Tim Satelit MotoGP Diprediksi Akhiri Dominasi Tim Pabrikan Tahun Ini

21/02/2021

Event - Promosi

5 menit

Share this post:
Tim Satelit MotoGP Diprediksi Akhiri Dominasi Tim Pabrikan Tahun Ini
Tim Satelit MotoGP atau yang juga dikenal denagn istilah tim Independen MotoGP, diprediksi bisa mendominasi podium musim balap 2021, dan menghentikan tim pabrikan.

Tim Satelit MotoGP diprediksi akan menuai hasil mengagumkan pada musim balap tahun ini. Bukan hanya merebut beberapa kemenangan di setiap seri atau setidaknya terus naik ke podium, tapi juga sanggup mengakhiri dominasi tim pabrikan.

Hal tersebut diungkapkan Herve Poncharal, bos dari tim Tehc3 KTM. Prediksi ini menurut Poncharal dengan melihat banyaknya kemenangan yang diraih tim Satelit MotoGP dari balapan tahun lalu. Menurut dia, tim Independen berhasil memenangkan 8 balapan sementara tim pabrik hanya memenangkan 6 balapan di MotoGP 2020.

>>> Alex Rins Sudah Sangat Siap Hadapi Joan Mir di MotoGP 2021

Pencapaian Tim Satelit MotoGP Jauh Lebih Baik dari Sebelumnya

MotoGP 2020

Tahun lalu beberapa tim satelit bisa kalahkan tim pabrikan

Pencapaian tim Satelit pada gelaran MotoGP 2020 memang sangat luar biasa. Sebagai gambaran, dahulu tidak satu pun tim satelit yang berhasil memenangkan balapan kecuali yang dilakukan Toni Elias di seri Estroil pada tahun 2006. Kemenangan selanjutnya diraih Jack Miller di balapan Assen pada tahun 2016.

Sementara hasil balapan tahun lalu begitu banyak dihiasi para pembalap dari tim Independen. Misalnya Fabio Quartararo yang memenangkan balapan di Aragon. Kemudian Franco Morbidelli juga ikut membawa nama Petronas Yamaha beberapa kali naik podium. Hal yang sama dilakukan oleh Miguel Oliveira bersama tim Tech3 KTM.

"Jujur ya, sekarang ini hampir semua tim Satelit memiliki mesin yang sama, dukungan teknisi dan teknologi yang sama, dan pengembangan kecepatan yang sama dengan tim pabrikan," ucap Poncharal dikutip dari Crash, Jumat (19/02/2021).

>>> Mengenal Perbedaan Keyless dan Immobilizer

Tim Independen MotoGP Sangat Mungkin Kalahkan Tim Pabrikan

Herve Poncharal Tech3 KTM

Herve Poncharal yakin tim satelit bisa patahkan dominasi tim pabrik di kelas MotoGP

>>> Review Porsche Taycan Turbo S 2019: Sedan Elektrik Rasa Sportscar Berdarah Jerman Siap Kalahkan Tesla

Poncharal yang juga merupakan pimpinan IRTA itu juga mengungkapkan, pada balapan tahun lalu tim Tech KTM mampu memenangkan balapan dibanding tim pabrikan KTM. "Taun lalu, dengan segala hormat kepada tim pabrikan, kami memenangkan lebih banyak balapan dari mereka," ucapnya.

"Kemudian jika Anda melihat apa yang terjadi dengan Yamaha, jelas tim independen yang lebih unggul daripada tim pabrik. Saya tidak mau menyebut semuanya, tapi tim Satelit memiliki kemungkinan di atas kertas untuk bisa jadi juara. Saya cukup yakin akan hal itu," tegas Poncharal.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Tim Monster Yamaha MotoGP 2021 Resmi Diperkenalkan

17/02/2021

Event - Promosi

5 menit

Tim Monster Yamaha MotoGP 2021 akhirnya resmi diperkenalkan dengan duet Maverick Vinales dan Fabio Quartararo sebagai pembalapnya. Dan tahun ini untuk pertama kalinya Yamaha hadir tanpa Valentino Rossi.

Lihat juga

Tim Red Bull KTM MotoGP 2021 Kenalkan Brad Binder dan Miguel Oliveira

17/02/2021

Event - Promosi

5 menit

Red Bull KTM MotoGP 2021 menjadi tim pabrikan berikutnya yang memperkenalkan livery motor baru sekaligus pembalap yang akan berlaga di musim MotoGP 2021.

Lihat juga

Tim Ducati MotoGP 2021 Perkenalkan Livery Motor dan Pembalap Barunya

10/02/2021

Event - Promosi

8 menit

Ducati MotoGP 2021 resmi memperkenalkan motor Ducati Desmosedici GP21 beserta liverynya yang akan dipakai dua pembalap baru mereka, Jack Miller dan Francesco Bagnaia.

Lihat juga

Avintia Esponsorama MotoGP 2021 Resmi Diperkenalkan, 2 Motor Beda Livery

08/02/2021

Event - Promosi

5 menit

Avintia Esponsorama MotoGP menjadi tim pertama yang meresmikan diri untuk berlaga di ajang MotoGP 2021. Adalah pembalap Enea Bastianini dan Luca Marini yang akan memperkuat tim ini.

Lihat juga

Tim LCR Resmi Ikut MotoGP Hingga 2026

29/01/2021

Event - Promosi

5 menit

Tim LCR menjadi tim berikutnya yang memastikan diri untuk ikut dalam semua seri balap MotoGP hingga tahun 2026. Ini setelah LCR menandatangai kontrak dengan Dorna.

Lihat juga
 
back to top