5 Faktor Penting ketika Menghitung Simulasi Kredit Mobil

10/09/2020

Jual beli

2 menit

Share this post:
5 Faktor Penting ketika Menghitung Simulasi Kredit Mobil
Bagi Anda yang ingin memiliki mobil secara kredit, perhatikan 5 faktor penting yang mempengaruhi sebagian besar perhitungan simulasi kredit mobil di Indonesia.

Tak semua orang memiliki kesempatan untuk membayar mobil langsung secara tunai. Sebagian besar masih menggunakan cara kredit untuk bisa mendapatkan mobil yang diidam-idamkan. Nah, bagi Anda yang ingin memiliki mobil secara kredit, berikut beberapa faktor penting yang perlu dipertimbangkan ketika menghitung simulasi kredit mobil.

1. Harga mobil

berbagai pilihan mobil bekas dengan berbagai warna
Pasikan untuk mencari mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan budget

Yang paling penting untuk diperhatikan adalah berapa iaya mobl yang Anda inginkan. Biaya yang dimaksud merupakan total biaya yang nantinya akan dipinjam kepada bank yang bersangkutan. Tentu saja degan perhitungan dasar, mobil dengan harga yang lebih tinggi akan menghasilkan biaya cicilan mobil yang lebih mahal pula.

>>> Pertimbangkan Kredit, Ini Sederet Kerugian Beli Mobil Secara Cash

2. Uang muka

Beberapa bank maupun penyedia layanan kredit menerapkan uang muka minimal 25% dari total harga mobil. Namun beberapa penyedia jasa peminjaman mengharuskan uang muka mulai dari 30%. Harga total mobil akan dikurangi uang muka. Total itulah yang akan dibagi per bulan. selalu ingat, semakin besar uang muka, maka akan semakin ringan pula cicilan per bulan Anda.

>>> Mobil baru dan bekas terbaik ada di sini

3. Suku bunga kredit mobil

suku bunga kredit mobil dalam beberapa tahun
Suku bunga seringkali berbeda tiap penyedia layanan kredit

Komponen paling krusial dalam menentukan biaya dan simulasi kredit mobil adalah suku bunga yang diberikan. Sebagian menawarkan suku bunga flat yang tidak akan berubah dari tahun ke tahun, namun yang lainnya memberikan suku bunga yang semakin tinggi per tahun. Untuk suku bunga flat, biasanya menggunakan angka 4,8% per tahun.

>>> Begini Cara Biar Asuransi Mobil Over Kredit Tak Hangus

4. Jangka waktu (tenor)

Jangka waktu atau tenor merupakan hasil kesepakatan antara penyedia layanan kredit dengan peminjam. Tenor bisa dibagi menjadi bilangan per tahun, misalnya 1 tahun, 2 tahun, hingga 5 tahun. Bahkan ada beberapa penyedia layanan kredit memberikan tenor maksimal 10 tahun. Semakin lama tenor, maka uang yang perlu dibayarkan per bulan akan semakin kecil. Namun hal ini berpengaruh pada suku bunga yang biasanya semakin besar.

>>> Kredit Mobil Paling Murah di Bank Mana? Ini Tips Mencarinya

5. Biaya lain-lain

ilustrasi biaya simulasi kredit mobil dengan mobil mainan dan uang koin
Perhitungkan pula biaya lain yang perlu dikeluarkan

Jangan terkecoh dengan biaya dari tenor maupun suku bunga ketika melakukan kredit mobil. Perhatikan biaya tambahan yang bisa saja menyertai Anda selama membayar kredit mobil. Diantaranya termasuk biaya administrasi, provisi, asuransi, maupun polis asuransi tambahan. Pastikan untuk memastikan biaya tambahan yang akan Anda bayarkan ketika melakukan kredit mobil.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Sudah Tidak Sanggup Bayar Kredit Mobil? Ini Solusinya

21/08/2020

Jual beli

5 menit

Ketika keuangan keluarga semakin menipis sehingga Anda sudah tidak sanggup bayar kredit mobil, maka ada beberapa solusi yang bisa dilakukan. Ini caranya.

Lihat juga

Kredit Mobil Paling Murah di Bank Mana? Ini Tips Mencarinya

24/04/2020

Jual beli

3 menit

Kesulitan mencari kredit mobil paling murah di bank mana? Berikut tips dari Cintamobil.com yang akan membantu Anda memilih penyedia kredit terbaik untuk Anda.

Lihat juga

Duh! Kredit Mobil saat Corona Bakal Kena DP Tinggi

09/04/2020

Pasar mobil

5 menit

Beli mobil kredit saat ramai pandemi Corona saat ini akan dikenakan Down Payment (DP) yang tinggi oleh perusahaan multifinance, ternyata ini alasannya

Lihat juga

Kredit Mobil Bisa Dilonggarkan Sesuai Imbauan Jokowi, tapi Ada Syaratnya

27/03/2020

Pasar mobil

4 menit

Tak semua kredit mobil dan motor bisa ditangguhkan, meski Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan imbauan kepada lembaga pembiayaan untuk memberi kelonggaran.

Lihat juga

Ingin Mencari Kredit Mobil Bekas Murah di Bandung, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

26/10/2019

Jual beli

3 menit

Ingin memiliki mobil tetapi masih belum bisa membayar lunas? Anda bisa menggunakan kredit. Ingin mobil yang murah? Anda bisa memilih mobil bekas. Nah, jika Anda ingin mencari kredit mobil bekas murah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Lihat juga