Duh! Ada Suzuki XL7 Terbakar di Tol Dalam Kota

26/07/2021

Event - Promosi

3 menit

Sebuah Suzuki XL7 terbakar di bahu jalan Tol Dalam Kota menjelang exit Kuningan KM 05. Mereka sudah menyediakan APAR pada tiap mobil mulai tahun 2021.

Peristiwa mobil terbakar kembali terjadi. Kejadian ini dilaporkan oleh akun Instagram @jktinfo yang mengunggah foto dan video Suzuki XL7 terbakar di bahu jalan. Sampai saat ini, belum ada informasi lebih lanjut mengenai penyebab terbakarnya Low SUV tersebut.

Karena kejadian ini, kondisi lalu lintas di sekitar kebakaran pun mengalami kepadatan lalu lintas akibat masyarakat yang berusaha untuk melihat dan usaha evakuasi dari pihak terkait.

Terlihat bahwa sumber api berasal dari balik kap mesin yang membuat bagian depan mobil ini mengalami kerusakan. Untuk tahun 2021 sampai seterusnya, Suzuki sendiri sudah menyiapkan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) di setiap mobil mereka untuk mengantisipasi kejadian naas seperti ini. Tapi tak diketahui dengan pasti apakah model yang terbakar ini sudah dibekali APAR di dalamnya. 

>>> Syarat Naik Mobil Pribadi Selama PPKM Level 4

Gambar Suzuki XL7 Terbakar

Suzuki XL7 terbakar di Tol Dalam Kota yang sempat membuat kepadatan lalu lintas

Di Mana Letak APAR Pada Mobil Suzuki?

Peletakkan APAR di dalam mobil memang berbeda-beda, namun dipastikan dapat diakses dan dilihat oleh pengemudi atau penumpang dengan mudah. Penambahan APAR ini dilakukan pada mobil-mobil Suzuki produksi tahun 2021.

Konsumen tidak perlu menambahkan biaya APAR karena sudah termasuk dalam harga mobil yang tertera. Model mobil Suzuki dengan VIN 2021 yang sudah dilengkapi APAR, meliputi Carry Pick Up, S-Cross, Jimny, Karimun Wagon R, New Baleno, New Ignis, APV, dan All New Ertiga dan XL7.

Gambar APAR Mobil Suzuki

Peletakan APAR di mobil berbeda-beda, namun tetap mudah dilihat dan dijangkau

Selain menerapkan peraturan pemerintah, adanya APAR pada setiap unit mobil Suzuki dengan VIN 2021 tentu sebagai upaya untuk menekan angka kasus mobil terbakar ketika berkendara yang membahayakan, seperti kasus Suzuki XL7 yang terjadi hari ini (26/7).

Korsleting Jadi Penyebab Paling Sering

Menilik kepada kejadian yang pernah terjadi di masa lalu, korsleting kerap kali menjadi penyebab mobil terbakar secara tiba-tiba saat berkendara. Korsleting ini bisa muncul karena kesalahan modifikasi, adanya lapisan kabel yang terkelupas, atau kabel parallel aki yang kendur.

>>> Ini Dia Pria yang Rela Bayar Nissan March 'Busuk' Rp 500 Juta

Gambar Kabel Mobil

Kabel mobil yang terbuka dapat menyebabkan korsleting

Bisa jadi, Suzuki XL7 terbakar karena korsleting akibat lapisan kabel terkelupas karena dimakan oleh binatang pengerat akibat lama tidak dipakai selama penerapan PPKM.

Untuk menghindari kejadian yang tidak menyenangkan ini, sebaiknya Anda mengecek kabel-kabel di balik kap mobil sebelum berkendara selama atau setelah PPKM Level 4 ini.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.
 
back to top