10 Pilihan Mobil Bekas Irit BBM di 2020

17/10/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
10 Pilihan Mobil Bekas Irit BBM di 2020
Ada beberapa pilihan mobil bekas irit BBM yang bisa Anda pertimbangkan, khususnya untuk digunakan sebagai mobil harian agar pengeluaran transportasi bisa sedikit ditekan.

Memiliki mobil irit BBM (Bahan Bakar Minyak) tentu idaman setiap orang. Karena dengan mobil yang hemat dalam pemakaian bahan bakar, maka biaya yang wajib disiapkan untuk berkendara dengan mobil itu jadi ikutan minim. Pada akhirnya kondisi ini akan membuat Anda bisa sedikit lebih berhemat dalam hal pengeluaran biaya transportasi.

Mobil-mpbil yang irit bahan bakar juga cocok jadi kendaraan menemani aktifitas sehari-hari. Karena tanpa harus sering membeli bensin atau solar, maka memilih transportasi menggunakan mobil pribadi malah jadi lebih menyenangkan ketimbang harus menggunakan transportasi umum.

Tapi bagaimana kalau kocek saat ini tidak mungkin membeli mobil baru? Tenang, Cintamobil.com selalu punya solusi akan kebutuhan Anda terhadap mobil. Satu diantaranya mungkin bisa mempertimbangkan membeli mobil bekas irit BBM. Karena jika bisa mencari yang kondisinya masih istimewa, Anda akan mendapatkan mobil irit BBM dengan harga yang lebih murah ketimbang beli mobil baru.

>>> Makin Kencang dan Irit, Honda Jazz Hybrid Bakal Usung Teknologi F1

Mobil Irit BBM Tidak Selamanya Mobil Kecil

Banyak yang beranggapan, mobil yang irit BBM adalah mobil dengan dimensi mungil. Ini lataran biasanya mobil kecil menggunakan mesin yang isi silindernya kecil pula, sehingga tak membutuhkan pemakaian bahan bakar yang banyak.

Anggapan ini memang tidak salah, namun tidak seutuhnya tepat. Karena ada banyak juga mobil tipe lain yang ternyata hemat bahan bakar. Mulai dari SUV sampai sedan Jerman pun ada yang sebenarnya memiliki efisiensi bahan bakar yang cukup baik. Berikut 10 diantaranya mobil bekas irit BBM yang bisa Anda pertimbangkan.

1. BMW 320d

BMW 320d bekas

Pakai mesin diesel membuat konsumsi BBM mobil ini irit

Siapa bilang mobil sedan Jerman tidak bisa irit bahan bakar? Coba dulu mengendarai BMW 320d. Mobil BMW bermesin diesel 2.000 cc ini kabarnya memiliki konsumsi bahan bakar hingga 23,3 km (kilometer)/liter. Dengan karakter ini, maka Anda bisa memiliki mobil sedan mewah yang nyaman namun tetap hemat dalam pengeluaran kebutuhan membeli bahan bakar. Tapi memang Anda perlu berjuang untuk mendapatkan model ini, mengingat saat dijual oleh BMW di Tanah Air, tak banyak yang meminangnya.

2. Toyota Agya - Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla bekas

Agya dan Ayla merupakan mobil hemat bahan bakar dna juag berharga terjangkau

Duet Toyota Agya dan Daihatsu Ayla merupakan mobil bekas irit BBM yang kami rekomendasikan khususnya jika Anda mencari mobil dengan ukuran mungil. Dengan panjang sekitar 3.600 mm (milimeter), lebar 1.600 mm, dan tinggi 1.520 mm, Agya menggunakan mesin 3NR-VE 1.200 cc DOHC dengan teknologi Dual VVT-i. Sedangkan Ayla selain mesin tersebut, ada juga varian lain yang menggunakan mesin 1.000 cc 1KR-DE DOHC. Kedua mobil ini diklaim memiliki konsumsi bahan bakar hingga menembus 20 km/liter, sehingga mereka termasuk dalam skema mobil Low Cost Green Car (LCGC) saat dijual dalam kondisi baru. 

3. Datsun GO

Datsun GO bekas

LCGC dari Datsun ini juga irit BBM

Datsun GO juga termasuk mobil kategori LCGC (Low Cost Green Car). Mesinnya berkapasitas 1.200 cc HR12DE 4 silinder 16 katup bertenaga 68 Hp dengan torsi 104 Nm. Dengan bobot mobil yang cukup ringan dan dimensi yang juga ringkas, mobil ini diklaim memiliki konsumsi bahan bakar hingga 23,5 km/liter.

>>> Efek Negatif Jarang Mengisi Penuh BBM

4. Honda Mobilio

Honda Mobilio RS bekas

Mobil keluarga berwajah stylish yang irit BBM

Cari mobil jenis MPV tapi yang irit BBM dan desainnya stylish? Coba incar Honda Mobilio. Dengan harga bekasnya yang sudah lebih terjangkau, jika mesin mobil ini dalam keadaan prima, maka mobil hanya membutuhkan 1 liter untuk melaju sejauh 17,05 km. Wah.. bisa hemat biaya beli bensin nih!

5. KIA Picanto

KIA Picanto bekas

Picanto mobil mungil yang tak butuh banyak bensin

Sebelum era LCGC hadir, KIA pernah punya mobil yang irit BBM yaitu Picanto. Mobil ini kabarnya mampu mencetak konsumsi bahan bakar sampai 19 km/liter namun tetap punya karakter pengendalian yang cekatan. Ditambah lagi, harga mobil bekas irit BBM ini sekarang sudah amat terjangkau lho!

6. Mitsubishi Mirage

Mitsubishi Mirage bekas

Mirage juga mobil yang lincah tapi tetap irit BBM

Mirage juga menjadi mobil Mitsubishi yang hemat dalam konsumsi bahan bakar. Bermodal body yang mungil dan didukung teknologi modern pada mesinnya, city car berlogo tiga berlian itu diklaim punya konsumsi bahan bakar 1 iter untuk 19,1 kilometer. Cocok ya untuk anak sekolah atau mahasiswa yang butuh mobil harian supaya bisa lebih hemat ongkos.

>>> Review Datsun GO Panca 2014: Mobil Hatchback Murah Dan Punya Fitur Nyaman? Ini Pilihan Terbaiknya

7. Nissan Grand Livina

Nissan Grand Livina bekas

Livina menawarkan kenyamanan sekaligus mesin yang efisien dalam pemakaian bahan bakar

Nissan Grand Livina juga bisa jadi pilihan mobil bekas irit BBM untuk kebutuhan mobil keluarga. Dengan kapasitas 5-7 penumpang, Livina ada yang menggunakan mesin 1500 cc dan 1.800 cc, namun keduanya sama-sama punya karakter hemat bahan bakar yang dapat mencapai 20 km/liter. Tapi kondisi ini tentunya dengan catatan mesin mobil tersebut dalam kondisi sehat ya!

8. Renault Duster

Renault Duster bekas

SUV ini juga mesinnya irit bahan bakar lho!

Namanya mungkin tidak terlalu familiar bagi sebagian orang, namun Renault Duster bisa jadi solusi kalau Anda membutuhkan mobil bekas irit BBM berjenis SUV Compact. Mobil ini menggunakan mesin diesel yang konsumsi bahan bakarnya sampai 24 km/liter.

9. Suzuki Karimun Wagon R

Suzuki Karimun Wagon R bekas

Suzuki Karimun sudah terkenal irit BBM

Mengekor generasi Suzuki Karimun sebelumnya, Karimun Wagon R juga memiliki mesin dengan tingkat efisiensi bahan bakar terbaik untuk merk Suzuki. Konsumsi bahan bakar dari mobil mungil ini bahkan disebut-sebut sampai 36 kilometer untuk setiap liter bahan bakarnya.

10. Toyota Avanza - Daihatsu Xenia

Toyota Avanza bekas

Selain irit BBM Avanza dan Xenia juga mudah dalam perawatannya

Mobil keluarga yang sudah sejak dulu terkenal hemat bahan bakar satu diantaranya adalah duet Toyota Avanza serta Daihatsu Xenia. Selain sebagai mobil bekas irit BBM dengan catatan hingga 12,5 km/liter, mobil ini juga terkenal mudah dan murah dalam perawatannya.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Honda Mobilio Irit BBM dan Layak Dibeli, 1 Liter Bisa Tembus 28 KM

19/11/2019

Jual beli

3 menit

Lomba adu irit BBM digelar PT Honda Prospect Motor (HPM) menggunakan Honda Mobilio. Hasilnya, rekor baru dicapai sang pemenang dengan catatan 28 km/liter.

Lihat juga

Siap-Siap Hemat! Ini Dia Mobil Paling Irit BBM 2019 yang Bisa Anda Miliki

23/03/2019

Jual beli

Efisiensi bahan bakar menjadi salah satu pertimbangan ketika membeli mobil. Dan dengan bertambahnya mobil baru yang ada di pasar Tanah Air, berikut Cintamobil.com berikan 10 daftar mobil paling irit BBM 2019 yang bisa Anda miliki.

Lihat juga

7 Pilihan Mobil Keluarga Bekas Murah dan Irit

09/10/2020

Jual beli

8 menit

Sebenarnya ada banyak pilihan mobil keluarga di Indonesia, mulai dari yang termurah sampai yang termahal. Namun ketika ingin mengkerucutkan pada pilihan mobil keluarga bekas murah dan irit, tentu saja cuma beberapa yang masuk kriteria ini.

Lihat juga

10 SUV dan Crossover Paling Irit Bahan Bakar

07/07/2017

Jual beli

Inilah daftar 10 model mobil SUV dan Crossover paling irit bahan bakar tahun 2017

Lihat juga

6 Rekomendasi Terbaik Mobil Bekas di Bawah 90 juta yang Irit Bahan Bakar

31/12/2017

Jual beli

Mobil bekas di Indonesia bisa dibilang masih mempunyai banyak penggemar dengan ribuan mobil yang dijual di siitus online di Indonesia. Mencari mobil bekas yang murah, Cintamobil akan memberikan rekomendasi mobil bekas di bawah 90 juta yang irit yang bisa anda dapatkan pada situs jual beli mobil bekas Cintamobil.com.

Lihat juga