Tokyo Motor Show 2019: Mitsubishi Fuso Hadirkan Vision F-Cell, Truk Berteknologi Fuel Cell Yang Ramah Lingkungan

24/10/2019

Event - Promosi

3 menit

Tokyo Motor Show 2019: Mitsubishi Fuso Hadirkan Vision F-Cell, Truk Berteknologi Fuel Cell Yang Ramah Lingkungan
Perkembangan teknologi pada truk dan kendaraan komersial melangkah lebih maju dengan menghadirkan sumber tenaga alternatif sebagai pengganti mesin diesel konvensional. Salah satunya seperti yang diaplikasi pada Mitsubishi Fuso Vision F-Cell ini.

Ketika kita melihat sebuah truk, image sebuah kendaraan dengan bahan bakar diesel demi memiliki torsi besar demi membawa muatan, telah menjadi pemandangan yang sangat umum. Namun untuk masa depan, beberapa produsen otomotif telah sedang mengembangkan cara untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dengan menemukan teknologi alternatif, sebagai sumber energi. 

>>> Tokyo Motor Show 2019: Hino Perkenalkan Dua Truk Canggih, FlatFormer Dan Profia Hybrid

Foto Mitsubishi Fuso Vision F-Cell di Tokyo Motor Show 2019

Mitsubishi Fuso Vision F-Cell, truk berteknologi fuel cell yang ramah lingkungan

Salah satunya adalah Mitsubishi Fuso, produsen truk terkemuka asal Jepang ini sedang mengeksplorasi tenaga hidrogen agar dapat diandalkan pada line-up truk masa depan mereka. Selama Tokyo Motor Show 2019, mereka memamerkan konsep terbaru mereka, Mitsubishi Fuso Vision F-Cell. Menurut Mitsubishi, truk konsep Fuso Vision F-Cell ini mampu menjadi standar baru bagi truk berbasis teknologi fuel cell yang memiliki performa optimal, efisien dan yang tak kalah pentingnya adalah ramah lingkungan lantaran tak lagi menghasilkan emisi gas buang yang berbahaya. 

>>> Isuzu Siap Pamerkan FL-IR di TMS 2019, Truk Masa Depan Dengan Teknologi Super Canggih

Mitsubishi Fuso Vision F-Cell bertenaga fuel cell terbaru

Mitsubishi Fuso Vision F-Cell mampu beroperasi dengan jangkauan jarak lebih luas

Mitsubishi Fuso Vision F-Cell, menggunakan sel bahan bakar (fuel cell) yang berfungsi  sebagai generator untuk menjaga baterai tetap terisi, sehingga mampu memberikan motor listrik energi untuk berjalan. Teknologi sel bahan bakar ini diklaim mampu membantu meningkatkan jangkauan operasi yang lebih luas, sehingga sangat penting dalam industri angkutan truk. Dalam sekali pengisian daya, Mitsubishi Fuso Vision F-Cell diklaim dapat berjalan hingga sejauh 300 kilometer.

>>> Mau cari mobil bekas maupun baru? Lihat pilihannya di sini

Sementara itu, Mitsubishi Fuso Vision F-Cell menggunakan sebuah motor listrik yang mampu menyediakan tenaga hingga mencapai 135 kW atau sekitar 183 hp. Namun sayang, Mitsubihi belum memberikan spesifikasi lengkap mengenai torsi maksimal dan penggunaan komponen penerus daya pada Mitsubishi Fuso Vision F-Cell. Namun menurut beberapa pihak, truk konsep terbaru dari Mitsubishi ini memiliki kapabilitas sangat baik dan efisien untuk membawa muatan. 

Foto Mitsubishi e-Canter, truk bertenaga listrik

Selain Fuso Vision F-Cell, Mitsubishi juga telah merilis e-Canter, truk bertenaga listrik yang sudah beroperasi di beberapa negara

Pada Tokyo Motor show 2019, Mitsubishi Fuso tidak hanya mengandalkan tenaga hidrogen-listrik untuk masa depan mereka, namun juga merilis e-Canter, truk bertenaga listrik yang siap hadir meski masih dalam jumlah yang terbatas. Dengan semua perkembangan teknologi canggih terkini pada segmen truk dan kendaraan komersial, akan membuat bahan bakar diesel diramalkan tak lama lagi akan mulai ditinggalkan.

>>> Berita terkini dunia otomotif lainnya bisa Anda simak di sini

 
back to top