Tokyo Motor Show 2019: Toyota Yaris 2020 Jadi Produk Jagoan Toyota Di Tokyo Motor Show 2019

23/10/2019

Event - Promosi

3 menit

Tokyo Motor Show 2019: Toyota Yaris 2020 Jadi Produk Jagoan Toyota Di Tokyo Motor Show 2019
Rival abadi dari Honda Jazz ini akhirnya mendapat ubahan yang besar. Tak heran Toyota Yaris 2020 ini digadang-gadang akan menjadi model global Toyota, dan memulai debutnya di ajang Tokyo Motor Show 2019.

Ajang tahunan Tokyo Motor Show 2019 yang berlangsung di Jepang, kembali dihelat. Kini bertempat di Tokyo Big Sight. Event ini merupakan salah satu acara otomotif yang paling dinanti. Sebab, dari dulu kala, Tokyo Motor Show adalah salah satu barometer otomotif di dunia, tak terkecuali Indonesia. Sebagai perusahaan otomotif terbesar di dunia Toyota juga turut ambil bagian, dan Toyota Yaris 2020 sebagai produk jagoan perusahaan asal Jepang itu di ajang tersebut.

>>> Ini pendapat kami mengenai Toyota Yaris termahal yang dijual di Indonesia

Gambar menunjukkan mobil Toyota Yaris 2020 warna biru

Toyota Yaris 2020 ini jadi produk andalan Toyota di ajang Tokyo Motor Show 2019

Toyota Yaris 2020 ini hadir dengan bentuk yang futuristis berkat penggunaan platform Toyota New Global Architecture. Dengan basis TNGA dimana pilihan sasis dan powetrain yang akan disematkan dapat dibuat jauh lebih sederhana pilihannya berkat sharing platform, otomatis dapat membuat mobil Toyota Yaris 2020 ini menjadi produk untuk kebutuhan pasar global. 

>>> Mau cari Toyota Yaris bekas? Lihat pilihannya di sini

Gambar menunjukkan sasis GA-B TNGA Toyota Yaris 2020

Toyota Yaris 2020 menggunakan platform GA-B yang merupakan turunan dari TNGA

Toyota Yaris 2020 ini menggunakan platform GA-B yang merupakan turunan dari TNGA. Platform GA-B ini adalah platform baru Toyota yang dibuat khusus untuk mobil kompak. Platform GA-B ini lebih kaku hingga 30% dan punya bobot lebih ringan 50 kilogram serta memiliki canter of gravity 15 mm lebih rendah dari mobil sejenis dengan basis konvensional. Ini akan menjanjikan kedinamisan berkendara yang lebih baik.

>>> Nih, gambar resmi Toyota Yaris 2020 teranyar

Gambar menunjukkan sasis Yaris 2020

Dengan platform baru, Toyota Yaris 2020 ini dipercaya punya kedinamisan berkendara yang baik

Tentu saja penggunaan platform ini tidak mengherankan, mengingat Toyota Global sedang giat-giatnya menggaungkan konsep TNGA. Dengan TNGA, mobil-mobil keluaran Toyota kekinian yang sudah mengusung konsep modern ini diklaim lebih fun to drive, lebih menyenangkan dinaiki penumpang karena nyaman, dan juga memiliki desain yang sangat menarik. Rasa berkendara mobil Toyota dengan platform TNGA itu sangat berbeda cita rasanya dengan Toyota non platform TNGA.

>>> Enggak hanya mobil, komunitas Toyota Yaris ini juga menggandeng komunitas olahraga agar hidup sehat

Gambar menunjukkan tampilan belakang Toyota Yaris 2020

Tampilan belakang Toyota Yaris 2020 terlihat agresif

Berkat TNGA itu juga, interior dari Toyota Yaris 2020 ini dapat dibuat sama futuristiknya dengan tampilan eksteriornya. Layout dasbor Toyota Yaris 2020 yang jadi andalan Toyota di ajang Tokyo Motor Show 2019 ini menggunakan konsep clutter free interior yang mengedepankan spacious (kelegaan kabin) dan comfortable (kenyamanan kabin).

>>> Begini keseruan komunitas Toyota Yaris merayakan ulang tahun ke-13

Gambar menunjukkan konsep interior Toyota Yaris 2020

Layout dasbor total baru dan mengedepankan kelegaan ruang serta kenyamanan

Lebih jauh, produk andalan Toyota yang sedang melantai di event Tokyo Motor Show 2019 ini juga dibekali dengan konsep eyes on road, yakni penggunaan head up display yang tata letaknya sudah disesuaikan dengan egronomika tubuh manusia. Konsep ini dibuat bertujuan agar mata pengemudi tidak lekas lelah, dan mengurangi konsentrasi hingga terjadi fatique bahkan mircosleep yang amat berbahaya ketika terjadi saat mengemudi.

>>> Ini alasan Toyota gunakan platform TNGA untuk Yaris terbaru

Gambar menunjukkan mesin M15A dan Direct Shift-CVT di Toyota Yaris 2020

Mesin 3 silinder dynamic force engine dikawinkan dengan transmisi CVT anyar

Untuk pilihan mesinnya sendiri, Toyota Yaris 2020 ini dapat menggendong 2 pilihan mesin. Yakni unit terbaru 3 silinder segaris 1500 cc berkode M15A dengan teknologi dynamic force engine, atau unit 1000 cc berjumlah silinder 3 buah dengan kode mesin 1KR. Kedua mesin ini dapat dikawinkan dengan tiga pilihan transmisi, yakni Super CVT-i, Direct Shift-CVT, dan transmisi manual 6 percepatan.  Anda makin penasaran dengan Toyota Yaris 2020 ini? Nantikan review lengkapnya oleh kami ya!

>>> Berita informasi dunia otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top