TOSCA Latihan Menjadi Jurnalis Otomotif

02/07/2019

Event - Promosi

4 menit

Bersama komunitas otomotif lainnya, Toyota Sienta Community Indonesia (TOSCA) mengikuti pelatihan dasar dan pengetahuan bidang jurnalistik. Tujuannya agar tercipta hubungan kerjasama antara komunitas otomotif dan media.

Komunitas pengguna Toyota Sienta yang tergabung dalam Toyota Sienta Community Indonesia (TOSCA) mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh pihak PT Toyota Astra Motor (TAM). Bersama 18 klub dan komunitas Toyota lainnya, pelatihan kali ini cukup unik.

>>> Toyota Luncurkan Program Toyota Holiday Campaign 2019

Melalui workshop yang bertema "Become A Media Magnet" tersebut, para komunitas diberi bekal pelatihan dan pengetahuan jurnalistik. Tujuannya agar komunitas memiliki kemampuan dasar dalam penulisan siaran pers maupun jurnal yang berkaitan dengan setiap kegiatan yang mereka lakukan.

"Kami akan selalu memberikan kail kepada temen komunitas atau club yg dibawah naunga TOC (Toyota Owner Club) untuk mengemas acara dan kegiatan komunitas atau club yang dikenal masyarakat melalui media media dalam kegiatan yg positif. Dan ini salah satu kail yang kita berikan untuk teman-teman TOC," ujar Rouli Sijabat  selaku Departemen Head Intreractive Communication TAM.

>>> Banyak promo mobil baru menarik disini

1. Diisi Praktisi Senior Jurnalistik

Salah satu pembicara

Narasumber dari para praktisi media

Beberapa narasumber dari praktisi senior di dunia jurnalistik dari berbagai media ternama di Indonesia diundang untuk memberikan pelatihan tersebut. Acara yang menarik ini juga diisi oleh pakar pakar dibidang media dan public relation andal.

Acara yang berlangsung 29 Juni 2019 dari pagi hingga sore hari itu dibagi dalam beberapa sesi. Antara lain meliputi teknik penulisan artikel dan tehnik foto-foto untuk di media. Para pembicara yang hadir diantaranya Chamdan Purwoko, Deputy Chief Editor Bisnis Indonesia, Vidi Prima PR 7 Marketing Communications Practitioner, Roderick Mozes Photography Entusiast, dan Cahyo Utomo Managing Director Media Indonesia.com.

>>> Cari mobil bekas berkualitas hanya disini

"Kami sebagai komunitas otomotif sangat menyadari pentingnya dan perlunya publikasi media dan menjaga hubungan dengan teman teman media. Karena banyak program kerja kami yang melibatkan dan bersinergi dengan masyarakat umum jika dapat dipublikasikan dengan baik dan benar, bisa bersifat positif," ujar Nandang Sugianto, Ketua Umum TOSCA, yang juga merupakan salah satu peserta workshop.

2. Pesan Buat Para Komunitas

Peserta mendengarkan materi

Berbagi tips membuat press release yang menarik

Saat menjadi pembicara, para praktisi yang hadir pun memberikan pesan kepada peserta, termasuk member Toyota Sienta Community Indonesia. "Betapa pentingnya hubungan cinta sepenuh hati antara media dengan komunitas agar hubungan yang saling membutuhkan ini terjalan dengan indah," ujar Chamdan.

>>> Berita otomotif paling update klik disini

Sementara Vidi Prima mengungkapkan sebaiknya hubungan antara komunitas dengan media dapat terjalin untuk jangka panjang, bukan cuma saat ada event saja. Lalu Cahyo Utomo juga berpesan tentang pentingnya kualitas membuat press release yang menarik.

Para peserta workshop

Media dan komunitas harus saling bekerja sama

"Penulisan press release yang menarik, baik dan layak tayang disuatu media merupakan magnet tersendiri buat media untuk menaikan tulisan teman teman komunitas yang sangat perlu diperhatikan antara lain judul berita isi berita penulisan yang baik dan benar serta memenuhi kriteria kriteria jurnalis," ujar Cahyo.

Sedangkan Roderick berpesan agar setiap kegiatan yang dilakukan komunitas, termasuk juga TOSCA, perlu diabadikan dengan foto-foto. Foto kegiatan ini harus mampu menceritakan kegiatan tersebut untuk mendukung penulisan dari para jurnalis di media.

>>> Temukan berita komunitas paling lengkap disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top