Tuk-Tuk Digeber di Sirkuit Nurburgring, Apa Jadinya?

26/01/2021

Event - Promosi

5 menit

Tuk-Tuk ini diuji coba di Sirkuit Nurburgring setelah sebelumnya dilakukan penyesuaian setingan terlebih dulu. Hasilnya memang bukan yang terbaik, tapi menjadi Tuk-Tuk pertama yang melesat di sirkuit legendaris tersebut.

Tuk-Tuk merupakan kendaraan umum khas dari Thailand. Bentuknya berupa kendaraan roda tiga serupa Bajaj di Indonesia, namun tidak dilengkapi pintu pengemudi maupun penumpang, serta atap yang bisa dicopot pasang.

Umumnya Tuk-Tuk digunakan sebagai sarana transportasi masarakat di Negeri Gajah Putih itu untuk beraktifitas atau para turis asing yang ingin menikmati suasana kota. Lalu apa jadinya kalau sebuah Tuk-Tuk berhasil memecahkan rekor di Sirkuit Nurburgring, Jerman?

>>> Honda Civic Type R TCR Pertahankan Juara Di Nurburgring 24 Hours

Catat Rekor di Nurburgring

Tuk Tuk di Sirkuit Nurburgring

Melesat di Sirkuit Nurburgring bukan perkara mudah untuk kendaraan ini

Sirkuit Nurburgring memang dikenal sebagai taman bermain untuk para pecinta otomotif. Lokasi tersebut kerap dijadikan patokan seberapa kuat mobil yang telah diproduksi atau dirakit sebelum akhirnya dipasarkan secara massal. Dan tak jarang juga Nurburgring menjadi saksi sejarah bagaimana sejumlah rekor kecepatan berhasil ditorehkan. Diantaranya yang dilakukan Bugatti, McLaren, Ferrari, Volkswagen, sampai Honda.

Namun dikutip dari Autoevolution, Selasa (26/01/2021), sebuah ide gila terlintas oleh beberapa orang. Yaitu bagaimana jika memasukkan Tuk-Tuk ke Sirkuit Nurburgring dan melihat kemampuan tertingginya. Tentu saja, Tuk-Tuk ini bukan hanya dipakai untuk berkeliling paddok, namun benar-benar digeber mengitari sirkuit balap tersebut.

>>> Liburan Seru, Berikut Rekomendasi 5 Tempat Main Gokart di Jakarta

Beberapa Kali Mogok

Tuk-Tuk Tes di Sirkuit Nurburgring

Tuk-Tuk pertama yang dipacu secara resmi di Sirkuit Nurburgring

>>> Review Renault Megane R.S Trophy-R 2019, Kala Napoleon Buat Takluk Samurai Jepang

Tentunya Tuk-Tuk memang tidak diesain untuk kebutuhan melaju di trek balap. Tak heran saat percobaan pertama kali, kendaraan roda tiga ini mengalami jebol mesin hanya berselang 2 kilometer dari garis start.

Supaya kendaraan ini kuat untuk digenjot secara paksa, perusahaan yang juga bekerja sama dengan Koenigsegg ditunjuk untuk memperkuat sasis dan beberapa komponen pada kendaraan yang akan diuji coba itu. Bahkan Stig dipercaya jadi joki untuk pengujian ini.

Akhirnya, setelah beberapa kali pengujian bahkan harus mogok tepat setelah garis finish, kendaraan berkelir kuning biru tersebut berhasil mencatat kecepatan tertinggi di 63 km/jam. Sementara catatan lap record untuk Tuk-Tuk tersebut adalah 31 menit 49 detik.

Apakah ini merupakan TukTuk tercepat didunia? Sepertinya tidak juga. Karena pernah ada yang mengklaim sanggup mencapai kecepatan 119 km/jam. Tapi setidaknya, ini merupakan Tuk-Tuk pertama yang berhasil melesat di Sirkuit Nurburgring.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top