4 Pertimbangan Penting Sebelum Memilih Mobil yang Cocok untuk Wanita

17/02/2021

Jual beli

4 menit

Memilih mobil yang cocok untuk wanita tak bisa asal-asalan. Setidaknya ada sederet hal patut jadi bahan pertimbangan agar tak menyesal di kemudian hari.

Memilih mobil memang tak bisa asal-asalan. Sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki. Terlebih kalau bicara memilih mobil untuk wanita. 

Wanita terkadang memiliki kecenderungan sebagai emotional buyer, yaitu membeli tanpa alasan logis. Tak heran usai membeli suka dihantui rasa penyesalan. Itu seringkali terjadi terutama saat membeli barang-barang kecil seperti tas, sepatu, baju, maupun alat kosmetik. Tentunya itu bukan masalah besar. Tapi bagaimana kalau yang dibeli itu mobil terlebih kalau sudah merogoh kocek dalam-dalam?

Maka dari itu ada baiknya untuk memahami yang Anda butuhkan. Berikut ini sederet hal yang patut dipertimbangkan saat memilih mobil yang cocok untuk wanita sebagaimana dikutip dari laman Nissan Indonesia, Rabu (17/2/2021). 

>>> Wanita Harus Tahu! Begini Posisi Duduk yang Benar saat Nyetir

1. Sesuaikan Ukuran 

mobil bekas Honda Jazz RS 2014 berwarna putih

Mobil kompak seperti Jazz bisa menjadi salah satu pilihan Anda

Bagi yang tinggal di perkotaan, mobil compact bisa menjadi satu pilihan yang pas. kurannya yang tidak terlalu besar memudahkan pencarian tempat parkir dan melewati jalan alternatif yang berukuran sempit. Model ini biasanya memiliki kapasitas kecil untuk menekan konsumsi bahan bakar. Banyak perempuan memilih mobil berukuran sedang seperti ini karena terlihat praktis.

2. Cek Fitur Power Steering

Cek apakah mobil yang akan Anda beli memiliki fitur Power Steering. Bagi wanita, fitur power steering ini cukup bermanfaat. Adanya fitur ini sangat penting dalam membantu meringankan tenaga Anda saat mengendalikan kemudi.

Mana yang Lebih Jago Nyetir, Pengemudi Wanita atau Pria?

Power steering bisa membantu wanita saat berkendara

>>> Baru atau Bekas: 5 Mobil Matic Murah untuk Wanita Harga Rp100 Jutaan

3. Ruang Bagasi

Kegiatan berbelanja cukup identik dengan wanita. Belanja menjadi kebutuhan penting. Maka dari itu, Anda bisa mengecek luasnya ruang bagasi mobil apakah cukup untuk tempat penyimpanan belanjaan Anda.

Woman and man leaning out from car near lady with backpack near car trunk Free Photo

Pilih yang bagasinya luas

4. Fitur yang Memudahkan 

Pastikan mobil dibekali fitur yang dapat memudahkan Anda ketika berkendara. Salah satunya adalah tombol start/stop. Adanya tombol start/stop ini memudahkan Anda menyalakan mobil tanpa harus mengambil kunci dari tas. Ini sangat membantu setelah repot membawa banyak barang belanjaan yang menyulitkan Anda sulit mencari kunci mobil.

Selain start/stop, fitur USB Port juga tak kalah penting. Adanya USB Port dapat memudahkan Anda mengakses dan mengontrol playlist lagu melalui audio system. 

Fitur parking sensor juga bisa menjadi pertimbangan tersendiri saat Anda ingin membeli mobil yang cocok untuk wanita. Tempar parkir di Ibu Kota kebanyakan memang sempit. Dengan menggunakan parking sensor dijamin memudahkan proses parkir sekaligus mengurangi risiko menyerempet mobil sebelah.

Fitur keselamatan ABS (Anti-lock Braking System), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA) dalam mobil juga bisa menjadi pertimbangan tersendiri. Ini merupakan tiga fitur keselamatan yang akan membantu pengendaliaan  saat terjadi rem mendadak dan efektivitas pengereman.

Kehadiran Dual SRS Airbag dan Seat belt juga bisa membantu bagi pengendara wanita. Keduanya akan menjadi faktor utama dalam menjaga keselamatan pengemudi dan penumpang di bagian depan ketika terjadi kecelakaan.

>>> Dear Ladies, Jangan Asal Pakai Alas Kaki untuk Menyetir Ya!

Penulis
Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019
 
back to top