5 Cara Cepat Mengetahui Kondisi Mesin Mobil Bekas

06/03/2019

Jual beli

4 menit

Share this post:
5 Cara Cepat Mengetahui Kondisi Mesin Mobil Bekas
Membeli mobil bekas memang agak tricky, ada trik khusus untuk mengetahui kondisinya. Berikut ini kami sajikan 3 cara cepat mengetahui kondisi mesin mobil bekas yang tidak lazim dilakukan orang. Namun, cara ini cukup ampuh untuk mengetahui kondisi mesin mobil bekas incaran Anda.

Beli mobil bekas memang merupakan suatu pengalaman tersendiri. Baik atau buruknya kondisi mobil bekas incaran Anda, sangat tergantung dari kejelian Anda memeriksa mobil bekas tersebut. Kami pernah membahas suatu masalah, jika dana Anda terbatas maka sebaiknya mana yang harus menjadi prioritas? Apakah mesin sehat terlebih dahulu, atau bodi dalam kondisi bagus yang harus diutamakan? Kini kami akan membeberkan artikel lanjutannya, yaitu cara cepat mengetahui kondisi mesin mobil bekas. 5 cara yang kami sajikan ini ada beberapa yang unik dan bagi sebagian orang mungkin tidak lazim alias aneh, namun trik ini cukup ampuh untuk segera mengetahui kondisi mesin mobil bekas.

1. Deteksi Aroma & Asap Knalpot

Tampak Knalpot mobil

Kondisi mesin mobil bekas dapat diketahui dari knalpotnya

Inilah hal pertama yang termasuk dalam 5 cara cepat mengetahui kondisi mesin mobil bekas yang mungkin bagi sebagian orang aneh untuk dilakukan. Namun, meski demikian cara ini ampuh untuk mengetahui kondisi mesin mobil bekas incaran Anda. Perlu Anda tahu, pembakaran yang normal itu aroma knalpotnya tidak menyengat dan tidak membuat mata perih. Itu juga menandakan campuran udara dengan bahan bakar sempurna (untuk mobil normalnya AFR atau Air Fuel Ratio dipatok di angka 14,7 :1). Juga pastikan tidak ada asap hitam atau asap putih keluar dari ujung knalpot.

>>> Ini pendapat kami mengenai All New Nissan Livina, LMPV kekinian yang jadi buah bibir

2. Buka Tutup Radiator

Tampak tutup radiator mesin mobil

Buka tutup radiator harus hati-hati ya, jangan dibuka saat mesin panas!

Hal kedua yang termasuk dalam 5 cara cepat mengetahui kondisi mesin mobil bekas incaran Anda adalah dengan membuka tutup radiatornya. Oh ya, pastikan jika Anda ingin melakukan hal ini kondisi mesin tidak terlalu panas, karena trik ini berpotensi untuk mencederai Anda akibat semburan air radiator yang terpompa keluar ketika mesin dalam kondisi panas. Ketika tutup air radiator sudah dibuka pastikan airnya terisi radiator coolant, tidak berbuih ataupun keruh, jika keruh kemungkinan besar radiatornya sudah minta diservis atau bisa jadi ada korosi didalam saluran radiator.

>>> Temukan mobil bekas idaman Anda disini, banyak pilihan dan harganya menarik

3. Lihat Sambungan Blok Mesin Dengan Cylinder Head

Tampak Sambungan Blok Mesin 1200 cc Wuling Formo

Cek sambungan blok mesin, dengan cylinder head. Pastikan tidak ada rembesan oli

Kebocoran oli atau istilahnya oli rembes memang umumnya terjadi pada mesin mobil bekas. Apalagi di mobil bekas yang usianya sudah menginjak 10 tahun. Anda dapat memperhatikan kondisi mesin melalui visual. Intinya, mesin harus kering terlebih dahulu. Makna dari mesin kering adalah tidak ada rembesan oli pada sambungan cylincer head, hingga bagian blok mesin. Paling gampang Anda dapat memperhatikan sambungan antara cylinder block dengan cylinder head. Jika mobil incaran Anda bocor sedikit sebenarnya sih tidak apa, karena biaya perbaikan untuk mengganti packing ini berkisar antara Rp 800 ribu hingga Rp 1 jutaan.

4. Cek Oli

Dipstick oli Honda CR-V 2.0

Cek oli mesin dan pastikan tidak tercampur dengan air radiator

Hal keempat yang termasuk dalam 5 cara cepat mengetahui kondisi mesin mobil bekas adalah dengan mengecek oli mobil bekas incaran Anda. Ingat, oli mesin mobil ibarat 'darah'-nya mesin yang tidak boleh sampai lalai diganti. Apalagi dengan kondisi jalan yang macet sekali saat ini utamanya dikota besar. Dalam mngecek oli mesin pastikan oli tidak berwarna putih susu, jika berwarna putih susu atau coklat dipastikan ada kebocoran didalam mesin mobil yang menyebabkan air radiator tercampur oli. Jika menemukan hal seperti ini, saran kami segera tinggalkan mobil bekas ini.

5. Periksa Riwayat Servis

Tampak Checklist servis mobil Honda

Pastikan riwayat servis record lengkap dan ada bukti perawatan servisnya

Yang terakhir dalam 5 cara cepat mengetahui kondisi mesin mobil bekas adalah dengan memeriksa riwayat servis mobil bekas incaran Anda. Riwayat servis adalah suatu bukti bahwa mobil bekas yang Anda incar dirawat dengan baik oleh pemilik sebelumnya. Jangan sungkan untuk meminta bon-bon bukti pembayaran servis oleh pemiliki mobil sebelumnya. Jika Anda tidak yakin, Anda bisa meminta untuk melakukan test drive terlebih dahulu. Ingat, riwayat servis sebenarnya jauh lebih menentukan harga jual mobil bekas bila dibandingkan dengan bahasa iklan "ban serep tidak pernah turun" atau "kilometer rendah". 

>>> Baca juga tips dan trik mobil lainnya disini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top