10 Pilihan Mobil Diesel Paling Irit dan Murah di Indonesia

08/11/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
Mobil diesel paling irit dan murah memiliki banyak pilihan, karena ada mobil bekas yang harganya terjangkau masuk dalam kategori ini. Lalu apa saja pilihannya?

Mobil bermesin diesel dipilih karena dinilai lebih hemat dalam pemakaian bahan bakar dibanding mobil bensin. Apalagi banyak pilihan mobil diesel paling irit dan murah tersedia di Indonesia. Meski mesin diesel dahulu kala terkenal akan suara mesinnya yang begitu kasar dan juga kepulan asap hitam yang keluar dari knalpotnya, maka kedua hal tersebut sudah bisa diminimalisir.

Berkat teknologi clean diesel, mobil-mobil peminum solar kini lebih "bersih" dalam hal emisi gas buang, dan suara mesinnya lebih sunyi meskipun tidak bisa dipungkini mesin diesel tetap memiliki getaran dan suara berbeda dibanding mesin bensin.

Populasi mobil-mobil diesel di Indonesia pun kian bertambah seiring perubahan stigma negatif terhadap mobil ini. Bahkan produsen mobil mewah dari Eropa juga menyediakan varian diesel untuk beberapa lini produknya. Ini tentunya membuat pilihan mobil diesel tersedia dari yang harganya paling murah sampai paling mahal. Jenisnya pun ada yang hatchback, low MPV (Multi Purpose Vehicle), SUV (Sport Utility Vehicle), sampai sedan premium.

Kalau dibahas semua mengenai mobil diesel di Indonesia tentu tidak akan habis dalam satu tulisan singkat. Karenanya kali ini Cintamobil.com hanya akan membahas apa saja mobil diesel paling irit dan murah di dalam negeri sekaligus yang harganya terjangkau. Baca ulasannya sampai habis ya...

Berikut ini adalah beberapa mobil diesel paling irit di Indonesia yang bisa jadi referensi untuk Anda:

  • Tata Ace EX2
  • DFSK Super Cab
  • Isuzu Panther
  • Toyota Kijang Diesel
  • Renault Duster
  • Chevrolet Spin Diesel
  • Suzuki Ertiga Diesel Hybrid
  • Chevrolet Captiva
  • Ford Everest
  • Land Cruiser VX

Mobil Diesel Paling Irit dan Tangguh Tak Harus Mahal

Mesin diesel punya karakter torsi yang kuat dibanding mesin bensin. Ketika mesin ini dipasang pada kendaraan bermotor seperti mobil, maka si pengemudi tidak perlu menekan pedal gas dalam-dalam ketika hendak berakselerasi. Alhasil, konsumsi bahan bakar pun jadi lebih efisien. Inilah salah satu faktor yang membuat orang beranggapan mobil diesel paling irit BBM (bahan Bakar Minyak) dari pada mobil bermesin bakar lain.

Lalu apa saja mobil diesel yang ada di Indonesia? Pilihannya tentu banyak sekali. Mulai dari brand Jepang, Korea, dan Jerman semuanya punya model bermesin diesel pada lineup produknya. Tapi kalau mau cari mobil diesel paling irit dan murah yang ada di dalam negeri, berikut pilihannya:

1. Tata Ace EX2

Gambar Tata Ace EX2 Pick Up

Pick up diesel yang irit dan murah

Namanya mungkin kurang familiar bagi Anda, namun sejatinya kalau mau cari mobil pick up diesel paling irit dan juga murah, maka pick up dari Tata Motors ini layak dipertimbangkan. Mesinnya berkapasitas 700 cc dnegan daya 16 PS dan torsi 38 Nm. Kabarnya Tata Ace EX2 mampu mencatat konsumsi bahan bakar 18 kilometer (km) per liter (km/l).

2. DFSK Super Cab

Gambar DFSK Super Cab Pick Up

Pick up tangguh yang juga irit BBM

Mobil diesel paling irit dan tangguh berikutnya yang kami rekomendasikan adalah DFSK Super Cab. Menggendong meisn 1.300 cc turbo diesel, pick up DFSK ini menawarkan tenaga 75 PS dengan torsi hingga 190 Nm.

Dengan kemampuan sebesar itu, mobil ini sanggup mengangkat beban hingga sebera 1,3 ton. Hebatnya lagi, catatan konsumsi bahan bakarnya cuma 16,2 km/l sehingga mobil ini begitu disukai para pelaku usaha lantaran bisa menghemat pengeluaran untuk biaya BBM.

>>> Review DFSK Supercab Diesel 2017

3. Isuzu Panther

Gambar Isuzu Panther Touring

Panther terkenal sebagai MPV diesel yang irit bahan bakar

Siapa yang tak kenal Si Rajanya Diesel ini. Bahkan ketika membicarakan mobil penumpang bermesin diesel, yang pertama terlintas di benak Anda adalah Isuzu Panther. Mengingat sudah puluhan tahun Isuzu menghadirkan Panther dengan selalu bermodal mesin diesel yang tangguh dan irit bahan bakar. Bahkan Panther juga masuk kategori mobil diesel bekas paling irit dan murah yang paling kami rekomedasikan.

4. Toyota Kijang Diesel

Gambar Toyota Kijang Diesel

Sejak era Kijang kapsul, Toyota mulai menambahkan varian meisn diesel pada MPV ini

Mobil MPV diesel paling irit berikutnya selain Isuzu Panther yang kami rekomendasikan adalah Toyota Kijang. Sejak era Kijang generasi keempat yang lahir tahun 1997, Toyota memang mulai memproduksi mesin diesel untuk Kijang.

Dikenal dengan nama Kijang Kapsul, ternyata varian diesel ini mendapat respon yang positif. Sehingga sampai generasi Kijang Innova terbaru, Toyota terus menawarkan varian mesin diesel karena banyak masukan dari penggunanya jika varian diesel lebih hemat bahan bakar dibanding yang varian mesin bensin.

>>> 4 Cara Merawat Mobil Mesin Diesel

5. Renault Duster

Gambar Renault Duster

SUV yang amat irit bahan bakar

Siapa bilang mobil diesel paling irit BBM hanya didominasi oleh pabrikan Jepang. Karena Renault juga punya SUV bertubuh compact yang sama hematnya dalam penggunaan bahan bakar. Mesin diesel yang dipakai berkapasitas 1.500 cc dan mobil ini pernah diklaim mobil diesel paling irit 2018 di Indonesia untuk kategori SUV. Kelebihan lainnya, mobil ini juga punya banderol yang cukup terjangkau dibanding kompetitornya dari kelas low SUV.

6. Chevrolet Spin Diesel

Gambar Chevrolet Spin Diesel

Banyak yang menyukai varian diesel dari Chevrolet Spin

Chevrolet pernah menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi untuk Spin. Sayangnya, seiring keputusan General Motors (GM) angkat kaki dari Tanah Air, masa kejayaan Chevrolet Spin pun ikut terhenti.

Padahal banyak sekali penggemar dari low MPV ini, terutama yang varian mesin diesel. Menggunakan mesin berkapasitas 1.300 cc bertenaga 73 Hp dnegan torsi 190 Nm, Spin varian diesel diklaim punya konsumsi bahan bakar 20 km/l.

7. Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Walau lebih irit dari versi bensinnya, tetapi Ertiga Diesel Hybrid kurang diminati

Suzuki Ertiga tidak cuma hadir dengan mesin bensin lho... Karena Suzuki juga pernah menawarkan Ertiga Diesel Hybrid. Mesin dieselnya berkapasitas 1.300 cc berdaya 89 PS dengan torsi 200 Nm.

Saat pengujian mobil ini mencatat konsumsi BBM 22,6 km/l. Tentunya amat efisien bahkan dibanding Ertiga bermesin bensin sekalipun. Sayangnya populasi Ertiga Diesel Hybrid amat langka, dan Suzuki tak meneruskan model ini pada Ertiga generasi terbaru.

>>> 10 Mobil Diesel Irit Terbaik di Indonesia

8. Chevrolet Captiva

Gambar Chevrolet Captiva VCDi diesel

Irit dan bertenaga merupakan akrekater dari Captiva diesel

Jika Anda mencari mobil diesel bekas paling irit dan murah tapi berupa SUV kelas menengah, coba deh lirik Chavrolet Captiva VCDi. Varian diesel dari Captiva ini sekarang harganya cukup menggoda karena setara mobil kelas LCGC (Low Cost Green Car). Namun tenaga meisn dieselnya jika dalam kondisi sehat, masih amat layak diadu dengan SUV diesel modern saat ini.

9. Ford Everest

Gambar Ford Everest diesel

Si tangguh yang juga irit bahan bakar

Sayangnya Ford sudah tak ada lagi di Indonesia selaku APM (Agen Pemegang Merek). Padahal banyak sekali mobil-mobil Ford yang digemari karena desain dan kemampuannya. Misalnya mobil diesel paling irit dan tangguh yang satu ini. Ford Everest banyak diandalkan untk menerjang medan-medan sulit di area pertambangan.

10. Land Cruiser VX

Gambar Land Cruiser VX80

Mobil lawas yang tak kalah dari SUV modern

Ini memang tergolong mobil lawas, tetapi sampai saat ini masih banyak penggemar Land Cruiser VX misalnya varian VX80. Ini karena SUV bermesin diesel turbo itu masih begitu tangguh walapun diajak melewati medan-medan offroad cukup ekstrim.

Menariknya banyak penggemar mobil ini yang menilai jika Land Cruiser VX juga minim perawatan serius lantaran mesinnya cukup bandel. Tak heran harga mobil ini dalam kondisi bekasnya tidak pernah turun.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya seputar mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa saja kelebihan mobil diesel?
Selain tarikan yang kuat, mobil disel memiliki mesin yang bandel dan perawatan yang mudah, sehingga membuatnya tahan lama.
Apa saja kelebihan mobil diesel?
Selain tarikan yang kuat, mobil disel memiliki mesin yang bandel dan perawatan yang mudah, sehingga membuatnya tahan lama.
Mengapa harga mobil diesel lebih mahal dari mobil berbahan bakar bensin?
Mesin diesel memiliki material yang lebih tahan panas dibandingkan mesin bensin, sehingga membuat harganya semakin tinggi.
Mengapa harga mobil diesel lebih mahal dari mobil berbahan bakar bensin?
Mesin diesel memiliki material yang lebih tahan panas dibandingkan mesin bensin, sehingga membuat harganya semakin tinggi.
Mengapa mesin diesel lebih kuat dibandingkan mesin bensin?
Mesin diesel memiliki kompresi yang lebih tinggi serta kandungan kalori dari solar lebih tinggi dibandingkan bensin.
Mengapa mesin diesel lebih kuat dibandingkan mesin bensin?
Mesin diesel memiliki kompresi yang lebih tinggi serta kandungan kalori dari solar lebih tinggi dibandingkan bensin.
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top