10 Keunggulan All New Honda Brio vs Honda Brio Lama Versi Cintamobil.com

25/10/2018
Masih banyak netijen pecinta otomotif yang enggak tahu apa saja keunggulan Honda Brio terbaru bila dibandingkan dengan Honda Brio generasi lama. So, berikut ini kami jabarkan 10 keunggulan All New Honda Brio vs Brio lama versi Cintamobil.com.

Tampak dua Honda Brio terbaru berwarna putih terparkir

All New Honda Brio Satya dan RS ini setidaknya memiliki 10 keunggulan komparatif bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya

Honda Brio pertama kali lahir di bumi Indonesia pada tahun 2012, saat itu hadir dengan format city car dengan mengandalkan mesin berkode L13 berkapasitas 1300 cc 4 silinder i-VTEC. Saat itu, bisa dibilang Honda Brio merupakan city car paling bertenaga di pasaran Indonesia. Tak pelak, saat itu Honda Brio meraih volume penjualan yang sangat baik di Indonesia serta respon positif dari konsumen. Pertengahan 2013 varian berjenis Low Cost Green Car (LCGC) mulai booming di pasar mobil tanah air. Sebab, kelas LCGC ini di gadang-gadang sebagai pintu solusi bagi mobil berharga terjangkau di Indonesia. Maklum saja, sejak nilai tukar rupiah terhadap dollar yang semakin menggila, maka harga jual mobil semakin mahal. Saat ini, Honda Brio telah memasuki generasi ke-3. Berikut kami jabarkan 10 keunggulan All New Honda Brio vs Brio versi Cintamobil.com.

1. Bagasi Lebih Luas

Tampak All New Honda Brio Satya warna putih akan mengangkut barang

Kapasitas bagasi All New Honda Brio meningkat 84 liter bila dibandingkan dengan Honda Brio versi sebelumnya

Dimensi mobil yang bertambah melar membawa efek positif pada kapasitas bagasi All New Honda Brio. Kini, kapasitas bagasi Honda Brio terbaru ini meningkat 84 liter bila dibandingkan dengan pendahulunya (total jadi 258 liter). "Ruang bagasi diperluas hingga 90 mm dengan tujuan untuk menyediakan kapasitas lebih besar sehingga All New Brio mampu menjadi yang terbaik dikelasnya. Penambahan ruang bagasi ini dapat digunakan untuk keluarga muda meletakkan stoller (kereta bayi), dan barang bawaan lainnya dengan mudah," papar Tsutomu Harano, Large Project All New Honda Brio, Honda R&D Asia Pasific Co., Ltd. kepada Cintamobil.com.

2. Aerodinamika Lebih Baik

Tampak All New Honda Brio Satya berwarna Carnival Yellow alias Kuning

Nilai pengetesan coefficient of drag All New Honda Brio lebih baik 0,02 dari Brio generasi sebelumnya

Bisa dibilang, sektor aerodinamika merupakan hal yang digarap sangat serius oleh tim riset dan pengembangan Honda Asia Pasifik terhadap All New Honda Brio yang baru-baru ini kami tes jalan. “Jadi total nilai dari coefficient of drag dari Honda All New Brio ini membaik 0,02 bila dibandingkan dengan pendahulunya. Namun berapa nilai totalnya adalah rahasia bagi kami. Yang jelas untuk mobil ini kami fokus mengembangkan desain engine hood (kap mesin) baru, dan area bumper, serta sekitar lampu belakang,” papar Tsutomu Harano lagi kepada kami pada sebuah perbincangan santai di sela-sela kegiatan Media Test Drive All New Honda Brio.

3. Pintu Belakang Lebih Rigid Dan Stylish

Tampak Pintu Belakang All New Honda Brio RS dan Satya

Tidak hanya faktor keamanan, desain baru pada pintu bagasi All New Honda Brio ini ternyata berpengaruh terhadap kedinamisan berkendara

Tidak hanya faktor tampilan saja, ternyata desain pintu belakang 'back to normal' tidak hanya semata masalah tampilan saja, namun juga keamanan. Secara total, Honda All New Brio 2018 ini bertambah berat hingga 20 kilogram. Khusus untuk bagian rangkanya sendiri lebih berat 5 kilogram, hal itu dikarenakan tim riset dan pengembangan Honda memang menggunakan beberapa material dengan tingkat kekuatan baru. Hal ini akan berdampak positif pada tingkat rigiditas sasis mobil, salah satunya juga karena penambahan struktur besi pada pintu belakang All New Honda Brio.

4. AC Lebih Cepat Dingin

Tampak head unit dan tombol pengatur AC pada All New Honda Brio Satya

Keluhan AC lama terasa dingin ataupun saat macet kurang dingin tidak lagi terjadi pada Honda Brio baru ini

Ada beberapa keluhan datang dari pengguna Honda Brio generasi lama, yaitu AC terasa tidak cepat menyemburkan hawa dingin, dan juga saat mengantri dikemacetan hembusan hawa dingin terasa kurang serta kerja kompresor terasa membebani tenaga mesin. Saat kami coba langsung saat event All New Honda Brio Media Test Drive di Bali, keluhan ini sudah tidak lagi kami rasakan di All New Honda Brio baik Satya maupun RS. Sebab pihak riset dan pengembangan Honda telah melakukan penyempurnaan pada sistem pendingin ruangan kabin ini, juga mengganti kompresornya dengan yang lebih sesuai dengan iklim di Indonesia.

>>> Baca juga: Honda Indonesia Ajak Media Rasakan Performa Dan Kenyamanan All New Honda Brio Di Bali

5. Ruang Kabin Belakang Jauh Lebih Luas

Tampak tester Cintamobil.com menguji keluasan kabin belakang All New Honda Brio

Dengan posisi kursi depan diatur pas untuk tester kami yang berbadan gambot, ketika ia duduk di belakang ia pun tetap tidak merasa kesempitan

All New Honda Brio menyediakan ruang kabin yang lebih nyaman dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Hal ini bisa terjadi karena bagian wheelbase alias jarak sumbu roda yang kini melar 60 mm. Ini bertujuan untuk menyediakan ruang yang lebih lega ketika ada penumpang duduk di jok belakang, serta ruang yang lebih panjang dan besar untuk mendukung aktivitas keluarga muda di Indonesia. Kami sendiri sangat beruntung dengan adanya ubahan ini, karena tak jarang tester Cintamobil.com harus bergantian mengemudi dengan awak media lain, dan duduk di kabin belakang. Asyiknya, tester Cintamobil.com ini tidak merasa kesempitan saat harus duduk di kabin belakang All New Brio. 

>>> Baca juga: Ada Faktor Keselamatan Dibalik Desain Pintu Belakang All New Honda Brio?

6. Performa Tetap Terbaik Dikelasnya

Tampak layout spidometer All New Honda Brio Satya

Akselerasi pada Honda Brio terbaru ini terasa positif

Secara teknis, bobot total dari All New Honda Brio ini naik 20 kilogram bila dibandingkan dengan yang lama. Bahkan berat kotor Honda Brio tipe RS saja sudah menyentuh 975 kilogram. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena performa mesin lama yang di tune ulang dan mendapat beberapa penyempurnaan ini tetap mampu mengimbangi performanya. Ubahan pada mesinnya sudah kami bahas pada artikel tersendiri disini. Yang jelas, saat posisi tuas transmisi digeser ke S, tenaga mobil ini cukup terasa positif. Tenaga terasa dari putaran bawah, dan kecepatan puncak mobil ini pun tetap di angka 150 km/jam (dibatasi secara elektronik). 

7. Kebisingan Suara Ban Di Kabin Berkurang Drastis

Tampak ban dan pelek All New Honda Brio RS dan All New Honda Brio Satya

Ban di develop khusus untuk mengurangi road noise pada All New Honda Brio

Untuk Anda yang selalu mengeluhkan suara ban yang masuk ke kabin pada Honda Brio lama Anda, kini Anda perlu bersyukur, karena hal ini berkurang di Honda Brio terbaru. Untuk lebih tahu hal ini, kami pun langsung menemui Chittrawan Muangwong. Cewek manis berambut pirang ini langsung menjelaskan panjang lebar kepada Cintamobil.com. "Secara umum, semua hal mengenai suspensi kami desain sama antara All New Honda Brio RS dengan All New Honda Brio Satya, termasuk soal spring rate dan compression rate yang kamu (Cintamobil.com) tanyakan ke kita. Bedanya ada di ban yang memang di develop khusus untuk masing-masing varian, coba deh lihat bannya. Beda," jelas wanita aseli Thailand yang menjabat sebagai Engineer NV Project Leader Honda R&D Asia Pasific. Co, Ltd. 

8. Lebih Cocok Untuk Keluarga Muda

Tampak All New Honda Brio cocok untuk keluarga muda

Dengan segala paket kelebihan yang ada, All New Honda Brio ini cocok untuk keluarga muda

Jika sebelumnya Honda Brio lawas digemari pelajar, dan mahasiswa, kini PT. Honda Prospect Motor selaku agen pemegang merek Honda mobil di Indonesia memang melakukan set target yang lebih luas untuk All New Honda Brio ini. "All New Honda Brio sangat cocok untuk first time car buyer, dengan segala kelebihan yang ada seperti kabin lebih luas, bagasi muat kereta bayi, serta beberapa barang lain dan juga tetap dikemas dengan dimensi yang kompak, membuat mobil ini sangat cocok jadi andalan untuk keluarga muda Indonesia," papar Jonfis Fandi, selaku Marketing And Service Director PT. Honda Prospect Motor.

>>> Tips dan trik untuk jual beli mobil anda bisa dilihat disini

9. Lebih Fun To Drive

Tampak All New Honda Brio Satya dan All New Honda Brio RS melakukan aksi slalom

All New Honda Brio ini semakin asyik ketika Cintamobil.com ajak melibas tikungan secara cepat

Bertambah lebar, dan panjangnya dimensi dari Honda Brio terbaru ini ternyata berdampak positif. Mobil ini jadi semakin fun to drive. "Jujur saja saya awalnya enggak begitu yakin All New Brio ini bisa selincah yang lama karena dimensinya membesar. Namun ternyata setelah mencoba langsung, mobil ini mudah diajak menari-nari di trek," papar Alvin Bahar pembalap Honda Racing Indonesia. Masih menurut ayah dari pembalap nasional Avila Bahar ini, menurutnya lincah serta stabilnya manuver Honda Brio terbaru ini juga dikarenakan setup suspensi yang semakin baik. "Yang jelas All New Honda Brio ini lebih stabil melibas tikungan," paparnya.

10. Program Purna Jual Yang Menguntungkan

Tampak banner pengumuman service gratis jasa 4 tahun atau 50.000 kilometer Honda

Membeli All New Honda Brio tidak perlu khawatir, karena gratis biaya jasa perawatan berkala 50,000 Km atau 4 tahun

Untuk program purna jual, setiap pembelian All New Honda Brio, mulai bulan Agustus 2018 akan mendapatkan gratis biaya jasa untuk perawatan berkala sampai dengan 50.000 km atau 4 tahun. Untuk melengkapi layanan gratis biaya jasa servis tersebut, Honda juga memperkenalkan paket hemat suku cadang untuk perawatan berkala. Tidak hanya itu saja, seluruh konsumen Honda akan mendapatkan layanan ekslusif yaitu Experience Honda. Experience Honda merupakan program layanan 24 jam (layanan penggantian ban, layanan pengaktifan aki, layanan pengisian bahan bakar maksimal 5 liter untuk kendaraan mogok akibat kehabisan bahan bakar).

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil.com

Arfian Alamsyah

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
1