Uji Coba Mobil Hybrid Toyota di Ujung Timur Pulau Jawa Buktikan Keunggulan Teknologi Hybrid

10/10/2019

Event - Promosi

3 menit

Uji Coba Mobil Hybrid Toyota di Ujung Timur Pulau Jawa Buktikan Keunggulan Teknologi Hybrid
Delapan unit mobil hybrid Toyota berteknologi Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dicoba para jurnalis nasional, termasuk Tim Cintamobil.

Untuk turut mendukung program elektrifikasi kendaraan bermotor yang menjadi program pemerintah Republik Indonesia, PT Toyota Astra Motor mengajak para jurnalis dari media-media nasional untuk menjajal langsung jajaran mobil hybrid Toyota yang dipasarkan di Indonesia. Terdapat delapan unit mobil elektrifikasi Toyota yang terdiri dari Corolla Altis Hybrid (1 unit), Camry Hybrid (1 unit), Alphard Hybrid (1 unit), C-HR Hybrid (3 unit) dan Prius Plug-In Hybrid (PHEV) (2 unit), yang menempuh perjalananan sekitar 380 km antara Banyuwangi, Jawa Timur hingga Denpasar Bali pada 9 - 11 Oktober 2019.

foto-foto mobil hybrid toyota

Deretan line-up model elektrifikasi ditawarkan Toyota di Indonesia

>>> Alasan Simpel Toyota Kedepankan Mobil Hybrid Ketimbang Mobil Listrik

“Kegiatan media test drive mobil hybrid Toyota ini menjadi salah satu upaya sosialisasi mengenai kehadiran mobil listrik di Indonesia dan membuktikan ketangguhannya ,” papar Deputy Division Head Toyota-Astra Motor, Andri Widiyanto.

Menurut Andri, setidaknya ada empat keunggulan mobil hybrid yang bisa diketahui masyarakat umum jika dibandingkan dengan mobil-mobil bermesin konvensional saat ini. Yang pertama adalah soal kesenangan mengemudi atau fun to drive, kedua tentang keramahan lingkungannya, ketiga mengenai efisiensi konsumsi bahan bakar, keempat tentang kenyamanan berkendara dan kelima mengenai biaya perawatan mobil hybrid yang tidak terlalu jauh dibandingkan mobil-mobil biasa.

Toyota sebagai salah satu produsen mobil listrik terbesar di dunia saat ini telah berhasil menjual lebih dari 14 juta unit mobil HEV di lebih 90 negara. Di Indonesia, Toyota mulai memperkenalkan mobil listrik berteknologi HEV ini sejak 2009 dengan mendatangkan Toyota Prius, kemudian disusul dengan Camry Hybrid pada 2012, Alphard Hybrid pada 2015, C-HR Hybrid dan Corolla Altis Hybrid pada 2019.

>>> Daftar harga mobil terbaru bisa dicek di sini

Test drive media ini dimulai dari wilayah Banyuwangi, Jawa Timur menuju Bali di Pulau Dewata. Lintasan jalan di Banyuwangi cukup menantang bagi para jurnalis untuk menguji dan membuktikan kepraktisan, kehandalan dan performa mobil hybrid Toyota di tengah keindahan alam ujung Timur Pulau Jawa. Jalur yang sebagian besar didominasi medan lurus dan datar menjadikan teknologi HEV dan PHEV dapat dimanfaatkan secara optimal.

display mobil hybrid

Semua informasi terkait sistem hybrid bisa dilihat langsung di panel instrumen

Sebagai contoh, saat motor listrik bekerja sepenuhnya pada unit Toyota Prius Plug-in Hybrid. Perjalanan dari Bandara Blimbingsari, Banyuwangi menuju Hutan De Djawatan sejauh sekitar 23 km, kami bisa mencatatkan konsumsi bahan bakar yang mencapai 1,9 liter/100 km atau sekitar 52,6 km/liter yang ditunjukkan oleh layar Multi Information Display (MID). Selain itu, penggunaan motor listrik juga mengantarkan tenaga secara spontan sehingga dapat memberikan akselerasi yang sangat responsif.

>>> Berita event dan promosi menarik lainnya bisa Anda dapatkan di sini

Dalam rangkaian test drive ini, para jurnalis juga diajak berkunjung ke dealer Auto2000 Toyota di Banyuwangi untuk melihat secara langsung proses pelayanan servis kendaraan Hybrid. Pada kesempatan ini, Faozan, kepala bengkel Auto2000 Banyuwangi menyampaikan bahwa pada dasarnya servis kendaraan hybrid nyaris sama dengan kendaraan non-hybrid. Beberapa aspek perawatan seperti bagian mesin, sasis, dan elektrikal serupa, namun pada kendaraan hybrid ada penambahan pengecekan pada bagian baterai, terutama pada bagian pendingin dan filternya. DI Indonesia, Toyota memberikan garansi kendaraan selama 3 tahun atau hingga 100 ribu km dan bagi kendaraan hybrid, mereka mendapatkan garansi baterai selama 5 tahun atau 150 ribu km.  

ilustrasi toyota prius di bengkel

Tak perlu khawatir soal perawatan, seluruh jaringan aftersales Toyota dijamin siap menerima mobil hybrid Anda

Masih banyak mobil Toyota berteknologi hybrid atau plug-in hybrid yang telah kami uji. Simak ulasannya hanya di Cintamobil.com.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

 
back to top