10 Supercar dengan Bodi yang Sepenuhnya Terbuat Dari Serat Karbon

09/11/2018

Jual beli
10 Supercar dengan Bodi yang Sepenuhnya Terbuat Dari Serat Karbon
Dengan bobotnya yang ringan dan kuat, serat karbon menjadi bahan paling sering digunakan untuk supercar beberapa tahun belakangan.

Daya, kecepatan, dan akselerasi menjadi hal pertama yang kita lihat pada sebuah supercar. Untuk menghasilkan akselerasi secepat kilat, terkadang mengurangi bobot kendaraan menjadi salah satu cara. Bahkan, pabrikan tak ragu untuk memasang serat karbon yang terbukti memiliki bobot lebih ringan namun tetap kuat. Berikut 10 supercar yang semua bodinya terbuat dari serat karbon.

1. Zenvo TSR-S

Intip kecepatan terbaik dari Zenvo TSR-S berikut ini

Hypercar asal pabrikan Denmark ini terlihat di Geneva Motor Show dengan tubuh terbuat dari serat karbon dan ‘bahan komposit lainnya’ dan mempertahankan berat total hanya 1.495 kg. Mesin V8 bertenaga 1.194 daya kuda (890 kW) memungkinkan hypercar ini untuk berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam 2.8 detik.

2. W Motors Fenyr Supersport

Gambar yang menunjukan W Motors Fenyr Supersport

Tampilan sangar W Motors Fenyr Supersport​

Dengan sebuah mesin bertenaga ‘hanya’ 900 daya kuda (671 kW), W Motors Fenyr Supersport mencari cara lain untuk meningkatkan kinerja mobil, yaitu dengan mengoptimalkan berat dan menggunakan tubuh dari serat karbon. Memiliki total berat 1.200 kg, kecepatan tertinggi Fenyr Supersport bisa mencapai 400 km/jam.

>>> Saling Berbagi, Empat Pabrikan Besar Hanya Menjual Satu Crossover Yang Sama

3. Singer Dynamics and Lightweighting Study (DLS)

Gambar yang menunjukan Singer Dynamics and Lightweighting

Tubuh serat karbon dari Singer Dynamics and Lightweighting

Dua perusahaan otomotif (Singer dan Williams) bersatu untuk membuat mobil ini. Singer Dynamics and Lightweighting memiliki mesin yang dinamis serta tubuh yang ringan. Menggabungkan teknologi F1 dan mesin bensin naturally aspirated 500 daya kuda (375 kW), tubuh serat karbonnya hanya seberat 989 kg.

>>> Baca juga: 5 Mobil Mewah Terbaru 2018 di Indonesia dari Cintamobil TV​

4. Italdesign Zerouno Duerta

Gambar yang menunjukan Italdesign Zeruono Duerta

Desain Italdesign Zeruono Duerta yang didesain dari Audi R8

Mobil ini didasarkan pada platform Audi R8 dan mendapatkan mesin V10 naturally aspirated dengan 610 daya kuda (455 kW). Layaknya supercar asal jerman tersebut, mobil ini dibuat all-wheel-drive dan transmisi dual-clutch otomatis. Dengan berat hanya 1.300 kg, kecepatan tertinggi mobil ini melebihi 320 km/jam.

>>> Tips memilih mobil terbaru dan terbaik untuk Anda ada di sini

5. Hennessey Venom F5

Hennessey Venom F5 ketika mencoba memecahkan rekor mobil tercepat

Masih banyak yang belum tahu, padahal mobil ini adalah supercar asal Negeri Paman Sam yang bertujuan untuk menjadi mobil tercepat di dunia. Dilengkapi dengan mesin V8 twin-turbo 7,4 liter yang mampu mengeluarkan hingga 1.600 daya kuda (1.193 kW), mobil ini menggunakan tubuh dari serat karbon dengan koefisien aerodinamis (Cx) hanya 0,33. Kecepatan tertingginya? Sekitar 500 km/jam.

6. Lexus LFA

Gambar yang menunjukan supercar Lexus LFA

Supercar tertua dengan bodi berbahan karbon

Lexus LFA adalah supercar tertua yang ada di daftar ini. Tetapi jangan salah, seluruh tubuh mobil ini terbuat dari serat karbon yang diperkuat polimer (CFRP). Disajikan pertama kali pada 2009, 65% dari bahan ini digunakan dalam konstruksinya, menghemat hingga 100 kg dan meningkatkan kekakuan seluruh kendaraan.

>>> Harga Lexus LS 500 2017: Sedan Premium yang Mendekati Sempurna, Spesifikasi Dan Harga Lengkap

7. Koenigsegg Agera RS

Ledakan kecepatan Koenigsegg ketika mencapai 400 km/jam

Kasus Agera RS cukup istimewa karena menggunakan karbon dan Kevlar dalam pembangunan bodywork-nya. Selain itu, mesin twin-turbo V8 5.0 liter menghasilkan 1.360 daya kuda (1.014 kW) dan tercatat sebagai salah satu mobil tercepat di dunia dengan kecepatan tertinggi pada 457 km/jam.

8. Aston Martin Valkyrie AMR Pro

Inilah dia raungan suara Aston Martin Valkyrie Pro

Pengembangan dilakukan bekerja sama dengan Tim Formula 1 Red Bull Racing, mobil ini memiliki tubuh yang semuanya terbuat dari serat karbon dan beberapa komponen suspensi lainnya. Secara total, berat Valkyrie AMR Pro hanya 1.000 kg dan mampu menghasilkan 1.145 daya kuda (854 kW).

>>> Dapatkan review saudara Valkyrie AMR Pro, yaitu Aston Martin Valkyrie 2018

9. McLaren Senna

Detail dan kecepatan super dari McLaren Senna

McLaren Senna Carbon Theme menampilkan dengan jelas bodi serat karbonnya. Supercar ini diproduksi terbatas, dimana 500 unit telah ludes terjual. Dengan mesin twin-turbo V8 berkekuatan 800 daya kuda (596 kW) dan berat hanya 1.198 kg, bayangkan kecepatan yang mampu dilesatkan mobil ini.

>>> Ini dia review dan spesifikasi lengkap McLaren Senna 2018

10. McLaren Speedtail

Intip tampilan teranyar McLaren Speedtail dari McLaren Automotive

McLaren sepertinya masih mengandalkan serat karbon untuk supercar-nya. Kreasi terbaru di McLaren Ultimate Series menggabungkan bobot super rendah dengan aerodinamika terbaik dalam beberapa tahun terakhir. Bagian terbaiknya? Menghasilkan tenaga 1.050 daya kuda (783 kW) mampu membuat McLaren Speedtail berakselerasi dari 0 hingga 300 km/jam hanya dalam 12,8 detik dengan kecepatan tertinggi tercatat 403 km/jam.

>>> Baca juga tips dan trik mobil lainnya disini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top