3 Langkah Mudah Mengetahui Mobil Bekas yang Pernah Turun Mesin

20/04/2019
Memilih mobil bekas gampang-gampang susah, selain kondisi fisik eksterior dan interiornya, Anda juga wajib mengetahui mana mobil bekas yang pernah turun mesin dan mana yang mesinnya masih utuh serta memiliki kondisi prima.

Ketika memutuskan untuk membeli mobil bekas, tentunya Anda ingin mendapatkan mobil bekas dalam keadaan paling prima. Selain kondisi fisik ekterior dan interior, yang perlu juga Anda perhatikan adalah menghindari membeli mobil bekas yang pernah turun mesin.

Kondisi mesin memang menjadi hal yang paling krusial untuk Anda pertimbangkan manakala berniat membeli mobil bekas. Karena hal ini akan mempengaruhi berapa besar biaya yang akan Anda keluarkan untuk perbaikan mobil tersebut.

>>> Mobil Anda mulai loyo, Apa Saja Pertandanya?

Kali ini tim Cintamobil.com akan membahas ciri-ciri mobil bekas yang pernah turun mesin.

1. Ruang Mesin Terlalu Bersih

mesin bersih

Jangan dulu senang apabila ruang mesin terlihat bersih

Mendapati mobil bekas dengan ruang mesin yang bersih memang menyenangkan, karena Anda pasti berpikir si pemilik mobil benar-benar merawat kebersihan kendaraannya. Namun jika ruang mesin kelewat bersih Anda juga patut waspada. Apalagi sampai tidak ada kerak maupun debu sedikit pun.

Kerak wajar Anda jumpai di ruang bakar mesin mobil. Saat mobil turun mesin (overhaul), kerak dalam mesin tidak akan lagi Anda jumpai karena sudah dibersihkan saat proses mesin dikeluarkan dari mobil. Jadi kalau ruang mesin hampir tidak ada kerak sedikit pun, Anda harus mempertanyakan apakah mobil tersebut pernah turun mesin atau tidak.

>>> Apa Saja Keunggulan Mesin Diesel?

2. Ada Bekas Seal Baru

ada seal baru

Mesin yang sudah dibongkar butuh seal baru

Mesin yang masih utuh biasanya tidak akan dijumpai seal silikon yang terlihat pada bagian blok mesinnya. Mesin terlihat menutup rapat dengan sempurna, karena semua pekerjaan penyatuan bagian mesin dilakukan menggunakan robot.

Jadi jika Anda menemukan seal baru di blok mesin, maka itu artinya mobil tersebut pernah turun mesin. Biasanya seal mobil menggunakan yang cair, lalu mengeras dan diubah menjadi karet. Namun, setelah diperbaiki dan servis, bengkel akan memberikan seal yang baru ke blok mesin.

>>> Baca juga: 5 Cara Cepat Mengetahui Kondisi Mesin Mobil Bekas

3. Ada Goresan di Lubang Baut

baut utuh

Baut-batu masih utuh tanda mesin belum pernah diangkat

>>> Temukan tips jual beli mobil lainnya di sini

Pengecekan untuk membuktikan mobil bekas yang pernah turun mesin memang harus teliti, satu diantanya dengan memperhatikan kondisi baut-baut di ruang mesin terutama blok mesin. Pastikan kondisi baut masih utuh dan ada di posisi yang presisi. Jika Anda menemukan seperti goresan-goresan halus di sekitar baut, bisa jadi itu pertanda mobil pernah turun mesin.

Karena untuk memperbaiki bagian-bagian internal dari mesin tersebut, mekanik harus membuka baut-batu di blok mesin. Terkadang karena baut mengeras akibat kerak dan karat, proses membuka baut jadi lebih sulit yang pada akhirnya meninggalkan baret halus di sekitar baut.

Demikian tiga cara sederhana untuk menghindari membeli mobil bekas yang pernah turun mesin. Selamat berburu mobil bekas!

>>> Tips & trik menarik lainnya bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Prasetyo Adhi

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
5

berita lain