Warga Jakarta Dilarang Mudik Selama Pandemi Corona!

30/03/2020

Event - Promosi

5 menit

Share this post:
Warga Jakarta Dilarang Mudik Selama Pandemi Corona!
Kapolda Metro Jaya mengimbau agar warga Jakarta dilarang mudik ke kampung halaman. Hal ini demi menghidari penyebaran virus corona menjalar hingga ke daerah-daerah pelosok di Nusantara.

Menghadapi situasi pandemi virus corona yang saat ini tengah terjadi di Indonesia, maka pemerintah bersama pihak terkait memberlakukan larangan untuk warga Jakarta mudik ke kampung halaman.

>>> Catat! Car Free Day Jakarta Diliburkan hingga 5 April 2020

Hal ini disampaikan langsung oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Nana Sudjana. Menurut dia, musim mudik yang biasanya ada setiap menjelang bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, sebaiknya untuk tahun ini dibatalkan.

Demi Mencegah Virus Corona Menyebar di Daerah

tradisi mudik menjelang Lebaran

Dihawatirkan pemudik membawa virus corona ke daerah masing-masing

Menurut Nana, warga Jakarta dilarang mudik sampai wabah virus corona di Indonesia berakhir. "Kami mengimbau warga Jakarta untuk tidak mudik atau menundanya dulu sampai wabah corona ini berakhir. Ini supaya penyebaran virus corona tidak semakin meluas," tegasnya seperti dikutip Cintamobil.com dari laman NTMC Polri, Minggu (29/03/2020).

>>> Ada berbagai promo mobil baru dengan diskon menarik disini

Ia menjelaskan, kebijakan ini merupakan bentuk social distancing dan physical distancing yang coba lebih ditegaskan oleh pihak Polda Metro Jaya kepada masyarakat luas. Yaitu dengan menghindari kerumunan massa dan juga menghindari bersentuhan dengan orang lain demi memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Ia juga menyebut, larangan mudik menjelang Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini demi mengurangi daerah-daerah di kampung halaman terpapar virus corona yang dibawa para pemudik. "Jangan smapai orang tua atau keluarga kita di kampung terpapar virus corona," katanya.

Akan Lakukan Pengamanan Kota

lalu lintas tol saat musim mudik Lebaran

Polda Meto Jaya, TNI, dan Pemda sudah siap mengantisipasi jika terjadi situasi panik di masyarakat

>>> Temukan berbagai mobil bekas impian Anda dengan harga paling murah disini

Lebih lanjut Nana menjelaskan jika Polda Metro bersama TNI akan mulai melakukan Sispamkota (Sistem Pengamanan Kota) sebagai antisipasi terburuk sebagai imbas peraturan warga Jakarta dilarang mudik. "Kita sudah melakukan latihan-latihan dalam bentuk simulasi dengan cara bagaimana kita menutup istilahnya yang kita disebut Sispamkota," ucap dia.

Pengamanan ini dibentuk dalam upaya mencegah warga Jakarta panik menghadapi situasi pandemi virus Covid-19 ini. "Kita lakukan upaya pemetaan, termasuk apa yang harus kita lakukan bila menghadapi suatu permasalahan tersebut, dalam hal ini bila menghadapi suatu kontijensi. Kita sudah siap, Polda dengan TNI, kemudian dengan Pemda," tegasnya.

Nana pun berharap pandemi virus corona di Indonesia ini segera berakhir dan masyarakat bisa kembali beraktifitas normal seperti biasanya.

>>> Berita otomotif terbaru yang menarik lainnya ada disini

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Di Bekasi, Rapid Test Virus Corona Wajib Pakai Kendaraan

23/03/2020

Event - Promosi

3 menit

Pemerintah provinsi Jawa barat bakal melakukan rapid test virus Corona secara Drive-Thru. Untuk itu saat pengetesan masyarakat wajib menggunakan kendaraan.

Lihat juga

Musim Corona Gini, Mending Naik Angkutan Umum atau Mobil Pribadi?

19/03/2020

Pengemudian

3 menit

Musim corona membuat sebagian orang bimbang naik mobil pribadi atau angkutan umum. Nah menurut Anda lebih baik yang mana? Mobil pribadi atau angkutan umum?

Lihat juga

Antisipasi Virus Corona, Sediakan Ini di Dalam Mobil Anda

02/03/2020

Perawatan dan service

3 menit

Virus Corona atau COVID-19 telah dikonfirmasi masuk ke Indonesia. Jangan panik Anda harus tetap tenang, sediakan hal ini untuk keamanan selama berkendara.

Lihat juga

Transjakarta Rutin Bersihkan Halte dan Bus untuk Mencegah Virus Corona

13/03/2020

Pasar mobil

5 menit

Ada beberapa tindakan yang dilakukan pihak Transjakarta untuk mencegah virus corona menyebar terlalu banyak di Indonesia. Diantaranya dengan rutin bersih-bersih bus dan halte.

Lihat juga