Warga Jakarta Cuek PPKM Darurat! Hasilnya Kemacetan di Mana-Mana

05/07/2021

Event - Promosi

3 menit

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat resmi diberlakukan dari tanggal 3 - 20 Juli. Namun, PPKM Darurat belum diindahkan oleh warga Jakarta.

PPKM Darurat ini dilakukan demi menekan penyebaran COVID-19 yang kembali melonjak akibat mobilitas masyarakat selama libur Idul Fitri. Memasuki hari ketiga pada Senin (5/7), rupanya masih banyak warga Jakarta yang memilih untuk keluar rumah.

Gambar Kemacetan Kalimalang

Macet total bos!

Hal ini berbanding terbalik dengan dua hari sebelumnya, di akhir pekan, PPKM Darurat nampak cukup sukses dalam menekan mobilitas masyarakat yang ditandai dengan sepinya berbagai ruas jalan Jakarta.

Akibat penyekatan jalan yang dilakukan oleh Polri dan TNI, warga Jakarta dan sekitarnya harus terjebak kepadatan lalu lintas yang mewarnai sejumlah media sosial. Foto-foto kemacetan ini salah satunya dibagikan oleh akun Instagram @jktinfo.

>>> Catat! Ini Titik Penyekatan di Jalan Tol Selama PPKM Darurat

Kemacetan di Berbagai Ruas Jalan Jakarta dan Sekitarnya

Salah satu titik kemacetan yang paling parah adalah Jalan Raya Kalimalang yang menjadi akses bagi warga Bekasi yang hendak ke Jakarta. Meski pemerintah sudah menganjurkan Work from Home (WFH) 100%, rupanya masih banyak warga yang terpaksa keluar rumah untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Tak hanya Bekasi, warga Tangerang pun harus terjebak kepadatan lalu lintas karena penyekatan jalan yang dilakukan di depan apartemen Daan Mogot City.

Kemacetan lain yang terjadi pada hari ketiga PPKM Darurat juga terlihat pada ruas jalan Kalideres, jalan akses Depok menuju Jakarta, Lenteng Agung, dan masih banyak lagi.

Reaksi Netizen Melihat Kemacetan di Media Sosial

Gambar kemacetan Daan Mogot City

Kepadatan lalu lintas juga terjadi di depan apartemen Daan Mogot City

Kemacetan ini pun mengundang berbagai reaksi netizen di media sosial, beberapa mengeluhkan perusahaan-perusahaan yang masih memaksa masyarakat untuk kerja ke kantor selama PPKM Darurat.

>>> Pengguna Mobil Pribadi Wajib Membawa Kartu Vaksin

"Enggak usah kepedean deh PPKM sepi, kemarin sepi ya karena weekend, nah pasti begini nih. Enggak kerja enggak makan, apalagi yg buruh harian, bisa bayangin sendiri deh gimana susahnya nyari duit saat-saat begini," ucap salah satu netizen.

"Dia mikir, lah dari kantor suruh masuk. PPKM emang biaya hidup di tanggung pemerintah?" ujar netizen yang lain.

Tak hanya itu, bahkan ada beberapa netizen yang memberi bocoran jalan pintas yang tidak dijaga oleh Polri dan TNI.

"Dari Tangerang belok kiri sebelum Polsek Kalideres sampai ketemu Swalayan Hari-hari, belok kanan lalu keluar ke Jalan Sumur Bor tembusan, maaf cuma info buat yg kerja saja," ungkap salah seorang netizen.

Hingga saat ini, akun Instagram @jktinfo masih terus membagikan berbagai foto di ruas jalan lain yang mengalami kemacetan. Reaksi dari netizen pun banyak yang mempertanyakan efektivitas kebijakan PPKM yang dilakukan oleh pemerintah dalam menekan mobilitas masyarakat.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

 
back to top