengaman dan kantung udara atau airbag.

uji tabrakan Ford Escape berwarna biru 
Uji tabrakan akan menunjukkan peringkat keselamatan pada mobil

>>> Simaklah tips dan trik jual beli mobil lainnya dari ahli otomotif di Indonesia dengan klik sini

Selain itu, beberapa pabrikan juga telah melakukan uji tabrakan dengan standar NCAP. Standar ini akan memberitahu seberapa besar efek yang terjadi pada penumpang ketika terjadi kecelakaan dan tabrakan. Terlepas dari harga yang diberikan, Anda bisa memilih mobil SUV maupun MPV yang sudah mendapatkan peringkat bintang lima dari uji tabrakan. NCAP.

Memilih mobil untuk keluarga memang tak bisa sembarangan. Terlebih jika Anda memiliki keluarga besar atau sering berpergian bersama keluarga. Pertimbangan untuk membeli mobil 7-seater terbaik sekali lagi bergantung pada kebutuhan serta kondisi berkendara Anda. Namun jangan lupa untuk tetap memperhatikan budget yang tersedia.

>>> Baca tips Cintamobil.com lainnya hanya ada di sini!

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top