Tim Mercedes F1 Siap Bangkit di GP Inggris

15/07/2021

Event - Promosi

3 menit

Verstappen dan Red Bull Racing tengah mendominasi musim balap F1 2021. Seri Grand Prix Inggris bisa jadi momentum kebangkitan tim Mercedes F1 dan Hamilton.

Lewis Hamilton, juara bertahan Formula 1 dari tim Mercedes F1 dipaksa bertekuk lutut oleh Max Verstappen dan Red Bull pada lima seri balap F1 terakhir. Namun, Toto Wolff, bos dari Mercedes-AMG Petronas F1 Team masih belum menyerah untuk mengejar ketertinggalan.

Saat ini, selisih poin antara Max Verstappen dan Lewis Hamilton sudah berjarak 32 poin. Begitu juga dengan klasemen konstruktor, Red Bull Racing unggul 44 poin dari Mercedes. Grand Prix Inggris bisa menjadi titik balik bagi tim Mercedes F1 untuk menghentikan dominasi sang rival.

Mobil Mercedes Punya Keunggulan di Silverstone

Mantan pembalap F1 asal Swiss, Marc Surer mengatakan bahwa tim Mercedes F1 memiliki banyak peluang di sirkuit Silvertone. Dan hal ini sangat penting untuk menyerang balik Red Bull Racing.

>>> Sedan Beringas dari Korea Selatan Hyundai Elantra N 2022 Meluncur

Gambar Marc Surer

Marc Surer meyakini bahwa tim Mercedes F1 dapat bangkit di Silverstone

Pada dua balapan sebelumnya di Red Bull Ring, Austria, mobil W12 besutan Mercedes tak mampu membendung RB16 yang dikemudikan Max Verstappen dalam meraih dua kemenangan beruntun.

Menurut Marc Surer, sirkuit tersebut memiliki lintasan lurus panjang dan tikungan sempit yang menjadi keunggulan bagi tim Red Bull. Tetapi saat berlaga di sirkuit Silverstone akhir pekan ini, ia menilai mobil Mercedes akan lebih unggul.

"Mesin Honda sering bekerja dengan baik di ketinggian yang lebih tinggi. Red Bull Ring berada di ketinggian 700 meter (dari permukaan laut). Udara tipis tampaknya membantu mesin,” ungkap Surer.

Ia menyebut bahwa ketinggian sirkuit Silvertsone dapat menghilangkan keunggulan performa yang dimiliki oleh mesin Honda. Tak hanya itu, ia menilai tikungan-tikungan di sirkuit Silverstone akan lebih banyak membantu Mercedes.

Gambar Red Bull Racing Max Verstappen

Mesin Honda punya keunggulan performa di Austria

"Di tikungan yang lebih panjang, mobil dengan jarak sumbu roda yang lebih panjang memiliki keuntungan. Anda memiliki mobil yang lebih tenang di tikungan yang panjang. Oleh karena itu, Silverstone akan menjadi kesempatan lain bagi Mercedes untuk menang," ujar Surer yang kini bekerja sebagai komentator F1.

>>> George Russell Bakal Segera Gantikan Bottas di Tim Mercedes?

Kontrak Baru, Semangat Baru?

Belum lama ini, Lewis Hamilton baru saja memperpanjang kontraknya hingga akhir musim balap 2023. Mungkin hal tersebut bisa membuat Lewis Hamilton lebih berfokus pada balapan yang ada di depan mata.

Terlebih, Lewis Hamilton menjadi pembalap terakhir yang memenangkan Grand Prix di salah satu sirkuit tertua dalam kalender F1 ini. Ia pun berharap untuk mengulang kesuksesan tahun lalu di tanah kelahirannya.

Gambar Lewis Hamilton

Akankah Lewis Hamilton mengulang kesuksesan tahun lalu?

"Dua minggu terakhir ini saya pergi ke pabrik, setiap minggu mencoba mengekstrak sebanyak mungkin dari mobil. Tapi mobil kami tidak berjalan dengan baik di sini (Austria) karena suatu alasan. Saya sangat berharap itu terjadi di sirkuit berikutnya," ungkap Hamilton.

Tim Mercedes F1 sendiri telah memberikan beberapa peningkatan pada mobil Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas. Mereka berharap peningkatan dari komponen baru tersebut dapat membantu tim dalam mengejar duo Red Bull.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

 
back to top