Tol Semarang-Solo dan Jagorawi Dinobatkan Sebagai Jalan Tol Terbaik

07/12/2020

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Tol Semarang-Solo dan Jagorawi Dinobatkan Sebagai Jalan Tol Terbaik
Dua jalan tol milik Jasa Marga, Tol Semarang-Solo dan Jagorawi meraih penghargaan tertinggi dari Kementerian PUPR sebagai jalan tol terbaik di Indonesia

Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga (Persero) meraih beberapa penghargaan terbaik untuk beberapa jalan tol yang dikelola. Penghargaan diberikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam rangka peringatan Hari Bakti PU ke 75 yang jatuh pada 3 Desember 2020.

Jalan Tol Terbaik

Penghargaan pertama diterima untuk jalan Tol Semarang-Solo dan Tol Jagorawi. Dua jalan tol yang dikelola Trans Marga Jateng (TMJ) dan Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) itu dinobatkan sebagai jalan tol terbaik di Indonesia untuk kategori pengelolaan ruas jalan tol berkelanjutan. Keduanya mengalahkan puluhan ruas tol lain di tanah air baik yang dikelola BUJT Jasa Marga maupun BUJT lain.

"Dengan segala pencapaian yang telah diraih Jasa Marga di tahun 2020 ini, serta didukung semangat inovasi, implementasi teknologi yang tinggi serta penerapan green toll road yang berkelanjutan, kami optimis Perseroan dapat melangkah lebih baik di tahun yang akan datang," kata Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur dalam keterangannya yang dirilis Jasa Marga (3/12/2020).

>>> Kenali Fungsi 4 Lajur Jalan Tol Agar Tak Salah Posisi!

Foto menunjukkan Jalan Tol Jagorawi

Tol Jagorawi, Tol dengan pengelolaan terbaik di Indonesia

Menurut Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Head Ari Wibowo selaku pengelola jalan tol Jagorawi, ada sejumlah penilaian logis Tol Jagorawi mendapat penghargaan bergengsi di atas. Beberapa indikator penilaian meliputi Aspek kelancaran, Aspek Kenyamanan, dan Aspek keselamatan, serta menilai layanan Tempat Istirahat dan Pelayanan (rest area).

“Dengan penghargaan yang diterima oleh Jasa Marga dalam mempertahankan predikat Jalan Tol Terbaik di ruas jalan tol yang dikelolanya, hal ini  menjadi motivasi dan tantangan bagi kami di regional untuk terus meningkatkan pelayanan yang lebih baik lagi di seluruh ruas jalan tol yang kami koordinasikan” ujar Ari.

Sementara untuk jalan Tol Semarang-Solo, menurut Direktur Utama PT Trans Marga Jateng A.J. Dwi Winarsa selain aspek-aspek di atas juga tol ini menawarkan segudang keindahan. Dari hamparan sawah menghijau, pemandangan gunung hingga fasilitas rest area yang sangat lengkap.

"Peningkatan pelayanan tentu saja terus kami lakukan secara konsisten untuk pengguna jalan. Selain itu, yang menjadi daya tarik lainnya yang mungkin tidak didapatkan di jalan tol lain, yaitu pemandangan yang indah dengan beberapa gunung yang bisa terlihat seperti Gunung Ungaran, Merbabu, dan Merapi. Namun tentu saja walaupun memiliki pemandangan indah, kami melarang keras pengguna jalan untuk berkendara sambal mengambil gambar atau bahkan turun jalan untuk selfie di jalan tol," kata Dwi.

>>> Jembatan Lemah Ireng I Tol Semarang-Solo, Jembatan Terpanjang Tol Trans Jawa

Foto menunjukkan Simpang Susun Salatiga

Simpang Susun Salatiga Tol Semarang-Solo

Rest Area Terbaik

Selain Tol Semarang-Solo dan Tol Jagorawi, penghargaan juga diberikan KemenPUPR untuk Tempat Informasi dan Pelayanan (TIP) atau rest area.

Ada 3 rest area yang dinilai sebagai TIP terbaik, yaitu Rest Area KM 429A Tol Semarang-Solo (dikelola PT. Lingga Jati), Rest Area KM 97B Tol Cipularang (dikelola PT. Ingsu Jaya). Keduanya terbaik untuk Rest Area tipe A. Sedangkan Rest Area KM 456A (Resta Pendopo) Tol Semarang-Solo yang dikelola PT. Astari Marga Sarana dinobatkan sebagai Rest Area tipe B terbaik.

>>> Megahnya Resta Pendopo KM 456, Rest Area Skybridge Pertama di Indonesia

Foto menunjukkan Resta Pendopo 456 Tol Semarang-Solo

Resta Pendopo KM 456, pertama di Indonesia rest area dengan skybridge

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Jasa Marga Tanam 10.000 Pohon Bambu di Jalan Tol Semarang-Solo

17/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Dukung program penghijauan dan beautifikasi Jasamarga Transjawa Tollroad (JTT) tanam 10.000 pohon bambu di sepanjang ruas Jalan Tol Semarang-Solo, Jawa Tengah.

Lihat juga

Tol Semarang ABC Mudahkan Akses ke Seluruh Kota Semarang

27/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Tol Semarang ABC hanya memiliki panjang 24,75 km, namun keberadaannya sangat penting dan vital karena mampu mendekatkan hampir seluruh wilayah Kota Semarang.

Lihat juga

Megahnya Resta Pendopo KM 456, Rest Area Skybridge Pertama di Indonesia

27/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Inilah Resta Pendopo KM 456 Tol Trans Jawa. Selain mewah dan megah juga menjadi rest area pertama di Indonesia yang dilengkapi skybridge melintang di atas jalan

Lihat juga

Alasan Pengendara Harus Mampir di Rest Area Jalan Tol

22/09/2020

Pengemudian

3 menit

Banyak alasan pengendara harus mampir di rest area jalan tol dibanding terus melaju meneruskan perjalanan sampai tempat tujuan tanpa berhenti sama sekali.

Lihat juga

Pelajaran Dari Kecelakaan APV di Tol Jagorawi, Jangan Pernah Sepelekan Sabuk Keselamatan

16/09/2019

Pengemudian

3 menit

Sejumlah penumpang terlempar keluar saat sebuah Suzuki APV terguling di Jalan Tol Jagorawi akibat tidak mengenakan sabuk keselamatan saat berada di dalam kendaraan. 3 orang meninggal dunia, sedang sisanya terluka dan harus mendapat perawatan.

Lihat juga
 
back to top