3 Mobil Toyota Bekas yang Tidak Direkomendasikan untuk Dibeli

17/03/2021

Jual beli

5 menit

Mobil Toyota bekas berikut ini merupakan model yang cukup laris dipasaran, tapi ada beberapa tipe yang sebaiknya dihindari karena sering dikeluhkan penggunanya.

Ketika membahas mengenai mobil Toyota bekas, maka yang terlintas di benak Anda mungkin adalah mobil yang berharga terjangku, bandel, biaya perawatan murah, bengkelnya banyak, dan dijual kembali nilainya tidak jatuh.

Tapi semua produk pasti tidak ada yang sempurna, termasuk untuk produk dari Toyota sekalipun yang merupakan raksasa otomotif dunia. Sebab ternyata ada beberapa mobil Toyota yang dianggap kurang dapat diandalkan bahkan tidak direkomendasikan untuk dibeli. Setidaknya begitu penilaian dari tim Autoevolution.

Berikut 3 mobil Toyota bekas yang tidak direkomendasikan untuk dibeli :

>>> Harga Toyota Innova Bekas Tetap Tinggi, Ini Alasannya

1. Toyota Camry 2007

Toyota Camry bekas 2007

Khusus yang tipe V6 sering dijumpai banyak masalah

Camry merupakan sedan Toyota yang punya kemampuan serba cukup. Cukup mewah tapi tidak terlalu mewah, cukup nyaman meskipun ada model sedan Toyota lain yang lebih nyaman, dan cukup andal untuk digunakan sehari-hari walau suku cadang dan biaya perawatannya juga tidak terlalu murah.

Untuk Camry generasi XV40 diperkenalkan Toyota pada tahun 2006, desainnya lebih modern dari pendahulunya dan juga dibuat lebih mewah. Model ini bahkan di Indonesia jadi mobil para menteri dan pejabat pemerintah. Namun ada satu model Camry yang tidak direkomendasikan untuk dibeli, yaitu Camry tahun 2007.

Sebab untuk model yang satu ini ternyata terdapat banyak masalah khususnya untuk yang bermesin 3.500 cc V6. Karena sering terjadi konsumsi oli yang berlebihan dan membuat beberapa komponen jadi cepat mengalami keausan. Hal ini pun membuat biaya perbaikan jadi lebih mahal.

Model ini juga beberapa kali mengalami recall, satu diantaranya akibat pedal gas yang bisa macet seketika sehingga banyak menyebabkan kecelakaan. Akibat masalah ini, di tahun yang sama Toyota mendapat urutan kelima dalam survei kepuasan pelanggan dari Customer Reports padahal di tahun sebelumnya menempati posisi pertama.

>>> Tips Beli Toyota Camry 2003, Mobil Mewah Bekas Harga Murah Dibawah Rp 100 Juta

2. Toyota RAV4 2007

Toyota RAV4 bekas 2007

RAV4 sering direcall oleh Toyota

RAV4 merupakan model SUV compact Toyota yang cukup laris di Amerika Serikat (AS). Sayangnya mobil ini tidak pernah dijual resmi oleh Toyota Indonesia. Namun meski laris manis, ternyata ada satu mobil Toyota bekas jenis RAV4 yang tidak direkomendasikan untuk dimiliki, yakni yang produksi tahun 2007.

Seperti halnya Camry, untuk RAV4 2007 juga memiliki banyak masalah. Ini karena ternyata RAV4 memakai mesin 3.500 cc V6 yang sama dengan Camry V6 tahun yang serupa. Sehingga penyakitnya pun mirip dengan saudara kandungnya yang berjenis sedan.

Kemudian RAV4 2007 juga jadi model Toyota yang banyak direcall. Misalnya karena kerusakan di komponen kemudi, korosi pada bagian tie road, power window yang bisa meleleh, sampai airbags yang tidak dapat mengembang saat terjadi kecelakaan.

3. Toyota Corolla Altis 2009

Toyota Corolla Altis bekas 2009

Altis 2009 juga punya banyak penyakit

>>> Review Toyota Corolla Altis 1.8 G 2005: Pilihan Sedan Eksekutif Terjangkau

Corolla adalah model paling populer dari Toyota sejak tahun 1970-an. Namun sejak muncul generasi kesepuluhnya di tahun 2006, Corolla juga memakai nama lain Altis. Dan ternyata, sedan medium pesaing Honda Civic ini juga ada satu model yang harus dihindari jika sedang mempertimbangkan untuk membeli mobil Toyota bekas ini.

Yaitu Toyota Corolla Altis 2009 khususnya tipe 1.8 yang menggunakan mesin 2ZR-FE 1.800 cc. Penyakitnya hampir sama dengan Camry dan RAV4, yaitu konsumsi oli yang berlebihan. Tidak cuma itu, komponen water pump juga sering bermasalah yang membuat mesin mudah overheat.

Corolla 2009 juga pernah beberapa kali direcall akibat sejumlah kasus. Seperti pedal yang terkadang tidak balik lagi ke posisi semula, power window mudah rusak bahkan bisa meleleh, serta kabel fleksibel yang juga gampang rusak dan menyebabkan airbags jadi tidak berfungsi.

Nah itu tadi setidaknya tiga mobil Toyota bekas yang tidak direkomendasikan untuk dibeli Meskipun mungkin tak semua unit di tahun tersebut bermasalah, tapi setidaknya Anda bisa lebih waspada saat berniat memilih unit bekasnya.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top