10 Alasan Ini Bikin Suzuki Karimun Kotak Tetap Banjir Peminat

16/06/2020

Jual beli

5 menit

Share this post:
10 Alasan Ini Bikin Suzuki Karimun Kotak Tetap Banjir Peminat
Meski saat ini PT Suzuki Indomobil Sales disinyalir sedang menyiapkan Karimun generasi terbaru, tapi 10 alasan ini buat Suzuki Karimun Kotak tetap diminati

Meski saat ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) disinyalir sedang menyiapkan Suzuki Karimun generasi terbaru, tapi kami dari tim Cintamobil.com telah mengumpulkan 10 alasan yang membuat Suzuki Karimun Kotak (1999 - 2006) tetap diminati. Sebagai informasi, Karimun dijual oleh PT SIS sejak tahun 1999, mobil ini juga sempat membintangi film karakter fiksi ter-kece di zamannya, yakni Saras #008. Setelah itu Suzuki Karimun langsung meledak penjualannya bertahun-tahun setelahnya. So, inilah 10 kelebihan Suzuki Karimun model kotak yang membuatnya tetap diminati dalam kondisi bekas.

Foto tampilan belakang Suzuki Karimun GX 2005

Suzuki Karimun kotak tetap jadi buruan meski model yang lebih barunya banyak di pasar

>>> Sebelum Beli Mobil Bekas, Cek Dulu Keaslian Dokumen Kendaraan

1. Mesin Bandel

Foto mesin F10A Suzuki Karimun GX 2005

Mesin bandel jadi kelebihan Suzuki Karimun kotak

Salah satu yang jadi kelebihan Suzuki Karimun model kotak adalah mesinnya yang bandel. Mesin dari Suzuki Karimun dengan desain bodi mengkotak ini menggendong unit berkode F10A karburator sama persis dengan Suzuki Carry dan Suzuki Jimny. Kehandalan dan kekuatan mesin ini sudah terbukti di angkot Suzuki yang menggunakan mesin serupa.

2. Spare Part Melimpah

Gambar menunjukkan perjalanan mobil Suzuki di Indonesia

Tiga mobil Suzuki ini menggunakan mesin yang sama, tak heran ketersediaan parts melimpah

Karena mesin 4 silinder 1000 cc tadi sudah digunakan sejak 1983 otomatis ketersediaan sparepart mesin berkode F10A ini melimpah ruah hingga ke pelosok negeri dan harganya relatif terjangkau. Tak heran, karena menggunakan basis mesin yang sama dengan produk Suzuki lainnya, maka untuk sparepart bisa saling tukar pakai alias saling substitusi. 

3. Perawatan Mudah

Foto mekanik Suzuki sedang memeriksa Suzuki Karimun kotak

Perawatan mudah juga jadi kelebihan Karimun kotak

Diakui oleh banyak penggunanya jika mesin F10A pada Suzuki Karimun model kotak ini tergolong badak dan minim masalah. Dan tentunya mesin tersebut tidak membutuhkan perawatan yang ribet. Bisa dibilang asal rajin mengganti oli dan memperhatikan settingan karburator, mobil ini relatif mudah perawatan dan trouble free. Kecuali, Anda ingin mengganti busi di mobil ini, karena harus membongkar juga grille depan Karimun kotak ini. 

4. Power Steering EPS

Foto layout dashboard Suzuki Karimun GX 2005

Karimun jadi salah satu produk Suzuki yang pakai EPS pertama di Indonesia

Suzuki Karimun kotak tipe apapun baik DX atau GX sejak lahir di Indonesia tahun 1999 adalah salah satu mobil pertama di Indonesia yang sudah pakai sistem Electronic Power Steering (EPS). Untuk mobil dengan mesin mungil, tentu saja penerapan EPS ini merupakan suatu kelebihan, karena kerja dari sistem power steering tidak membebani kerja mesin sehingga berkontribusi terhadap hematnya bahan bakar.

5. Fitur Lengkap

Gambar Brosur Suzuki Karimun

Fitur Karimun tergolong lengkap dan cukup relevan hingga saat ini

Khusus untuk kelebihan nomor lima ini hanya akan Anda temui pada Suzuki Karimun tipe GX dengan tahun produksi 2004 keatas, karena untuk seukuran mobil kompak, ia sudah dibekali berbagai macam fitur yang bahkan di mobil kekinian tidak ada. Ambil contoh rear deffoger, front defroster dan pengaturan arah semburan AC yang lengkap. Bahkan juga terdapat fitur AC ECO yang membuat kompresor AC lebih jarang bekerja sehingga berefek positif pada konsumsi BBM.

6. Lincah

Foto speedometer Suzuki Karimun GX 2005

Kendati tenaganya terbatas, ia lincah bermanuver dan sanggup diajak berlari hingga 145 km/jam

Suzuki Karimun kotak ini juga lincah saat diajak bermanuver di kepadatan lalu lintas dalam kota, bukan hanya dimensinya yang kompak karena panjangnnya cuma 3,5 meter, namun Karimun dengan desain bodi mengkotak ini punya radius putar yang memadai, turning radiusnya hanya 4,8 meter saja. Jelas, ia mampu bergerak lincah saat digunakan di kota besar.

7. Pengaturan Kursi Fleksibel

Gambar menunjukkan kabin Suzuki Karimun kotak

Pengaturan kursi cukup fleksibel

Pengaturan kursi pada Suzuki Karimun model ini juga fleksibel, meski ia tidak sepintar pengaturan kursi ultraseat di Honda Jazz, tetapi di kelasnya pada tahun tersebut Karimun merupakan city car paling praktis dibandingkan para rivalnya seperti Hyundai AtoZ bahkan KIA Picanto. Contohnya, apabila headrest kursi depan dilepas lalu sandarannya direbahkan, Anda bisa memanfaatkan kursi Karimun kotak ini sebagai tempat istirahat yang nyaman.

8. Bagasi Besar

Foto bagasi Suzuki Karimun GX 2005

Bagasi jadi yang terbesar di kelasnya

Meski PT SIS tidak pernah membeberkan berapa liter kapasitas bagasi Suzuki Karimun model ini bahkan di brosurnya, tapi Anda bisa lihat sendiri pada foto di atas, betapa luasnnya kapasitas bagasi Suzuki Karimun kotak ini. Bahkan, untuk dikelasnya Karimun kotak ini mengungguli jauh pesaing-pesaingnya seperti KIA Picanto, Hyundai AtoZ ataupun Deawoo Matiz (Chevrolet Spark).

9. Kabin Luas

Gambar menunjukkan kursi depan Suzuki Karimun Kotak

Meski kecil tapi kabinnya luas

Salah satu kelebihan pada Suzuki Karimun model kotak dengan lansiran antara tahun 1999 hingga 2006 adalah kabinnya yang lega. Padahal mobil ini hanya berdimensi panjang 3,5 meter lebih sedikit (3.520 mm), serta lebar kurang dari 1,5 meter (1.475 mm) dan tinggi 1,6 meter (1.660 mm) tapi mampu menyajikan ruang kepala dan kaki luas berkat wheelbase hingga 2.360 mm.

10. Nama Besar Suzuki

Foto emblem Suzuki

Nama besar Suzuki seakan jadi jaminan

Terakhir yang menjadi kelebihan Suzuki Karimun model kotak adalah nama besar Suzuki. Sebagai pabrikan mobil senior jaringan servis Suzuki yang luas tidak akan menyulitkan Anda ketika hendak melakukan perawatan pelopor city car di Indonesia ini. So, bagaimana, setelah mengetahui 10 alasan ini, apakah Anda berminat membeli Suzuki Karimun model kotak? Harganya hanya Rp50 jutaan lho.

>>> Ingin beli Suzuki Karimun kotak bekas? Cek di sini pilihannya

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia
 
back to top