Yamaha Ingin Produksi Pesawat Terbang Kecil Pakai Mesin Sepeda Motor

01/07/2021

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Yamaha, produsen motor asal Jepang, dilaporkan bekerja sama dengan ShinMaywa Industries untuk bisa hadirkan pesawat terbang kecil pakai mesin sepeda motor.

Produsen motor asal Jepang Yamaha umumkan kerjasama terbarunya dengan salah satu perusahaan di bidang penerbangan ShinMaywa Industries. Dari kemitraan ini nantik Yamaha akan hadirkan pesawat terbang berukuran kecil menggunakan teknologi mesin sepeda motor miliknya.

Meneruskan Mimpi Yamaha

Berdasarkan perjanjian keduanya Yamaha Motor akan bertugas mencari cara untuk mengadaptasi teknologi mesin kecilnya ke industri penerbangan. Sedangkan ShinMaywa akan mengadaptasi teknologi dan keahlian teknik pesawatnya yang diperoleh melalui pengembangan pesawat terbang dan berbagai pesawat lainnya untuk merancang konsep, membangun prototipe, melakukan pengujian, memverifikasi teknologi otonom, dan banyak lagi untuk pesawat kecil.

"Kedua perusahaan akan menggunakan upaya penelitian bersama ini untuk mengeksplorasi kemungkinan komersialisasi pesawat kecil generasi berikutnya, dan mempertimbangkan arah dan masa depan proyek berdasarkan minat pasar dan faktor lainnya." kata Yamaha dalam keterangan tertulisnya.

Gambar menunjukan Mesin motor

Mesin pesawat terbang pakai mesin sepeda motor bikinan Yamaha Global

>>> Alasan Teknis dan Tak Bahagia Penyebab Maverick Vinales Cabut dari Yamaha

Sayangnya tidak disebutkan pada pengumuman ini rincian jangka waktu pesawat terbang dari Yamaha ini akan dihasilkan baik itu prototipe, konsep hingga produksinya. Jadi jangan berharap akan datang dalam waktu dekat.

Langkah Yamaha untuk mengembangakan bisnisnya ke pesawat terbang bersama ShinMaywa Industries ini sejatinya bukan yang pertama. Sebelumnya pada bulan Januari 1982 silam Yamaha sudah mengumumkan bahwa mereka bermaksud untuk mengembangkan mesin untuk penerbangan kecil

Awalnya bermula dari layang layang bermotor hingga helikopter tak berawak, seperti yang digunakan untuk penyemprotan pertanian dengan kendali jarak jauh. Namun hingga saat ini sejauh masih belum juga bisa terwujud.

>>> Tim Scuderia AlphaTauri yang Disokong Honda F1 Pakai HondaJet

Honda Selangkah Lebih Maju

Honda lebih maju dari Yamaha untuk ekspansinya di pasar pesawat terbang. Tepatnya di tahun 2006, Honda mulai mengkomersialkan produk pesawat perdananya dengan mengikuti National Business Aviation Association yang bertempat di Florida, Amerika.

Gambar menunjukan Honda Jet

HondaJet HA-420

>>> Cara Merawat Mesin Motor Kopling Agar Performanya Tetap Oke

Honda Aircraft berhasil menerima 100 pemesanan, dan pesawat tersebut dikirimkan ke konsumen di tahun 2015 setelah mendapatkan sertifikasi dari Federal Aviation Administration. HondaJet dikembangkan Honda Aircraft Company sebagai sebuah pesawat jet tercepat, dengan kemampuan terbang tertinggi, kabin tersenyap, dan efisiensi bahan bakar terbaik di kelasnya. 

Model pertamanya adalah HondaJet HA-420 yang menggabungkan banyak inovasi teknologi dalam desain penerbangan, termasuk konfigurasi unik Over-The-Wing Engine Mount (OTWEM) yang menempatkan mesin diatas sayap sehingga secara dramatis meningkatkan kinerja dan efisiensi bahan bakar dengan mengurangi hambatan aerodinamis.

>>> Dapatkan harga mobil Honda terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top