Pertama dalam 67 Tahun, Tokyo Motor Show 2021 Dibatalkan

23/04/2021

Event - Promosi

3 menit

Lonjakan kasus Covid-19 membuat pameran otomotif Tokyo Motor Show 2021 dibatalkan. Ini adalah pertama kalinya sejak pameran diselenggarakan 67 tahun silam.

Pameran otomotif Tokyo Motor Show 2021 dinyatakan batal dan gagal diselenggarakan. Keputusan ini diambil mempertimbangkan pandemi Covid-19 sedang berlangsung.

"Kami telah menyimpulkan bahwa akan sulit untuk menawarkan program utama kami di mana banyak pengunjung dapat merasakan pengalamannya. fitur menarik dari mobilitas di lingkungan yang aman." kata CEO Toyota Akio Toyoda, yang juga menjabat sebagai ketua penyelenggara acara Japan Automobile Manufacturers Association kepada wartawan, seperti dikutip Automotive News Europe.

Pertama kali dalam 67 tahun

Pembatalan ini merupakan pertama kalinya dalam 67 tahun. Sejak pameran perdana tahun 1954 pameran otomotif terbesar di dunia itu selalu digelar setiap dua tahun sesuai jadwal. Tahun ini lonjakan Covid-19 di Jepang menimbulkan kekhawatiran. Perdana Menteri Yoshihide Suga dilaporkan sedang mempertimbangkan untuk mengumumkan keadaan darurat di kota-kota termasuk Tokyo dan Osaka.

>>> Cintamobil TV: Coba Duduk di Semua Mobil SUV 7 Penumpang Termahal IIMS 2021

Foto Toyota e Racer di Tokyo Motor Show 2019

Toyota e Racer, Tokyo Motor Show 2019

Dengan batalnya pameran tahun ini, praktis Tokyo Motor Show 2019 menjadi yang terakhir. Pada pameran yang akan datang tahun 2022 atau 2023 nama Tokyo Motor Show akan berganti nama menjadi “Tokyo Mobility Show'. Hal ini untuk mencerminkan semakin beragamnya solusi transportasi yang ditawarkan dari pabrikan Jepang.

"Lain kali, kami ingin mengadakan acara yang lebih baik yang disebut Tokyo Mobility Show," kata Toyoda. "Kami ingin meminta dukungan Anda yang berkelanjutan."

Tidak ada pameran virtual

Atas pembatalan ini Toyoda menyatakan tidak akan membuat pameran versi virtual sebagaimana Geneva Motor Show awal Maret lalu. Dirinya juga tidak akan mendorong pabrikan untuk membuat pamerannya sendiri secara virtual karena bakal menghilangkan aura pameran yang sebenarnya.

"Pameran otomotif Tokyo menampilkan sepeda motor, minicar, kendaraan besar [dan] mobil penumpang, serta kendaraan mobilitas industri lain.” kata Toyoda. "Karena itu, kami ingin memprioritaskan pengunjung mengalami kendaraan ini di dunia nyata, dan kami lebih suka mengadakan acara di dunia nyata, bukan secara virtual. Jadi kami memutuskan untuk membatalkan acara tersebut."

Sebagai informasi, Tokyo Motor Show 2021 sedianya berlangsung pada Rabu, 20 Oktober 2021 hingga 31 Oktober 2021 di Tokyo International Exhibition Center Tokyo Big Sight.

>>> Bangkok Motor Show Digelar Offline Meski Pandemi Belum Usai

Foto Suzuki Hustler Concept tampak samping depan

Banyak mobil konsep ditampilkan di ajang Tokyo Motor Show

>>> Cari mobil bekas berkualitas, cek koleksi dan harganya di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top