Tokyo Motor Show 2019: Mazda MX-30 Konsep Mobil Listrik Pertama Milik Mazda

23/10/2019

Event - Promosi

4 menit

Share this post:
Tokyo Motor Show 2019: Mazda MX-30 Konsep Mobil Listrik Pertama Milik Mazda
Konsep Mazda MX-30 merupakan crossover listrik pertama Mazda dengan pintu belakang berdesain seperti Mazda RX-8.

Mazda akhirnya perkenalkan kendaraan nol emisi perusahaan di ajang Tokyo Motor Show 2019. Dikenal sebagai konsep MX-30, mobil ramah lingkungan pertama Mazda itu mengambil bentuk sebuah crossover bergaya coupe.

>>> Review dan Test Drive Mazda 3 Sedan 2019: Desain KODO yang Fun to Drive

Konsep Mazda MX-30

Desain pintu belakang konsep Mazda MX-30  terinspirasi dari Mazda RX-8

Konsep desain MX-30 bertenaga listrik itu menggunakan pintu belakang unik berdesain pintu lemari atau suicide rear doors seperti yang dimilik oleh Mazda RX-8. Jadi untuk bisa membuka pintu belakang, diharuskan membuka pintu depannya terlebih dahulu, baru pintu belakangnya bisa terbuka. 

Sementara itu desain penting lainnya termasuk grille depan yang tampak lebih ramping dari apa yang dimiliki model produksi Mazda saat ini dan ujung atas hidung tampak menonjol keluar dari tubuh. 

>>> Mazda Resmikan Dealer Terbaru di Bintaro Jaya, Tangerang Selatan

Konsep Mazda MX-30

Konsep Mazda MX-30 akan menjadi andalan Mazda pada segmen elektrikfikasi

Sedangkan desain lengkungan over fander hampir berbentuk kotak memberikan tampilan yang agak kasar pada MX-30, sementara pintu belakang yang kecil menunjukkan ukuran kendaraan yang cenderung lebih kompak.

Konsep crossover bertenaga listrik milik Mazda ini mengadopsi mesin motor listrik yang dapat menghasilkan daya sebesar 141 daya kuda dengan torsi maksimal 265 Nm serta ditenagai paket baterai 35,5-kWh yang relatif kecil, memberikan kisaran jangkauan 120 hingga 150 mil. Dengan daya sejauh itu, Konsep Mazda MX-30 hanya bisa bersaing dengan entry-level Nissan Leaf, kalah bersaing dengan mobil listrik lainnya seperti Tesla menetapkan jangkauan 200 mil sebagai ambang minimum.

Masih belum diketahui, apakah Mazda berencana untuk menindaklanjuti model produksi MX-30 dengan jangakauan listrik lebih jauh untuk bisa bersaing dengan Kia Nero EV, Hyundai Kona Electric dan Tesla Model Y mendatang di segmen elektrifikasi.

>>> Daftar harga mobil Mazda bisa cek di sini

Pintu Belakang Mazda MX-30

Pintu belakang konsep Mazda MX-30 terlihat sangat kompak

Setelah debut konsep di Tokyo Motor Show 2019, versi produksi dari Mazda MX-30 akan diluncurkan pada tahun 2020 dan kemungkinan tidak akan menyimpang terlalu jauh dalam hal desain eksterior karena penampilan MX-30 terlihat hampir siap untuk mencapai jalur perakitan.

Meskipun Mazda mencoba masuki segmen elektrikfikasi, Mazda masih belum menyerah pada mesin pembakaran konvensional. Mazda masih terus mengembangkan mesin SkyActiv-X bertujuan untuk menggabungkan kehalusan unit bensin dengan torsi dan penghematan bahan bakar diesel, sementara mesin rotari (SkyActiv-R) akan kembali sebagai mesin dengan jarak tempuh lebih jauh. Selain itu, Mazda saat ini juga tengah mengerjakan mesin diesel ultra-hemat baru yang akan dirilis pada tahun 2020.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Rahmat Fajar Nugraha
Penulis
Rahmat Fajar Nugraha
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Dukung Pemulihan Pasca Topan Hagibis, Mazda Sumbang 15 Juta Yen

21/10/2019

Event - Promosi

3 menit

Mazda Motor Corporation secara khusus menyatakan prihatin atas bencana topan Hagibis yang melanda sebagian wilayah Jepang, serta menyerahkan bantuan sebesar 15 juta Yen untuk pemulihan para korban.

Lihat juga

Cari Mazda 2 Pintu di Pasar Mobil Bekas Tanah Air, Mana yang Termurah?

18/10/2019

Jual beli

3 menit

Mazda yang dikenal dengan desain Jinba Ittai memiliki filososi desain yang mengesankan, termasuk varian mobil sport atau dua pintu. Bagi Anda yang ingin mencari mobil dua pintu Mazda, model apa saja yang patut dipertimbangkan?

Lihat juga

Mazda Resmikan Dealer Terbaru di Bintaro Jaya, Tangerang Selatan

10/10/2019

Pasar mobil

4 menit

Sesuai dengan visi perusahaan. Mazda Bintaro mengadopsi Corporate Identity Mazda terkini untuk dealer, sebagaimana juga ada di Jepang.

Lihat juga

Modifikasi Mazda MX-5 Miata, Hell Kitty Bermesin Dodge Charger Hellcat

09/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Modifikasi Mazda MX-5 Miata yang satu ini terbilang ekstrim. Hal itu lantaran mobil yang dijuluki sebagai "Hell Kitty" itu sudah dijejalkan mesin Dodge Charger SRT Hellcat.

Lihat juga

Ramaikan Persaingan TCR, Mazda Perkenalkan Mazda 3 TCR

02/10/2019

Pasar mobil

5 menit

Setelah beberapa tahun terakhir meramaikan IMSA kelas DPi, Mazda menambah portofolionya dengan memperkenalkan Mazda 3 TCR yang akan memulai debutnya tahun 2020.

Lihat juga