Toyota Siap Pamerkan Versi Produksi Ultra-Compact BEV, Si Mungil Yang Bisa Jalan 100 Km Sekali Ngecas

21/10/2019

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Toyota Siap Pamerkan Versi Produksi Ultra-Compact BEV, Si Mungil Yang Bisa Jalan 100 Km Sekali Ngecas
Tak ingin melewatkan gelaran Tokyo Motor Show (TMS) 2019 Toyota bakal tunjukkan kepada dunai mobil-mobil listrik super compact buatannya, Ultra Compact BEV. Bukan lagi berwujud konsep, tapi versi produksi yang akan dijual mulai tahun depan.

Toyota mengumumkan lini produk yang akan dipajang di ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2019. Tercatat ada 6 model yang bakal dipamerkan dan semuanya berbasis BEV (battery electric vehicle) alias kendaraan listrik bertenaga baterai untuk jarak tempuh pendek, yaitu Ultra-compact BEV, Ultra-compact BEV Concept Model for Business, Walking Area BEV Standing Type, Walking Area BEV Seated Type, Walking Area BEV Wheelchair-linked Type, dan Toyota i-ROAD.

"Kami ingin menciptakan solusi mobilitas yang dapat mendukung masyarakat lanjut usia di Jepang dan memberikan kebebasan bergerak kepada orang-orang di semua level kehidupan," tutur Akihiro Yanaka, Kepala Pengembangan Toyota, dalam keterangan resminya, (17/10/2019).

"Melalui Ultra-compact BEV, kami dengan bangga menawarkan kendaraan yang tidak hanya memungkinkan otonomi lebih besar, melainkan yang membutuhkan lebih sedikit ruang, menciptakan lebih sedikit kebisingan dan mengurangi dampak lingkungan," tambahnya.

1. Ultra-compact BEV

Foto menunjukkan Toyota Ultra-Compact BEV tampak dari samping depan

Toyota Ultra-Compact BEV, 100 km dalam sekali ngecas

Ultra-compact BEV, sesuai dengan namanya mobil ini punya dimensi super kompak dengan kapasitas penumpang 2 orang. Fungsional Ultra-compact BEV ditujukan untuk mobilitas harian para lansia, pengemudi pemula, atau pebisnis untuk keperluan jarak pendek. Dengan dimensi panjang 2.490 mm, lebar 1.290 mm dan tinggi 1.550 mm, mobil ini lincah melewati beragam jalanan kecil. Atau jika ingin memutar arah hanya dibutuhkan radius putar yang pendek.

Untuk performa Ultra-compact BEV dibekali baterai berkapasitas 200 Volt yang bisa menempuh jarak 100 km dalam sekali pengisian dengan kecepatan maksimum 60 km / jam. Untuk pengisian sendiri membutuhkan waktu 5 jam dengan charging station standar, dan akan lebih singkat lagi jika menggunakan fast charging.

>>> 7 Teknologi Baru Toyota dalam Konsep Toyota LQ di Tokyo Motor Show 2019

2. Ultra-compact BEV Concept Model for Business

Berbeda dengan Ultra-compact BEV untuk keperluan harian, Ultra-Compact BEV untuk kepentingan bisnis hanya bisa dipakai sendirian dengan kapasitas kursi hanya 1 orang serta dengan desain yang sedikit berbeda. Untuk spesifikasi lain seperti dimensi, baterai, jarak tempuh dan kecepatan maksimum tidak berbeda dengan Ultra-Compact BEV. Mobil ini juga bakal dibawa ke TMS namun dalam bentuk konsep.

Walking Area BEV Standing Type, Walking Area BEV Seated Type, Walking Area BEV Wheelchair-linked Type

Foto 3 macam Toyota Walking Area BEV yang di pamerkan di TMS 2019

Walking Area BEV, alat bantu berjalan dengan motor listrik

Tiga model berikutnya yaitu Walking Area BEV Standing Type, Walking Area BEV Seated Type, Walking Area BEV Wheelchair-linked Type bisa dikatakan bukan sebuah mobil. Namun berupa alat bantu berjalan yang dibekali baterai listrik.

Walking Area BEV Standing Type dipakai dengan cara berdiri, mirip dengan scooter skateboard, Walking Area BEV Seated Type hampir sama dengan Walking Area BEV Standing Type namun dibekali tempat duduk. Untuk Walking Area BEV Wheelchair-linked Type disambungkan dengan kursi roda untuk memberi kemudahan mobilias kaum difabel. Alat ini bisa disambung dan dilepas sesuai kebutuhan.

>>> Pertama Gunakan Platform GA-B, Gambar Resmi Toyota Yaris 2020 Diluncurkan

3. Toyota i-ROAD

Toyota i-ROAD punya fungsi sama dengan Ultra-Compact BEV, namun dengan desain yang berbeda. Kendaraan ini seperti penggabungan antara mobil dan sepeda motor. Bagian atasnya berpintu, berjendela selayaknya mobil dengan kapasitas maksimum 2 penumpang, Sementara bagian bawahnya berupa roda tiga dengan dua di depan dan satu di belakang.

Dari sisi ukuran Toyota i-ROAD juga lebih kecil dibanding Ultra-compact BEV dengan dimensi panjang 2.345 mm, lebar 870 mm, dan tinggi 1.455 mm. Versi konsep mobil ini pertama kali diluncurkan di pameran Geneva Motor Show 2013 dan terus dikembangkan hingga saat ini.

Pada pameran Tokyo Motor Show 2019, pengunjung bisa mencoba Toyota i-ROAD dan tiga mobil BEV lainnya pada arena sejauh 1,5 kilometer yang disiapkan penyelenggara. So, bagi Anda yang tidak sabar ingin mencoba, silahkan terbang ke Tokyo dan datang ke TMS 2019 di Tokyo Big Sight, Tokyo, Jepang mulai 24 Oktober hingga 4 November 2019.

>>> Tertarik membeli mobil Toyota, Cek harganya di sini!

>>> Berita terupdate dan terlengkap tentang dunia otomotif hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Toyota Rise, SUV Kompak Terbaru Toyota Yang Akan Memulai Debutnya Bulan Depan

19/10/2019

Mobil baru

3 menit

Toyota Rise merupakan jawaban atas tren SUV kompak perkotaan yang sedang menjadi tren di beberapa negara

Lihat juga

Pertama Gunakan Platform GA-B, Gambar Resmi Toyota Yaris 2020 Diluncurkan

16/10/2019

Mobil baru

2 menit

Toyota Yaris 2020 bocor sebelum premier pertamanya pada Tokyo Motor Show 2019 mendatang. Hatchback unggulan Toyota tersebut terlihat kamera tanpa kamuflase atau penyamaran pada Tokyota Technical Center Shimoyama di Toyota (sebuah kota di prefektur Aichi), Jepang.

Lihat juga

Program Toyota Drive, Solusi Ganti Mobil Baru Toyota Tiap 3 Tahun

17/10/2019

Event - Promosi

4 menit

Jika Anda bosan dengan mobil yang Anda gunakan selama 3 tahun dan berminat untuk menggantinya. Coba ketahui Program Toyota Drive, sepertinya cocok untuk kebutuhan Anda.

Lihat juga

Toyota Tertarik Hadirkan Avanza Hybrid

16/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Toyota tertarik menyulap model terlarisnya, Avanza dan Innova menjadi mobil hybrid demi memenuhi kebutuhan pasar menengah ke bawah.

Lihat juga

Komparasi Toyota Calya Dan Daihatsu Sigra, Akhir Tahun Pilih Mana?

20/12/2018

Jual beli

4 menit

Membahas mobil Low Cost Green Car (LCGC) memang selalu menarik. Tepat seperti apa yang dikatakan oleh salah satu penulis, mobil LCGC adalah pilihan pas untuk mereka yang ingin berpindah dari sepeda motor ke mobil. Selain karena harganya terjangkau, mobil LCGC juga memiliki beberapa kelebihan. Berikut komparasi Toyota Calya Dan Daihatsu Sigra.

Lihat juga