4 Kesalahan Mendasar Saat Beli Mobil

27/05/2017

Jual beli
Share this post:
4 Kesalahan Mendasar Saat Beli Mobil
Tidak mampu evaluasi anggaran dan keuangan pribadi, tidak mengabaikan perbandingan harga dan spesifikasi via internet, langsung kepincut dan terlalu percaya rayuan penjual adalah empat kesalahan mendasar saat membeli mobil.

Rencana membeli mobil baru bagi kebanyakan orang adalah sesuatu yang dinantikan. Akan tetapi kesenangan berlebihan bisa memicu kesalahan. Apa saja kesalahan itu?

staf dealer sedang memperkenalkan mobil maupun fungsinya kepada konsumen
Jangan terlalu percaya rayuan penjual

Menurut Edmunds.com, ada empat kesalahan mendasar yang sering dilakukan calon pembeli mobil dan juga bagaimana cara untuk menghindari kesalahan tersebut, yaitu:

1. Tidak mampu evaluasi anggaran dan keuangan pribadi

Sebelum menghubungi dealer, Anda harus melihat kondisi keuangan Anda dulu. Pastikan dana cukup untuk membayar uang muka berikut cicilan per bulan, asuransi, dan biaya perawatan jika Anda akan membeli mobil secara kredit. Dan jika Anda membeli secara tunai, pastikan uang setiap bulan untuk biaya bahan bakar dan perawatan. Sementara jika Anda berniat untuk melakukan tukar tambah dengan mobil lama Anda, ketahui dulu harga pasar mobil lama Anda sebelum berkunjung ke showroom mobkas.

Spesifikasi maupun harga dan perbandingan beberapa mobil di website jual beli mobil online
Perbandingan harga dan speksifikasi mobil dulu

2. Mengabaikan perbandingan harga dan spesifikasi via internet

Sekarang ini di pasar otomotif Indonesia ada beragam situs untuk transaksi jual beli mobil online. Saat mengunjungi situs jual beli mobil, Anda harus mencaritahu secara teliti pastikan mengetahui dan memahami mobil yang akan dibeli. Lebih baik itulah Anda perlu mencetak detail yang meliputi harga, spesifikasi, tahun pembuatan dan sebagainya. Tujuan dari itu adalah nanti Anda bisa membawanya ke dealer sebagai acuan.

>>> Apa Kesalahan-kesalahan populer ketika membeli mobi?
 

3. Jangan langsung kepincut

Ketika berkunjung ke sebuah showroom mobil bekas dan Anda menemui mobil impiannya, jangan langsung jatuh hati. Lebih baik Anda mengecek mobil tersebut dari semua aspek, termasuk harga dan sistem pembayaran. Setelah itu membuat janji untuk datang lagi di lain waktu. Sesudah itu Anda harus membandingkannya dengan model yang sama di showroom lain. Hal ini lebih baik bagi Anda untuk mendapatkan harga yang pantas dan kondisi yang bagus. Pasalnya, ada mobil yang secara fisik terlihat bagus, tapi kondisi mesin atau riwayat perawatannya tidak jelas.

penjual sedang menjelaskan tentang spesifikasi mobil kepada konsumen
Jangan terlalu percaya rayuan penjual 

4. Jangan terlalu percaya rayuan penjual

Kelebihan penjual adalah berbicara kata-kata manis untuk membujuk Anda membeli produknya. Jadi sebelum datang ke dealer untuk membeli mobil, Anda harus siapkan diri dengan berbagai pertimbangan dan perbandingan seperti bunga kredit dari lembaga pembiayaan, premi asuransi. Jangan langsung melakukan transaksi dengan rayuan dari tenaga penjual.
>>> Klik sini untuk membaca tulisan tentang pengalaman jual beli mobil lainnya

 

Tanyakan dengan detail kepada tenaga penjual soal cicilan dan juga premi asuransi yang mereka tawarkan. Jika mereka tidak bisa memberikan jawaban yang memuaskan, Anda bisa memilih lembaga pembiayaan dan perusahaan asuransi yang Anda sudah ketahui.

Itulah 4 kesalahan mendasar saat membeli mobil yang sering dilakukan calon pembeli mobil. Jika Anda adalah seorang konsumen yang cerdas, hindarilah 4 kesalahan di atas.
>>> Untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman, klik sini

Share this post:
 
back to top