Tokyo Motor Show 2019: UD Trucks Pamerkan Tiga Truk Canggih di TMS 2019

24/10/2019

Event - Promosi

5 menit

Tokyo Motor Show 2019: UD Trucks Pamerkan Tiga Truk Canggih di TMS 2019
Kebutuhan mobil ramah lingkungan dan pintar tidak hanya terbatas untuk passenger car semata, salah satunya UD Truck yang memboyong tiga kendaraan komersial canggihnya pada Tokyo Motor Show 2019.

Tiga konsep kendaraan komersial yang dibawa UD Trucks ke Tokyo Motor Show 2019 adalah embrio dari kendaraan komersial “Fujin & Raijin Vision 2030”. Yang memfokuskan pada pengembangan truk ramah lingkungan dan mobil otonom yang sudah mengakomodir teknologi berkendara otonom level 4.

>>> Bukan hanya UD Trucks, Hino juga bawa truk canggihnya ke TMS 2019

Sementara untuk elektrifikasi, pabrikan Jepang itu mengembangkan berbagai teknologi yang terfokus pada teknologi hybrid. Dalam hal ini, UD Trucks menargetkan produksi masal truk otonom dan truk elektrik pada 2030 mendatang.

Truk otonom UD Trucks Fujin dipamerkan di TMS 2019

Truk otonom Fujin berjalan dengan bantuan teknologi GPS canggih dan 3D LiDAR

Truk otonom Fujin telah digunakan pada demonstrasi pertama teknologi berkendara otonom level 4 yang dilakukan di beberapa jalanan publik pada Agustus lalu. Pengembangannya berbasis dari truk besar “Kuon”, dan berjalan dengan bantuan berbagai teknologi semisal RTK-GPS (Real-Time Kinematic Global Positioning System) dan 3D LiDAR.

>>> Mobil pilihan dengan harga terbaik bisa Anda lihat di sini

“Salah satu solusi yang dibutuhkan dunia logistik di masa depan adalah truk otonom. Kami mengambil langkah awal pada akhir Agustus ini. Dan pada 2020 mendatang, kami akan menerapkan teknologi berkendara otonom di beberapa area,” ujar Director of Trucks Development UD Trucks, Douglas Nakano.

Konsep truk hybrid UD Trucks Raijin dipamerkan di TMS 2019

Truk Hybrid Raijin akan menjadi sebuah truk ramah lingkungan untuk keperluan logisitik modern

Sementara itu, truk Hybrid Raijin berbasis dari kendaraan hybrid eksperimental “Thunder God” dan truk berat “Quon”. Raijin merupakan solusi truk hybrid ramah lingkungan yang punya kapabilitas untuk menggunakan mode listrik sepenuhnya, semisal jika digunakan di kawasan gudang makanan.

>>> Berita seputar Tokyo Motor Show dapat Anda lihat di sini

Saat ini UD Trucks sedang mengembangkan sebuah truk berdaya besar namun dengan emisi nol yang mengedepankan efisiensi tenaga maksimal, daya angkut, jarak tempuh, dan kesenyapan untuk truk listrik masal yang mulai dijual 2030 mendatang.

Desain kokpit UD Trucks Quon Concept 202x

Konsep kokpit truk pintar UD Trucks Quon Concept 202X

Selain Fujin dan Raijin, UD Trucks juga menghadirkan Quon Concept 202X, sebuah konsep tuk pintar yang mendukung berbagai teknologi canggih seperti kustomisasi display dan eksterior, AI, dan penggunaan sistem monitoring kamera. Yang membawa proses logistik menuju level efisien, sangat produktif, aman, ramah lingkungan, dan merupakan infrastruktur sosial yang sangat diperlukan untuk “smart society” yang direalisasikan oleh kemajuan teknologi IoT, AI, dan ICT.

Selain tiga mobil konsep itu, UD Trucks juga menghadirkan dua produknya saat ini, Quon dan Quester (yang saat ini tidak dijual di pasar Jepang) pada TMS 2019, yang berlangsung sampai 4 November mendatang.

>>> Berita otomotif terlengkap ada di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top